April 11, 2020 By xclmedia Off

Rumus Excel Expired dengan Tanggal Komputer

Ketika kita membuat sebuah aplikasi menggunakan Excel dengan menggunakan formula atau rumus-rumus tertentu, selanjutnya aplikasi tersebut ingin kita tujukan penggunaannya kepada orang lain. Namun, dibalik penggunaan tersebut kita ingin membatasi masa penggunaan aplikasi, maka tentunya kita harus membuat batasan-batasan agar ketika aplikasi tersebut berjalan melewati batasan tertentu dari penanggalan yang ada di komputer, secara otomatis tampilan dari formula rumus tersebut berubah sesuai dengan yang kita inginkan.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

Marilah kita mulai, bukalah lembar kerja Excel baru, misalkan dalam aplikasi tersebut kita membuat rumus berikut :

rumus excel expired 1

Contoh di atas adalah rumus penjumlahan sederhana untuk pendekatan saja, selanjutnya kita kembangkan menjadi rumus expired terkait dengan penanggalan di komputer.

Misal kita ingin membuat expired tampilan rumus tersebut berubah dari tampilan 1.275.000 menjadi tampilan ### setelah tanggal 31 Desember 2019 (karena tanggal tersebut sudah kita lewati dari tanggal sekarang). Maka perlu kita tambahkan formula rumus logika (IF) dan tanggal update komputer (NOW). Nah ikuti langkah-langkah berikut :

general ledger excel dagangGENERAL LEDGER EXCEL DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

(1) Ketikkan tanggal 31/12/2019 (jika format tanggal di komputer setting Indonesia) atau 12/31/2019 (jika format tanggal di komputer setting English) pada sembarang sel.

(2) Copy sel tanggal tersebut di sembarang sel, lalu klik kanan Paste Special > Value (123) atau Paste Options > Value (123), maka akan ditunjukan value (nilai) dari tanggal 31/12/2019 adalah 43830.

rumus excel expired 2

(3) Value (nilai) 43830 tersebut akan kita gunakan sebagai konstanta pembatas dalam rumus dikaitkan dengan penanggalan komputer. Kembali ke lembar kerja excel pertama, ubahlah rumus pertama di atas menjadi rumus logika IF sehingga menjadi rumus berikut :

=IF(NOW()>43830;”###”;SUM(C3:C8))

Maksudnya jika tanggal sekarang NOW() lebih besar daripada nilai 43830, maka ditampilkan ###, jika tidak (maksudnya lebih kecil) maka ditampilkan hasil perhitungan SUM(C3:C8).

rumus excel expired 3

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

Hasil di atas menunjukkan bahwa jika tanggal sekarang (NOW) melewati tanggal 31/12/2019 maka menampilkan ###. Nah, selanjutnya silahkan Anda coba ganti dengan value tanggal akan datang dari tanggal sekarang, maka rumus akan menampilkan hasil perhitungan SUM(C3:C8).

Nah selamat mencoba, silahkan Anda terapkan untuk rumus-rumus aplikasi buatan Anda. Untuk menjaga keamanan rumus di sel tersebut, maka alangkah bagusnya kita sembunyikan tampilan rumusnya. Untuk menyembunyikan tampilan rumus diperlukan protect hidden sel, yang dibahas pada postingan Memprotek dan Menghilangkan Tampilan Sel Rumus Excel.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]