April 16, 2021 By xclmedia Off

Tips Menghapus Data Duplikat/Ganda Di Excel

Excel adalah salah satu aplikasi pilihan dalam pengolahan data dengan entry yang sangat banyak. Fitur-fitur Excel sangat membantu pengguna dalam hal efisiensi dan efektifitas dalam pembuatan laporan-laporan yang membutuhkan ketelitian dan keakuratan seperti misalnya pembuatan laporan keuangan.

Selain itu ketika pengguna mengolah data yang banyak dengan Excel, dalam prosesnya sering terjadi duplikasi-duplikasi data yang terkadang memang dibutuhkan. Meskipun begitu ketika proses pengolahan data di Excel tersebut telah selesai, maka dibutuhkan untuk menghapus data-data duplikasi tersebut, yang mana apabila kita bekerja dengan data yang berjumlah sangat banyak akan merepotkan untuk mencarinya.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Oleh karena itu Excel telah menyediakan beberapa fitur guna memudahkan pengguna untuk menghapus data-data duplikasi yang memang tidak dibutuhkan.

Cara yang dapat kita lakukan untuk menghapus data duplikasi di Excel terdapat 3 cara, dan pada artikel ini kita akan membahas semuanya. Oleh karena itu mari simak artikel ini hingga selesai.

1. Menggunakan Fitur Remove Duplicates

Tips pertama untuk menghapus data duplikat adalah dengan menggunakan fitur Remove Duplicates. Fitur ini sangat mudah penggunaannya, perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pertama blok tempat data set yang akan kita hapus data duplikatnya.
  • Kemudian buka tab Data, lalu pada bagian Data Tools kita klik menu Remove Duplicates.

  • Maka akan muncul dialog box dan terdapat pilihan checklist My data has headers pada sisi kanan, dimana fitur pilihan ini berguna apabila data kita memiliki header, apabila tidak memiliki header maka tidak perlu mencentang fitur ini. Perhatikan contoh gambar berikut

    Maka hasil dari pengaturan diatas adalah sebagai berikut :
aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

2. Menggunakan Fitur Advance Filter

Tips selanjutnya adalah dengan fitur Advance Filter. Fitur ini tidak menghapus data duplikasi, akan tetapi akan menyembunyikan data-data duplikasi, sehingga tanpa harus menghapusnya data-data duplikasi tersebut seakan menghilang. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama blok area sel yang akan kita aplikasikan fitur Advance Filter untuk menyembunyikan data duplikasinya.
  • Kemudian pada tab Data di bagian Sort & Filter, pilih menu Advanced.
  • Maka akan muncul dialog box, lalu pada bagian Action pilih Filter the list, in place, dan pada checklist dibawah centang Unique records only.
  • Klik Ok, maka otomatis data-data yang terduplikasi akan dihidden oleh fitur tersebut.

 

3. Menggunakan Fitur Replace

Tips selanjutnya adalah dengan fitur Replace. Dengan fitur ini kita juga dapat mengecek sel mana saja yang adalah data duplikat. Untuk melakukannya sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pada worksheet yang ingin kita hapus data duplikasinya, klik CTRL + H.
  • Maka akan muncul dialog box, pada kolom Find what, tuliskan data yang akan kita cek duplikasinya, dan pada kolom Replace with, kita isikan data yang akan menjadi penggantinya, apabila ingin kita hapus maka cukup kita kosongkan saja kolom tersebut.
  • Kemudian klik tombol Find Next untuk mengecek data duplikat tersebut, untuk merubah data klik tombol Replace dimana data yang dirubah adalah pada sel yang dipilih saat ini, untuk Replace All otomatis mengubah seluruh data yang padanya terdapat data sesuai pada yang kita tuliskan di kolom Find what.
akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah tiga cara yang dapat kita lakukan di Excel untuk menghapus data-data duplikasi dengan cepat untuk masalah efisiensi waktu kerja. Mudah bukan ?? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia.

————————————————————————————-

Semoga Bermanfaat.