April 20, 2021 By xclmedia Off

Tips Memisahkan Teks Ke Beberapa Sel Di Excel

Excel adalah aplikasi yang sangat powerfull dalam menangani pengolahan data dalam jumlah banyak. Diantara contohnya adalah Excel masih menjadi andalan dalam penanganan data entry sekolahan, baik untuk data pegawai maupun data siswanya.

Ketika sedang mengolah data siswa dengan Excel misalnya, terkadang dibutuhkan untuk memisah data seperti pemisahan data nama depan dan nama belakang. Bagi orang yang awam mungkin terbilang cukup memusingkan apalagi jika data yang dimiliki sangatlah banyak. Bahkan bagi yang mahir dengan Excel sekalipun, terkadang juga ada yang tidak mengetahui bahwa Excel memiliki fitur fungsi untuk memisahkan teks dalam satu sel ke dalam sel-sel yang lain.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada Excel versi diatas 2010 memiliki fitur fungsi yang memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut, sehingga sangat membantu sekali bagi para pengguna yang butuh untuk memisahkan teks dalam 1 sel ke dalam sel-sel yang lain, seperti pada contoh kasus pengolahan data siswa tadi.

Penggunaan fitur fungsi ini sangatlah mudah untuk melakukannya, pada artikel ini, kita akan membahasnya hingga selesai. Mari simak langkah-langkah berikut :

  • Pertama, blok range sel data yang terdapat padanya data-data yang ingin dipisah ke dua sel yang lain, pastikan hanya memblok range data dalam satu kolom.
  • Buka tab Data, kemudian pada bagian Data Tools klik menu Text to Column.
  • Maka akan muncul dialog box, lalu pilih opsi Delimited, lalu klik Next.
general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Pada dialog box selanjutnya, centang opsi space agar data nantinya dipisahkan berdasarkan spasinya, lalu klik Next.
  • Pada dialog box selanjutnya, pilih opsi general agar teks yang kita pisah tetap dalam format teks.
    Lalu untuk mengubah destinasi tujuan sel yang dipisah, pada kolom Destination kita tentukan range sel nya dengan mengklik gambar pada sisi kanan kolom Destination, lalu blok area yang akan menjadi tujuan tersebut. Perhatikan gambar dibawah :
  • Selanjutnya klik Finish dan akan muncul dialog box lalu klik Ok, maka data akan dipisahkan pada 2 sel yang lainnya sesuai tempat yang telah kita tentukan.
general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah cara yang dapat kita lakukan untuk memisahkan teks dalam satu sel di Excel dengan menggunakan fitur Text to Column. Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.