May 19, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Menghitung Rata-Rata Penjualan Berdasarkan Nama Sales Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data numerik yang sangat populer di kalangan pengusaha dalam mencatat laporan keuangan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan Excel yang fleksibel dengan dibantu fitur rumus-rumus yang dapat memecahkan perhitungan dalam jumlah yang sangat banyak dan cepat. Sehingga banyak dari usaha-usaha skala kecil maupun besar memilih Excel sebagai aplikasi pengolah data keuangan andalan.

Kendati demikian, masih banyak usaha-usaha yang pencatatan keuangannya masih secara manual yaitu dengan menggunakan kertas. Hal tersebut dikarenakan kurang begitu familiar dengan penggunaan Excel untuk mengolah data. Padahal penggunaan Excel sangatlah mudah untuk dipahami.

Sebagai contoh adalah pencarian nilai rata-rata untuk suatu penjualan berdasarkan nama dan barang yang dijual. Ketika pencatatan dilakukan secara manual akan terasa cukup sulit untuk melakukan hal tersebut dan membutuhkan kertas lebih untuk pencatatan. Sedang dengan menggunakan Excel kita cukup mengolahnya dengan satu rumus saja, dan hasilnya akan langsung terlihat.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Pada artikel ini kita akan membahas contoh diatas dimana kita mencari rata-rata berdasarkan data nama dan barang yang dijual menggunakan Excel.

Oleh karena itu mari simak artikel ini hingga selesai.

Menghitung Rata-rata Penjualan Berdasarkan Nama & Barang

Dalam suatu laporan keuangan dimana perusahaan memiliki sales, biasanya terdapat data rekapan yang memperlihatkan data penjualan dari tiap sales tersebut pada setiap barangnya.

Dalam data rekapan tersebut biasanya diambil rata-rata penjualan berdasarkan tiap barangnya untuk setiap sales.

Pada Excel, terdapat rumus dasar untuk mencari nilai rata-rata, yaitu dengan rumus AVERAGE, yang mana rumus ini akan mencari rata-rata keseluruhan data yang dipilih.

Kemudian selanjutnya terdapat rumus AVERAGEIF yang berguna untuk mencari nilai rata-rata dengan 1 kriteria.

Dan yang terakhir adalah rumus AVERAGEIFS, yang berguna untuk mencari nilai rata-rata dengan lebih dari 1 kriteria.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada kasus diatas, dimana kita akan mencari nilai rata-rata penjualan dengan kriteria nama dan barang, maka kita akan menggunakan rumus AERAGEIFS.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas diketahui nama sales adalah Joko dan Johan, dengan barang yang dijual adalah barang A dan B. Lalu pada tabel di sebelah kanan adalah rata-rata penjualan dengan kriteria berdasarkan nama sales dan barang yang dijual.

Untuk sintak penulisan dari rumus pencarian rata-rata diatas adalah sebagai berikut

  • =AVERAGEIFS($C$102:$C$109;$A$102:$A$109;E102;$B$102:$B$109;F102)

Keterangan dari rumus diatas adalah sebagai berikut :

  • $C$102:$C$109 : adalah range yang berisikan nilai yang ingin dicari rata-ratanya, pada kasus ini adalah nilai penjualan pada tabel sebelah kiri.
  • $A$102:$A$109 : adalah range untuk pencarian kriteria pertama yang terdapat pada tabel sebelah kiri, yaitu nama.
  • E102 : adalah kriteria pertama yang akan dicari, yaitu nama Joko atau Johan.
  • $B$102:$B$109 : adalah range untuk pencarian kriteria kedua yang terdapat pada tabel sebelah kiri, yaitu barang.
  • E102 : adalah kriteria kedua yang akan dicari, yaitu barang atau B.

Perlu diingat, pada rumus diatas untuk penulisan rumus pada range kriteria menggunakan sel referensi absolut, sedang pada kriterianya tidak menggunakan sel referensi absolut. Hal tersebut dikarenakan agar rumus dapat dicopy paste kebawah dengan cepat, dan sel referensi yang terdapat pada tabel sebelah kiri tidak bergerak, sedang sel referensi pada tabel sebelah kanan mengikuti pergerakan dari copy paste rumus tersebut.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mencari rata-rata penjualan berdasarkan nama dan barang, yaitu dengan menggunakan rumus AVERAGEIFS, dimana nama dan barang adalah kriteria untuk pencarian rata-ratanya. Mudah sekali bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.