April 13, 2020 By xclmedia Off

Memprotek dan Menghilangkan Tampilan Sel Rumus Excel

Postingan sebelumnya menjelaskan tentang Rumus Excel Expired dengan Tanggal Komputer. Nah bagaimana disamping rumus-rumus tersebut menampilkan masa expired, rumus-rumus tersebut juga dapat disembunyikan (hide) tampilannya dan diprotek.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)


Mengambil contoh sebelumnya, kita akan menyembunyikan tampilan rumus berikut :

rumus excel expired 3

Formula rumus di atas nampak kelihatan di kotak Formula Bar atau jika ingin melihat langsung di selnya tekan F2 (edit sel). Nah bagaimana rumus di bagian sel tersebut agar tidak nampak serta diprotek untuk menghindari agar tidak terhapus.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

Nah, berikut langkah-langkah untuk memprotek dan menghilangkan tampilan rumus.

(1) Langkah pertama, bebaskan terlebih dulu seluruh sel dari Format Protection, letakkan pointer di sembarang sel lalu tekan Ctrl + A maka seluruh sel diblok. Dalam keadaan seluruh sel di blok, klik menu Home > Format > Format Cells, lalu muncul jendela berikut :

hide protek sel excel 1

Pilih tab Protection, lalu bebaskan tanda chekmark pada kotak Locked dan Hidden, kemudian klik OK.

(2) Selanjutnya, Letakkan pointer pada sel rumus yang akan diprotek dan dihide. Dalam posisi pointer sel berada di sel rumus yang akan diprotek dan dihide, klik menu Home > Format > Format Cells. Pilih tab Protection, lalu klik kotak cek Locked dan Hidden, kemudian klik OK.

hide protek sel excel 2

(3) Langkah terakhir menjalankan perintah protek. Klik menu Home > Format > Protect Sheet atau tekan tombol Alt + TPP. Lalu muncul jendela Protect Sheet, isi password lulu klik OK. Kemudian muncul jendela kondirmasi dan isi password yang sama sekali lagi.

hide protek sel excel 3

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

(4) Lihat hasilnya, isi rumus tidak ditampilkan (kosong) pada kotak Formula Bar, sedangkan hasil rumus masih nampak di sel. Hasil perintah di atas juga menghasilkan protek sel pada sel rumus, sedangkan pada sel-sel lainnya tidak diprotek.

hide protek sel excel 4

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]