May 18, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Mencari 3 Angka Terendah Pada Suatu Range Nilai Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data numerik yang layout lembar kerjanya berbasis sel-sel yang dapat diubah ukurannya dan digabungkan satu sama lain. Excel menyediakan berbagai macam rumus formula guna membantu pengguna memecahkan permasalahan pengolahan data numerik sesuai yang dibutuhkan. Fleksibilitas penggunaan Excel menjadikannya aplikasi pengolah data yang prima dalam membantu pengguna agar lebih efisien dan akurat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Aplikasi Excel juga sudah hampir menjadi bagian yang sangat penting dalam masyarakat terutama bagi perusahaan-perusahaan, utamanya dalam pembuatan laporan keuangan. Bahkan Excel juga sudah menjadi bagian dari kurikulum pelajaran komputer pada sekolahan-sekolahan.

Excel dengan begitu banyaknya rumus yang disediakan, tidak semua pengguna dapat menghafalnya satu per satu. Sehingga banyak dari pengguna yang jarang menggunakan rumus tertentu terkadang akan melupakannya, karena saking banyaknya rumus yang disediakan oleh Excel.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Seperti misalnya adalah rumus untuk mencari suatu nilai terendah dari range nilai pada Excel. Meskipun ini termasuk pada bagian pengetahuan dasar dari Excel, akan tetapi banyak dari pengguna yang tidak mengetahuinya karena memang belum dibutuhkan.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mencari tidak hanya angka paling rendah, akan tetapi angka terendah pertama, kedua dan ketiga dari suatu range data.

Oleh karena itu, simak artikel ini hingga selesai.

Rumus Mencari 3 Angka Terendah Pada Suatu Range Nilai

Dalam Excel, rumus untuk mencari nilai terendah terdapat 2 macam.

Yang pertama adalah dengan rumus MIN. Rumus ini akan mencari nilai terendah dari suatu range nilai yang kita pilih. Kelemahan dari rumus ini kita tidak dapat mencari nilai terendah ke-n, misal nilai terendah kedua atau ketiga.

Oleh karena itu, jika kita ingin mencari nilai terendah ke-n, kita dapat melakukannya dengan rumus yang kedua.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Rumus yang kedua untuk mencari nilai terendah ke-n adalah dengan menggunakan rumus SMALL. Dengan rumus ini kita dapat mencari nilai terendah ke-n dari deret angka yang kita pilih.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas kita mencari nilai terendah pertama, kedua dan ketiga.

Untuk penulisan sintak rumus masing-masing dari pencarian diatas adalah sebagai berikut :

  • Pencarian nilai terendah pertama : =SMALL($A$4:$A$9;1)
  • Pencarian nilai terendah kedua : =SMALL($A$4:$A$9;2)
  • Pencarian nilai terendah ketiga : =SMALL($A$4:$A$9;3)
aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Itulah rumus yang dapat kita gunakan untuk mencari angka terendah ke-n pada suatu range nilai yang kita pilih, yaitu dengan rumus SMALL. Mudah sekali bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.