May 19, 2021 By xclmedia Off

5 Rumus Excel Yang Wajib Dipahami Oleh Karyawan Finance

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang wajib bagi karyawan finance. Excel sangatlah membantu efisiensi dan keakuratan dalam pengolahan data terlebih lagi bagi pekerjaan finance. Seperti dalam pencatatan laporan keuangan.

Fitur-fitur rumus formula yang disediakan Excel dan layout lembar kerjanya sangatlah membantu bagi para penggunanya. Hal ini lah yang menjadikan Excel menjadi salah satu syarat wajib untuk dikuasai bagi karyawan finance.

Meskipun begitu, rumus Excel terdapat sangat banyak sekali, sehingga sebagai patokan minimal untuk dikuasai terdakang menjadikan beberapa orang tidak mengetahui seberapa banyak rumus Excel yang harus dipahami untuk menjadi karyawan finance.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa rumus Excel yang menjadikan dasar pemahaman yang cukup untuk menjadi karyawan finance.

Untuk itu mari simak artikel ini hingga selesai.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

5 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Karyawan Finance

Dari segudang rumus-rumus yang disediakan Excel, untuk setiap pekerjaan terdapat masing-masing rumus yang harus dipahami untuk memudahkan pekerjaan dengan bantuan Excel.

Seperti pada pekerjaan finance, untuk rumus yang disebutkan berikut ini terbilang wajib untuk dipahami, sedangkan rumus-rumus lainnya termasuk mengikuti. Mengapa wajib karena karyawan finance jelas akan selalu berkutat dengan rumus-rumus yang akan disebutkan ini dalam proses pekerjaannya.

Berikut lima rumus Excel yang wajib dikuasai karyawan finance :

1. Rumus Excel IF

Rumus pertama adalah rumus IF.

Rumus ini berguna untuk mengecek suatu nilai/kondisi logika dan menghasilkan nilai boolean yaitu true atau false. Rumus ini pengaplikasiannya sangat beragam dan sangat berguna sekali dalam pembuatan suatu laporan dan pengolahan data angka.

Selain itu, hasil dari true atau false dari hasil pengujian rumus IF dapat kita ganti nilainya sesuai dengan kebutuhan kita. Dan pengembangan rumus ini sangatlah luas tergantung pada kreatifitas dari pengguna.

Seperti contoh dari penggunaan rumus IF adalah untuk mengecek data pembayaran dari nasabah misalnya. Apabila sudah tidak ada tanggungan bayaran maka nilai true dari pengecekan rumus ini dapat diganti dengan kata Lunas. Sedangkan apabila masih terdapat tanggungan bayaran, maka nilai false dapat digantikan dengan kata Belum Lunas.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Rumus Excel COUNT – COUNTIF – COUNTIFS

Rumus selanjutnya adalah COUNT – COUNTIF – COUNTIFS.

Rumus ini berguna untuk menghitung jumlah sel yang terdapat nilai padanya. Dan dengan rumus COUNTIF / COUNTIFS kita dapat menentukan kriteria dari sel yang ingin kita hitung.

Seperti misal perhitungan dari nasabah dengan jumlah berdasarkan jenis kelamin.

Perlu diingat bahwa rumus COUNT hanya akan menghitung keseluruhan sel yang terdapat nilai padanya, tanpa kita dapat memberikan kriteria padanya.

 

3. Rumus Excel SUM – SUMIF – SUMIFS

Selanjutnya adalah rumus SUM dan SUMIF / SUMIFS.

Rumus SUM akan selalu dibutuhkan setiap ada penjumlahan dengan jumlah yang banyak dan terutama pada tabel. Biasanya rumus ini akan selalu digunakan untuk menjumlahkan angka dalam range atau deret yang banyak.

Deret angka ini biasanya bisa dari atas kebawah atau bisa juga dari kiri ke kanan, tergantung dari posisi angka yang kita buat dalam lembar kerja Excel.

Sedangkan rumus SUMIF / SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan deret angka dengan kriteria tertentu yang terdapat pada suatu range yang kita pilih.

Bedanya dengan rumus SUM yang akan menjumlahkan seluruh nilai yang terdapat dalam cakupan range yang kita pilih, rumus SUMIF / SUMIFS hanya akan menjumlahkan nilai yang sesuai berdasarkan kriteria yang kita tulis.

Rumus-rumus ini akan sangat diperlukan oleh karyawan finance untuk dipahami karena jelas akan berurusan dengan data-data angka.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

4. Rumus Excel VLOOKUP

Selanjutnya adalah rumus VLOOKUP.

Rumus ini masuk dalam kategori fungsi pencarian dan referensi. Rumus ini berguna untuk menampilkan isi dari suatu sel dengan kategori yang telah kita tentukan dalam rumus.

Contoh dari penggunaan rumus ini adalah menampilkan nama barang berdasarkan pada kode barang dari sebuah range atau tabel.

 

5. Rumus Excel IFERROR

Terakhir adalah rumus IFERROR.

Rumus ini sebenarnya tidak terlalu sering digunakan, hanya saja rumus ini akan berguna untuk mengubah pesan error yang muncul sesuai dengan yang kita inginkan.

Biasanya terjadi pada penggunaan rumus VLOOKUP, dimana jika data yang dicari tidak ditemukan pada tabel referensi, maka fungsi akan menampilkan pesan error berupa #N/A. Disinilah dengan rumus IFERROR pesan tersebut dapat kita rubah dengan kata atau kalimat atau simbol berdasarkan dengan kebutuhan laporan kita.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Itulah 5 rumus yang wajib dikuasai agar dapat membantu pekerjaan seorang karyawan finance. Silahkan dipelajari dan dipahami.

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.