May 19, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Menghitung Rata-Rata Penjualan Berdasarkan Tanggal Di Excel

Dalam pembuatan laporan keuangan, banyak perusahaan baik skala besar maupun kecil, mencatatnya dengan menggunakan Excel. Bahkan banyak dari para akuntan yang mahir dalam pengoperasiannya. Hal tersebut dikarenakan Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data numerik yang sangat berguna untuk memecahkan perhitungan dalam jumlah banyak dan cepat. Sehingga pekerjaan yang membutuhkan efisiensi dan akurasi data tinggi dapat dikerjakan dengan sangat baik dengan Excel.

Excel dilengkapi dengan fitur berupa kumpulan rumus-rumus yang fleksibel penggunaannya, sehingga pemecahan masalah rumit pun dapat ditangani tergantung dari kreatifitas pengguna dalam mengoperasikan rumus-rumus Excel tersebut.

Meskipun begitu, karena saking banyaknya rumus yang disediakan Excel, tidak semua orang dapat menghafal dan memahami rumus-rumus tersebut satu-persatu. Biasanya hanyalah sesuai dengan kebutuhan dari pengguna saja yang dihafal dan dipahami.

Seperti misalnya seorang pengusaha dalam skala kecil, ketika membuat laporan keuangan dengan menggunakan Excel, terkadang butuh untuk mencari rata-rata penjualan berdasarkan pada tanggal.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, disini terkadang banyak pengguna yang kurang terbiasa bekerja dengan Excel akan merasa kesulitan untuk melakukannya.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mudah yang dapat kita lakukan di Excel untuk mencari nilai rata-rata berdasarkan dari tanggal penjualan.

Oleh karena itu simak artikel ini hingga selesai.

Menghitung Nilai Rata-Rata Penjualan Berdasarkan Tanggal

Pada Excel, rumus dasar untuk mencari nilai rata-rata adalah AVERAGE. Dimana dengan rumus ini kita akan mendapatkan nilai rata-rata dari sekumpulan range nilai yang telah kita pilih.

Apabila nilai rata-rata yang kita cari terdapat kriterianya, dan kita ingin mencari nilai rata-rata berdasarkan kriteria tersebut, maka kita dapat menggunakan rumus AVERAGEIF atau AVERAGEIFS. Perbedaan diantara kedua rumus tersebut adalah pada penggunaan kriterianya, rumus AVERAGEIF mencari nilai rata-rata berdasarkan 1 kriteria saja, sedang rumus AVERAGEIFS mencari nilai rata-rata berdasarkan lebih dari 1 kriteria.

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan rumus AVERAGEIF dan AVERAGEIFS.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Untuk pencarian nilai rata-rata berdasarkan kriteria tanggal ini, kita akan membutuhkan operator bantuan yaitu :

  • Sama dengan ( = )
  • Lebih besar dari ( > )
  • Lebih kecil dari ( < )
  • Lebih besar dari atau sama dengan ( >= )
  • Lebih kecil dari atau sama dengan ( <= )
  • Lebih besar dari & Lebih kecil dari / Diantara ( >< )

Pada pembahasan kali ini kita akan menggunakan 3 contoh operator untuk mencari nilai rata-rata berdasarkan kriteria tanggal, yaitu Lebih besar dari ( > ), Sama dengan ( = ), dan Diantara ( >< ).

Perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas, untuk sintak penulisan dari pencarian rata-rata diatas adalah sebagai berikut :

  • Sama dengan ( = ) : =AVERAGEIF(A5:A15;”=”&D6;B5:B15)
  • Lebih besar dari ( > ) : =AVERAGEIF(A5:A15;”>”&D10;B5:B15)
  • Diantara ( >< ) : =AVERAGEIFS(B5:B15;A5:A15;”>=”&D14;A5:A15;”<=”&E14)

Penjelasan dari sintak diatas adalah sebagai berikut :

  • Untuk pencarian kriteria sama dengan ( = ) dan lebih besar dari ( > ) menggunakan rumus AVERAGEIF karena kriteria pencariannya hanyalah 1
  • Sedang untuk pencarian kriteria diantara ( >< ) menggunakan rumus AVERAGEIFS karena terdapat 2 kriteria padanya, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir.
  • Operator tambahan ini harus diapit dengan tanda petik ( ” “ ) dan ditambahi simbol ( ) untuk memadukannya dengan sel referensi.
aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mencari rata-rata penjualan berdasarkan tanggal dengan menggunakan rumus AVERAGEIFS dan simbol operator “sama dengan/lebih dari/kurang dari/diantara“. Mudah sekali bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.