April 17, 2021 By xclmedia Off

Tips Mengubah Huruf Pertama Di Excel Menjadi Kapital

Aplikasi Excel selalu menjadi pilihan utama oleh pengguna dalam pengolahan data seperti pembuatan laporan-laporan, atau untuk sekedar entry database. Pengguna Excel tersebar dari pemula hingga mahir, dari yang hanya menggunakannya jarang-jarang hingga yang setiap hari bekerja dengan Excel. Dengan fiturnya yang sangat membantu pengguna untuk penghematan waktu dan akurasi data, tentunya Excel selalu menjadi primadona baik pengguna pemula maupun mahir.

Meskipun Excel memiliki fitur yang sangat banyak, tidak semua orang memahaminya bahkan untuk seorang yang mahir sekalipun. Terutama untuk pengguna pemula yang masih kurang begitu mengetahui fungsi-fungsi kecil tapi sangat berguna sekali bagi pengguna, contohnya adalah ketika kita ingin mengubah huruf pertama dari suatu teks di suatu sel menjadi huruf besar.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Misal ketika bekerja dengan Excel untuk mengolah data-data penjualan, terkadang banyak teks yang ditulis sembarang dalam huruf kecil semua. Ketika ingin dirapikan dengan mengubah awalan teks menjadi huruf besar, bagi pengguna yang tidak mengetahui fitur pengubahan ini dari Excel, jelas akan kesulitan apalagi jika datanya terdapat sangat banyak.

Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas fitur-fitur dari Excel untuk memudahkan kita mengubah awalan teks menjadi huruf besar.

Menggunakan Fitur Rumus Fungsi PROPER

Cara pertama adalah dengan fitur rumus fungsi Proper, dimana dengan fungsi ini maka awalan setiap kata dalam sel akan dikoreksi menjadi huruf besar semua.

Terdapat 2 cara penggunaannya, yaitu

  • Pertama dengan menuliskan langsung teksnya, contoh : =PROPER(“contoH teKs uJi COBA”)
  • Kedua adalah dengan menuliskan sel referensi yang padanya terdapat teks yang ingin kita koreksi, contoh : =PROPER(B2).

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh penggunaan rumus fungsi Proper ini pada gambar berikut :

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah itulah fitur yang disediakan Excel untuk memudahkan kita ketika merapikan teks data agar awalan kata menjadi huruf besar semua. Lalu bagaimana jika data yang ingin kita jadikan huruf besar hanya pada kata pertama dan sisanya tetap kecil ?? Untuk melakukannya perhatikan langkah-langkah berikut :

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Kapital Dan Sisanya Huruf Kecil

Untuk kasus seperti ini maka kita akan menggunakan rumus fungsi Replace, dimana fungsi ini sebenarnya berguna untuk mengganti suatu bagian dari teks string dalam suatu sel dengan teks string lainnya. Meskipun begitu tetap kita menggunakan beberapa kombinasi dari rumus lainnya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan penggunaannya pada contoh gambar berikut :

Keterangan :

  • Rumus fungsi LOWER(teks) akan mengubah seluruh teks menjadi huruf kecil semua,
  • Kemudian rumus fungsi UPPER(LEFT(teks;1)) akan mengubah seluruh awalan kata menjadi huruf besar,
  • Lalu dengan rumus fungsi REPLACE maka akan mengubah hanya kata pertama saja yang dirubah menjadi huruf besar awalannya.

Mengubah Huruf Pertama Menjadi Kapital Dan Sisanya Sesuai Dengan Teks Sebelumnya

Sama seperti sebelumnya, pada kasus seperti ini dimana kita ingin merubah huruf pertama dari suatu kata menjadi huruf besar dan membiarkan sisanya dari teks string tersebut apa adanya, kita membutuhkan kombinasi beberapa rumus fungsi Excel tapi bukan menggunakan rumus Replace.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar berikut :

Dengan rumus diatas maka kita dapat mengubah huruf pertama dari teks string menjadi huruf kapital dan membiarkan sisanya apa adanya. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada teks string yang cukup panjang dan didalamnya terdapat kata-kata yang tidak boleh dirubah, seperti pada contoh diatas.

Dari gambar diatas kita bandingkan dengan rumus Replace yang kita masukkan pada contoh pertama, hasilnya adalah seluruh teks menjadi kecil semua kecuali pada awal kata pertama yang menjadi kapital.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah itulah cara-cara yang dapat kita lakukan untuk merapikan data teks di Excel dengan merubah awalan huruf menjadi huruf besar/kapital. Mudah bukan ?? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

———————————————————–

Semoga Bermanfaat.