May 20, 2021 By xclmedia Off

Tips Meng-Capture Tabel Excel Dan Menyimpannya Sebagai Gambar

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer. Excel berfungsi utamanya untuk mengolah data numerik, seperti untuk pembuatan laporan keuangan dan sejenisnya. Selain itu layout lembar kerja yang berbentuk sel-sel tabel juga menjadikan Excel aplikasi populer untuk entry data yang dapat menyimpan seperti data gudang dan sejenisnya.

Kendati fungsi Excel untuk efisiensi kerja dan akurasi data, aplikasi Excel dibekali dengan berbagai macam fitur yang sangat ampuh untuk mempercepat kerja dari penggunanya. Selain itu rumus-rumus formula yang disediakan oleh Excel begitu banyak dan ditujukan untuk membantu pengguna dalam memecahkan permasalahan-permasalahan dalam pengolahan data. Bahkan rumus-rumus tersebut dapat dipadukan satu sama lain hingga batasan dari perpaduan rumus-rumus Excel tersebut ada pada kreativitas dari pengguna itu sendiri.

Karena fungsi dan fitur-fiturnya inilah yang menjadikan Excel aplikasi pengolah data yang populer di masyarakat.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Bahkan, terkadang kita membutuhkan untuk men-screenshoot layar tampilan dari lembar kerja kita di Excel untuk kemudian kita gunakan pada kebutuhan lain seperti pembuatan laporan pada Word atau digunakan untuk presentasi di Power Point.

Nah, disini Excel tak ketinggalan dalam menyiapkan fitur yang berguna untuk men-screenshoot lembar kerjanya berdasarkan dengan kebutuhan dari penggunanya.

Pada artikel ini kita akan membahas satu fitur yang disediakan oleh Excel khusus untuk men-screenshoot tampilan lembar kerja Excel kita untuk kemudian dapat kita gunakan pada kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu mari simak artikel ini hingga selesai.

 

Men-Screenshoot Tampilan Lembar Kerja Excel

Ketika akan mengcapture tampilan layar, biasanya yang terpikirkan oleh kita adalah dengan menekan tombol PrtSc atau dengan CTRL+PrtSc pada keyboard, lalu paste di aplikasi Paint baru kemudian disimpan dalam bentuk gambar.

Memang itu adalah fitur yang disediakan di PC untuk memudahkan pengguna dalam menangkap layar dengan cepat.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Meskipun begitu, tahukah anda bahwa pada Excel terdapat fitur tangkap layar tersendiri ? Sehingga ketika kita ingin menangkap layar pada lembar kerja Excel kita cukup dengan mengklik menu tersebut.

Menu itu adalah Camera, yang tempatnya berada pada Quick Access Toolbar dan secara default kita harus menampilkannya dari pengaturan.

Untuk menampilkan menu Camera pada Quick Access Toolbar ikuti langkah berikut :

  • Pada Opsi Quick Access Toolbar klik pilihan More Commands.
  • Kemudian buka All Commands.
  • Kemudian cari menu Camera, klik Add>> lalu Ok.

Maka opsi menu Camera sudah ditampilkan pada Quick Access Toolbar dan apabila kita ingin menggunakannya, cukup kita klik langsung menu tersebut. Untuk tampilan Quick Access Toolbar akan menjadi seperti ini :

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Cara Menggunakan Menu Camera Untuk Menangkap Layar Di Excel

Setelah menu Camera tadi ditampilkan pada Quick Access Toolbar, untuk penggunaannya sangatlah mudah. Perhatikan langkah langkah berikut :

  • Pertama buka file Excel dan lembar kerja yang akan dicapture.
  • Blok area yang ingin dicapture dan disimpan sebagai gambar.
  • Kemudian tekan menu Camera tadi.
  • Buka aplikasi Paint, lalu tekan tombol CTRL+V.
  • Simpan gambar tersebut.

 

Itulah langkah yang dapat kita lakukan untuk menangkap tampilan layar dari Excel dan menyimpannya sebagai gambar dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Excel, yaitu fitur Camera.

Mudah sekali bukan ?
Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.