April 16, 2021 By xclmedia Off

Tips Menuliskan Format Rupiah Di Excel

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang sangat membantu pengguna dalam penyusunan data laporan dengan entry baik sedikit maupun banyak. Dengan berbagai fitur di Excel pekerjaan pengolahan data pengguna dapat diselesaikan lebih cepat dan terotomatisasi.

Diantara pekerjaan yang sering dilakukan dengan bantuan Excel adalah pencatatan yang berkaitan dengan keuangan. Dalam pengolahan data keuangan di Excel terdapat fitur sederhana akan tetapi sangat membantu pengguna yaitu fitur penambahan simbol Rp atau rupiah ke dalam sel yang berisikan angka keuangan.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Secara default simbol dari Excel, yaitu dengan format sel mata uang / currency, yang digunakan adalah simbol atau dollar. Lalu untuk merubahnya ke simbol Rp dibutuhkan beberapa pengaturan sederhana yang tidak rumit dari Excel. Meskipun begitu, masih banyak pengguna yang kurang begitu menguasai pengaturan-pengaturan tersebut.

Lalu bagaimanakah caranya merubah pengaturan Excel tersebut agar simbol $ dapat dirubah ke Rp dengan cepat ? Mari simak artikel ini sampai selesai karena kita akan membahasnya hingga tuntas.

Berikut cara-cara yang dapat kita lakukan untuk merubah pengaturan Excel tersebut :

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

1. Menggunakan Format Currency Atau Accounting

Tips pertama adalah dengan mengubah format default dari Excel dengan cara mengaktifkan format Rp atau rupiah pada pengaturan currency atau accounting pada pengaturan Format Cell. Perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Klik atau blok sel yang akan dirubah/diberikan tanda Rp atau rupiah.
  • Pada tab Home di bagian Number, klik panah kecil yang terdapat pada sisi kanan bawah, maka akan muncul box pengaturan Format Cells. Atau bisa juga dengan mengklik kanan sel yang kita blok tadi lalu pilih Format Cells.

  • Pada box Category pilih Currency.
  • Lalu ubah Decimal Places menjadi 0.
  • Kemudian pada box symbol, ganti dengan pilihan Rp Indonesian.
  • Lalu klik OK maka otomatis angka-angka di sel yang kita blok tadi akan ada simbol Rp.
  • Perhatikan pengaturan gambar berikut untuk lebih jelasnya :

Untuk opsi Accounting memiliki langkah yang sama seperti diatas, hanya pada box Category kita memilih pilihan Accounting.

Kemudian hasil akhir dari simbol tadi juga berbeda, dimana Currency akan meletakkan simbol tepat didepan angka dengan dipisah 1 spasi, sedangkan pilihan Accounting akan meletakkan simbol di sisi kiri sel dan angka pada sisi kanan sel.

Perbedaannya seperti pada contoh gambar berikut :

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

2. Menggunakan Pengaturan Custom Format

Tips selanjutnya untuk mengubah pengaturan simbol dalam sel, adalah dengan menggunakan simbol-simbol pada pengaturan Custom Format. Cara ini sebenarnya sama dengan pengaturan Currency atau Accounting, hanya saja dengan pengaturan yang bisa dibilang lebih rumit daripada pengaturan 2 format tadi.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama pilih atau blok sel yang ingin diberi simbol Rp.
  • Selanjutnya pada tab Home di bagian Number, klik panah kecil yang terdapat pada sisi kanan bawah, untuk memunculkan box pengaturan Format Cells. Atau bisa juga dengan mengklik kanan sel yang kita blok tadi lalu pilih Format Cells.
  • Pada bagian Category pilih Custom.
  • Lalu pada bagian Type tuliskan kode Rp #.##0, dimana kode ini akan menambahkan simbol RP di depan angka yang diwakili oleh tanda #.##. Dan angka “0” pada penulisan simbol tadi mewakili jumlah nilai desimal yang akan ditampilkan di belakang angka.
  • Klik OK maka otomatis angka di sel tadi akan ada simbol Rp padanya.
  • Perhatikan gambar pengaturan berikut :

*

**

Nah itulah cara-cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengubah penulisan format $ ke Rp. Mudah bukan ?? Lalu apabila format penulisan Rp tadi ingin kita terapkan ke sel lainnya yang belum menggunakan pengaturan format Rp, kita cukup gunakan Format Painter untuk menerapkannya agar menghemat waktu.

Sampai jumpa kembali di artikel-artikel kami lainnya.

———————————————————————

Semoga Bermanfaat.