April 16, 2021 By xclmedia Off

Tips Menghilangkan Garis Tabel Default Excel

Excel memiliki tampilan default berupa gridline dalam rupa tabel, yang mana gridline tersebut terlihat tidak ada putusnya meskipun kita scroll sampai ujung bawah maupun samping. Hal tersebut agar memudahkan pengguna Excel dalam membedakan antar sel ketika sedang mengolah data.

Meskipun begitu, ada kalanya pengguna Excel ketika bekerja butuh untuk menghilangkan gridline tersebut untuk keperluan tertentu. Penghilangan gridline pada Excel tersebut disebut dengan blank workbook, dimana tampilan lembar kerja Excel akan terlihat bersih tanpa garis satupun kecuali pada bagian tabel yang kita beri outline atau garis tepi.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Cara untuk menghilangkan gridline tersebut sangatlah mudah, akan tetapi biasanya bagi para pengguna Excel pemula cukup kesulitan untuk melakukannya.

Pada artikel ini kita akan membahas cara untuk menjadikan workbook Excel kita bersih dengan menghilangkan gridline yang ada. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, ketika kita membuka Excel maka tampilan workbook masih seperti biasa, yaitu dengan garis gridline-nya.
  • Selanjutnya kita buka tab View, lalu pada bagian Show akan terdapat checklist yang berisi Ruler – Gridlines – Formula Bar – Headings.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Selanjutnya hilangkan checklist pada Gridlines, maka otomatis workbook akan menjadi bersih.

Selain itu agar kita dapat melakukannya dengan cepat, kita dapat menggunakan shortcut yaitu dengan menekan tombol ALT > W > V > G secara berurutan. Untuk mengembalikan gridlines tadi cukup dengan menekan tombol shortcut yang sama otomatis akan kembali.

Selain untuk menghilangkan garis gridline, pada tab View di bagian Show, terdapat checklist lain yang juga berfungsi agar lembar kerja terlihat lebih luas dan bersih, yaitu dengan menghilangkan Formula Bar dan Headings.

*

**

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Itulah salah satu pengetahuan dasar dari Excel yang wajib kita ketahui, yaitu menghilangkan garis gridline pada workbook kita. Mudah bukan ?? Sampai juma kembali pada artikel Excel lainnya.

———————————————————————–

Semoga Bermanfaat.