May 20, 2021 By xclmedia 0

Fungsi-Fungsi Menu Pada Paste Special Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer di masyarakat. Terutama pada kalangan karyawan kantoran, pengusaha, bahkan para siswa dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan lembar kerja dan fitur yang disajikan oleh Excel sangatlah membantu efisiensi dan akurasi pengolahan data. Baik untuk keperluan pengolahan data dalam jumlah sedikit seperti pembuatan jadwal, maupun pengolahan data dalam jumlah banyak seperti laporan keuangan, Excel seringkali menjadi aplikasi pilihan untuk menyelesaikan kebutuhan tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengolahan data, Excel menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk memudahkan pengguna. Baik untuk pengoperasian maupun untuk pengolahan data, seperti rumus-rumus formula yang sangat banyak jumlahnya untuk membantu memecahkan permasalahan pengguna.

Dalam pengolahan data, seringkali dibutuhkan operasi penyalinan data untuk memberikan efisiensi kerja. Excel pun tidak melewatkan fitur penyalinan data ini. Bahkan Excel menyediakan fitur salin data yang bermacam-macam sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada artikel ini kita akan membahas fitur copy paste yang disediakan oleh Excel.

Mari simak artikel ini hingga akhir.

Fitur Paste Special Pada Excel

Pada Excel, copy paste akan menjadi hal yang sangat sering dilakukan oleh pengguna. Biasanya operasi ini dilakukan dengan shortcut CTRL+C untuk menyalin lalu klik CTRL+V untuk menaruh hasil salinan tadi.

Excel sebenarnya telah menyediakan menu paste tersendiri yang padanya terdapat banyak pilihan agar pengguna dapat menyalin data dan menaruh hasil salinannya sesuai dengan format yang dibutuhkan.

Fitur menu tersebut adalah Paste Special.

Seperti misal kita ingin menyalin suatu data dalam tabel, lalu hasil salinan yang kita inginkan hanyalah isinya saja, tanpa format dari tabel tersebut mengikuti, maka kita harus menggunakan fitur yang disediakan pada Paste Special.

Nah, itu adalah salah satu contoh kegunaan dari fitur yang terdapat pada Paste Special.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Untuk memunculkan menu Paste Special, buka pada tab Home dan pilih seperti gambar berikut ini :

Dengan klik pilihan Paste Special diatas maka akan muncul jendela yang berisikan fitur-fitur dari menu Paste Special seperti pada gambar berikut :

Untuk menggunakan fitur diatas, setelah meng-copy data, lalu buka menu paste special diatas, lalu cukup pilih sesuai dengan yang dibutuhkan kemudian klik Ok.

 

Fungsi Menu Paste Special Excel

Disini kita akan membahas fungsi dari menu yang terdapat pada jendela fitur Paste Special diatas. Dimana fitur-fitur tersebut dibagi menjadi beberapa bagian.

1. Bagian pertama adalah kelompok Paste dan fungsi-fungsinya :

  • All : Berfungsi untuk menyalin seluruh isi sel beserta formatnya
  • Formulas : Berfungsi untuk menyalin rumus dari sel asal ke sel tujuan
  • Values : Berfungsi untuk menyalin data atau isi sel-nya saja tanpa rumus dan juga tanpa format
  • Formats : Berfungsi untuk menyalin format dari sel asal ke sel tujuan
  • Comments : Berfungsi untuk menyalin kotak komentar beserta dengan isi komentarnya
  • Validation : Berfungsi untuk menyalin setting Data Validation dari sel asal ke sel tujuan
  • All using Source theme : Berfungsi untuk menyalin isi sel beserta dengan temanya
  • All except borders : Berfungsi untuk menyalin semua isi sel dan format yang diterapkan kedalam sel tersebut
  • Column widths : Berfungsi untuk menyalin lebar kolom sel asal ke sel tujuan
  • Formulas and number formats : Berfungsi untuk menyalin rumus dan format angka dari sel asal ke sel tujuan
  • Values and number formats : Berfungsi untuk menyalin angka beserta dengan format angkanya
akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Bagian kedua adalah kelompok Operation dan fungsi-fungsinya :

  • None : Berfungsi untuk menentukan salinan isi sel tanpa formatnya
  • Add : Berfungsi untuk menambahkan data yang disisipkan ke sel tujuan
  • Subtract : Berfungsi untuk mengurangi data yang disalin dari data dalam sel tujuan
  • Multiply : Berfungsi untuk mengalikan data yang disalin dengan data yang ada pada sel tujuan
  • Divide : Berfungsi untuk membagi data yang disalin dengan data yang ada pada sel tujuan

 

3. Bagian ketiga berfungsi sebagai berikut :

  • Skip Blanks : Berfungsi untuk menyalin data yang apabila sel tujuan sudah terdapat data padanya maka tidak akan diganti kecuali jika sel tujuan tersebut kosong maka akan diisi dengan data dari sumber sel asal
  • Transpose : Berfungsi untuk mengubah posisi data yang disalin dari baris menjadi kolom atau sebaliknya
  • Paste Link : Berfungsi untuk menyalin link
Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Itulah fungsi dari fitur-fitur yang disediakan oleh Excel untuk memudahkan kita dalam persoalan salin-menyalin data. Silahkan dipahami dan dicoba-coba, karena akan sangat bermanfaat nantinya.

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.