May 20, 2021 By xclmedia Off

Penggunaan Fungsi Skip Blanks Dan Transpose Pada Menu Paste Special Di Excel

Diantara banyaknya aplikasi pengolah data, Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang sangat populer di masyarakat. Layout lembar kerja Excel yang berbentuk sel-sel tabel yang dapat diubah-ubah sangatlah memudahkan pengguna dalam berkreativitas dalam membuat suatu laporan. Sehingga penggunaan Excel sangatlah populer terutama untuk kebutuhan seperti pembuatan laporan keuangan, data entry, dan lainnya.

Sebagai aplikasi pengolah data, Excel menyediakan berbagai macam rumus-rumus formula yang berguna untuk memecahkan masalah. Selain itu Excel juga menyediakan berbagai macam fitur yang dirancang untuk memberikan efisiensi dalam bekerja dan akurasi terhadap data, terutama jika pengguna bekerja dengan data yang sangat banyak.

Bagi seorang pengguna yang selalu bekerja mengolah data, seringkali menggunakan fitur fungsi copy paste tentunya, dimana digunakan untuk menyalin data ke tempat lain. Excel pun juga menyediakan fitur copy paste yang tidak hanya sekadar menyalin data saja. Akan tetapi terdapat fitur-fitur copy paste yang terbilang sangat lengkap untuk mempermudah pengguna dalam hal kebutuhan menyalin data di Excel. Yaitu dengan fitur pada menu Paste Special.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Diantara fitur-fitur yang ditawarkan pada menu tersebut, terdapat fungsi Skip Blanks dan Transpose.

Apakah yang dimaksud dari fitur copy paste fungsi tersebut ?

Bagaimanakah cara penggunaannya ?

Pada artikel ini kita akan membahas 2 fungsi tersebut yang terdapat pada menu Paste Special.

Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

 

Fungsi Skip Blanks & Transpose Pada Menu Paste Special Di Excel

Dalam kegiatan pengolahan data, kegiatan copy paste sangatlah sering dilakukan. Dalam Excel terdapat menu Paste Special, dimana perbedaan dengan copy paste yang pada umumnya menyalin seluruh isi data dan format pada lembar kerja di Excel, dengan Paste Special kita dapat memilih apa saja yang ingin disalin.

Untuk mengakses menu Paste Special kita dapat mengaksesnya dengan copy terlebih dahulu data yang ingin disalin, kemudian klik kanan dan pilih opsi Paste Special. Maka akan muncul jendela yang berisikan fitur-fitur dari menu Paste Special.

Dan diantara fitur-fitur dari menu Paste Special diantaranya adalah Skip Blanks dan Transpose.

Perhatikan gambar berikut :

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Menggunakan Fungsi Skip Blanks

Ketika mengcopy paste data di Excel, dan kita menggunakan fungsi Skip Blanks, maka yang terjadi adalah jika pada sel asal terdapat sel kosong yang tercopy, dan pada sel tujuan pada posisi yang sama dari sel yang kosong tadi padanya sudah terdapat suatu data, maka sel tersebut yang sudah terdapat data pada sel tujuan itu tidak akan dirubah/ditimpa dengan sel yang kosong dari sel asal.

Misal pada sel A1 sampai dengan sel A3 berisi angka 1, 2 dan 3 pada masing-masing sel, sedang sel A4 kosong.

Lalu pada sel B1 sampai dengan sel B3 kosong, dan pada sel B4 berisi angka 4.

Jika kita copy sel A1 sampai A4 lalu kita pastekan langsung pada sel B1, maka hasilnya adalah B1 angka 1, B2 angka 2, B3 angka 3, dan B4 kosong.

Jika kita copy sel A1 sampai A4 lalu kita pastekan dengan memilih fungsi Skip Blanks, maka hasilnya adalah B1 angka 1, B2 angka 2, B3 angka 3, dan B4 angka 4

Sehingga dengan fungsi Skip Blanks ini sel B4 yang berisi angka 4 tidak dihapus dan digantikan dengan sel kosong melainkan tetap berisi angka 4.

 

Menggunakan Fungsi Transpose

Fungsi Transpose ini letaknya tepat pada sisi kanan dari Skip Blanks.

Fungsi Transpose ini berguna untuk mengubah arah copy paste data dari vertikal menjadi horizontal atau sebaliknya pada sel tujuan.

Misalnya dalam sel A1 sampai dengan sel A5 berisi angka 1, 2, 3, 4 dan 5 pada masing-masing selnya.

Jika kita copy data dari A1 sampai dengan A5 lalu kita gunakan fungsi Transpose dan kita pastekan ke sel B1, maka angka-angka tersebut akan berubah urutannya menjadi B1 sampai F1 yang berisikan angka..

Dengan copy paste biasa maka urutan angka yang dicopy dari sel A1 sampai A5 ke sel B1 akan tetap sama yaitu vertikal dengan angka berada pada sel B1 sampai B5.

Dengan copy paste menggunakan fungsi Transpose, urutan angka yang dicopy dari sel A1 sampai A5 ke sel B1 akan berubah menjadi Horizontal mulai dari sel B1 sampai dengan cell G1.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Itulah fungsi dan cara penggunaan fungsi Skip Blanks dan Transpose yang terdapat pada menu Paste Special di Excel. Sangat berguna bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.