April 17, 2021 By xclmedia Off

Tips Untuk Membuat Link Antar Worksheet Excel

Aplikasi Excel adalah salah satu pilihan utama ketika mengolah data yang dibutuhkan akurasi padanya, seperti pembuatan laporan keuangan, laporan administrasi, data entry untuk suatu database, dan lainnya. Hal itu dikarenakan kemudahan penggunaannya dan tampilan yang sangat fleksibel dengan segudang fiturnya, membuat banyak pengguna sangat menyukai aplikasi Excel ini.

Seringkali ketika kita bekerja dengan Excel membutuhkan untuk membuka dan melihat data lainnya pada worksheet atau workbook Excel lainnya. Hal itu biasanya kita lakukan dengan berpindah-pindah antar worksheet atau antar workbook Excel. Hal tersebut tentunya akan memakan waktu kerja kita, maka dengan itu Excel telah menyiapkan fitur yang memudahkan kita untuk berpindah-pindah dengan sangat mudah agar menghemat waktu kita. Yaitu dengan fitur Hyperlink, dimana dengan fitur ini kita cukup menambatkan alamat suatu worksheet atau workbook Excel lain ke dalam sel tertentu di worksheet utama kita, maka kita dapat langsung menuju worksheet yang kita tambatkan tersebut.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Meskipun begitu, masih banyak pengguna Excel terutama pemula yang kurang begitu paham mengenai fitur ini. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas cara-cara penggunaan fitur Hyperlink ini. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Berikut penjelasan langkah-langkah penggunaan fitur Hyperlink pada Excel :

1. Menggunakan Fitur Hyperlink Pada Ribbon

Penggunaan cara ini sangatlah umum dan paling sering digunakan oleh pengguna Excel, karena kita tidak perlu repot-repot menuliskan rumus pada sel.

Untuk langkah-langkahnya perhatikan penjelasan berikut :

  • Pertama klik sel yang akan disisipkan padanya Hyperlink.
  • Kemudian buka tab Insert dan pilih opsi Hyperlink, maka akan muncul dialog box.
  • Pada bagian Link To, apabila masih dalam 1 file Excel yang sama pilih opsi Places In This Document,
    lalu pada sisi kanan untuk kolom Text to display kita dapat merubah teks yang akan ditampilkan,
    kemudian pada kolom Type the cell reference ketikkan sel yang akan menjadi lokasi tujuan, secara default lokasi tujuan adalah sel A1,
    kemudian pada pilihan Select a place in this document pilih worksheet yang akan menjadi lokasi tujuan.
  • Klik Ok maka dengan begitu Hyperlink berhasil dibuat.

Alternatif lain dari cara diatas adalah dengan klik kanan pada sel yang ingin disisipi Hyperlink, maka akan muncul menu, pada menu tersebut pilih Hyperlink. Untuk selanjutnya langkahnya sama dengan diatas.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

2. Menggunakan Fungsi Rumus Hyperlink

Cara yang kedua adalah menggunakan rumus fungsi Hyperlink, sehingga kita cukup mengetikkan rumus fungsi tersebut pada sel yang ingin disisipi hyperlink. Meskipun begitu tetap kita harus memahami sintak penulisan rumus ini. Penulisan sintaknya adalah sebagai berikut :

=HYPERLINK(link_location;[friendly_name])

Keterangan :

  • link_location : adalah lokasi worksheet tujuan, ditulis diantara dua tanda kutip dan diawali dengan tanda tagar, misalnya link tujuan pada Sheet1 sel A1, maka penulisannya adalah “#Sheet1!A1”
  • [friendly_name] : adalah teks yang nantinya akan ditampilkan pada sel, ditulis diantara dua tanda kutip, sebagai contoh “link tujuan”

Kemudian dengan rumus fungsi ini kita dapat menggunakannya untuk membuat link ke file Excel lainnya. Terdapat 2 perbedaan untuk penulisan rumusnya, berikut penjelasannya :

  • Pertama apabila lokasi file tujuan sama dengan file yang akan disisipi Hyperlink, maka penulisannya langsung nama file tersebut, contoh : =HYPERLINK(“#FileContoh.xlsx”;”File Contoh”).
  • Kedua apabila lokasi file tujuan berbeda dengan file yang akan disisipi Hyperlink, maka penulisannya adalah dengan alamat dari file tersebut.
    Alamat ini dapat kita ambil dengan membuka tab Insert > Hyperlink > pilih opsi Existing File or Web Page Cari file yang akan menjadi lokasi tujuan klik Ok.
    Setelah itu tinggal kita copy paste alamat link tadi ke dalam rumus fungsi Hyperlink, dengan memperhatikan sintak penulisannya.
akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah itulah cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menggunakan fitur Hyperlink pada Excel agar memudahkan kita dalam berpindah-pindah antar worksheet atau workbook Excel lainnya. Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

———————————————————————-

Semoga Bermanfaat.