May 18, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Mencari 3 Angka Tertinggi Pada Suatu Range Nilai Di Excel

Excel sebagai aplikasi pengolah data yang dibekali segudang fitur terutama rumus-rumus formula pemecahan masalah, menjadikan Excel sebagai aplikasi pengolah data yang populer di kalangan masyarakat.

Kendati banyaknya rumus yang disediakan Excel, tidak semua pengguna dapat menghafal keseluruhan rumus tersebut. Terlebih lagi bagi pengguna baru atau pengguna yang memang jarang menggunakan Excel sebagai pembantu pekerjaan hariannya.

Berbeda dengan orang-orang yang sering menggunakan Excel, atau bahkan sudah menjadi bagian dalam pekerjaannya seperti orang-orang yang membuat laporan keuangan.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Seperti misal rumus untuk menghitung nilai tertinggi dari suatu deret angka. Excel sendiri telah menyediakan rumus dasar yang sangat mudah untuk digunakan dalam melakukannya. Bahkan terkadang hal ini juga masuk kedalam pelajaran di sekolahan untuk pelajaran komputer.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mencari 3 angka tertinggi dari suatu range di Excel.

Mari simak artikel ini hingga akhir.

Rumus Mencari 3 Angka Tertinggi Di Excel

Di Excel, terdapat 2 macam cara untuk mencari nilai tertinggi.

Yang pertama yaitu dengan menggunakan rumus MAX. Rumus ini berguna untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range angka yang telah kita pilih. Kelemahan dari rumus ini yaitu hanya akan menampilkan hasil nilai tertingginya saja dari deret angka yang telah kita pilih.

Lalu bagaimana jika kita ingin mencari nilai tertinggi pertama, kedua dan ketiga atau seterusnya dari suatu deret angka ?

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Untuk mencari nilai tertinggi pertama, kedua, ketiga atau seterusnya dari suatu deret angka, kita dapat menggunakan rumus dasar yang telah disediakan oleh Excel, yaitu dengan rumus LARGE.

Rumus ini berguna untuk mengecek suatu deret angka yang kita pilih, lalu menampilkan angka tertinggi ke-n sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas, kita mencari angka tertinggi pertama, kedua dan ketiga dari deret angka yang terdapat pada kolom A.

Untuk sintak masing-masing rumus pencariannya adalah sebagai berikut :

  • Angka tertinggi pertama : =LARGE($A$4:$A$9;1)
  • Angka tertinggi kedua : =LARGE($A$4:$A$9;2)
  • Angka tertinggi ketiga : =LARGE($A$4:$A$9;3)

Rumus ini dapat dipadukan dengan berbagai macam rumus lainnya yang membutuhkan untuk pencarian nilai tertinggi ke-n.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah rumus yang berguna untuk mencari 3 angka tertinggi pada Excel, yaitu dengan menggunakan rumus LARGE. Sangat mudah untuk pengaplikasiannya bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.