May 20, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Menghitung Untung Rugi Dengan Excel

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sering digunakan oleh karyawan kantoran dan pengusaha-pengusaha untuk kebutuhan seperti entry data dan pembuatan laporan keuangan. Excel sangat membantu meringankan pekerjaan para penggunanya dalam hal mengolah data.

Hal ini dikarenakan Excel memiliki fitur-fitur yang memang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan akurasi untuk pengolahan data. Seperti berbagai macam rumus yang disematkan didalam Excel, dapat digunakan dan digabungkan sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya. Bahkan dari layout lembar kerjanya yang fleksibel berbentuk sel sel tabel sangatlah mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan kreatifitas dari pengguna itu sendiri.

Excel sudah menjadi bagian penting bagi pengusaha, baik yang skala kecil maupun besar. Excel selalu menjadi aplikasi untuk mengolah data laporan keuangan dan stok barang. Bahkan terkadang juga digunakan untuk aplikasi manajemen.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Seperti contoh mudahnya saja adalah penghitungan keuntungan dari suatu penjualan. Dimana pencatatan manual akan sangat memakan waktu dibandingkan dengan menggunakan Excel.

Pada artikel ini kita akan membahas penggunaan simpel dari Excel untuk menghitung keuntungan/kerugian dari suatu penjualan.

Mari simak artikel ini hingga selesai.

Menghitung % Untung Rugi Dengan Excel

Perhitungan % untung rugi dari suatu penjualan masih banyak pengusaha kecil yang menggunakan pencatatan manual. Bahkan ada yang tidak mencatatnya sama sekali, hanya mengetahui bahwa uangnya bertambah, tanpa tahu berapa pastinya. Sehingga dengan demikian tidak dapat diketahui pertumbuhan dari bisnisnya seperti apa.

Padahal untuk pencatatan keuangan seperti ini terbilang sangatlah mudah untuk dilakukan pada Excel. Yang kita butuhkan hanyalah operator matematika yaitu : Jumlah ( + ), Kurang ( – ), Bagi ( / ), dan Kali ( * )

Selanjutnya tinggal bagaimana kita memahami dari perhitungan persentase keuntungan itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh gambar berikut :

Pada contoh diatas, terdapat Harga Jual dan Harga Beli / HPP. Sehingga untuk mengetahui berapa jumlah keuntungan yang kita dapatkan minimalnya harus mengetahui 2 harga tersebut.

Harga Jual adalah harga dimana kita menjual barang tersebut kepada orang lain, sedang Harga Beli / HPP adalah harga kita membeli barang tersebut atau bisa disebut juga harga untuk mendapatkan barang tersebut sebelum kita jual kembali.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

1. Menghitung Jumlah Keuntungan :

Untuk menghitung Jumlah keuntungan yang terdapat pada kolom E, cukup kita menghitung :

  • Harga Jual – Harga Beli / HPP

Untuk rumus yang kita tuliskan adalah :

  • =C7-D7

Kemudian tinggal kita tarik kebawah untuk menyalin rumus tersebut ke sel-sel berikutnya.

 

2. Menghitung Persentase Keuntungan

Untuk menghitung persentase dari keuntungan, kita harus menghitung :

  • Jumlah Keuntungan / Harga Beli

Untuk rumus sintak yang kita tuliskan adalah :

  • =E7/D7

Selanjutnya kita tarik kebawah rumus tadi agar tersalin ke sel-sel berikutnya, lali kita berikan format persentase padanya dengan mengklik seperti gambar berikut :

3. Menghitung Total

Untuk penghitungan total dari Harga Jual, Harga Beli, Jumlah Keuntungan, cukup menggunakan rumus SUM. Kemudian untuk mencari persentase dari total kita gunakan cara seperti pada pencarian persentase keuntungan pada nomor 2.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah cara mudah yang dapat kita lakukan untuk menghitung keuntungan atau kerugian dari suatu transaksi penjualan barang. Cukup kita mengetahui rumus operator matematika dasar, dan mengetahui berapa harga jual dan harga beli, dengan sedikit pengolahan data di Excel hasil sudah dapat langsung kita ketahui dengan akurat.

Mudah Sekali Bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.