April 17, 2021 By xclmedia Off

Tips Menyalin Worksheet Excel Banyak Sekaligus

Excel adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam pengolahan data baik administratif maupun manajemen, dimana penggunaan fungsi rumus-rumusnya sangat membantu pengerjaan pengolahan data. Ketika sedang mengolah data dengan Excel, terkadang kita butuh untuk menyalin beberapa worksheet dari satu workbook Excel ke workbook Excel lainnya, atau kita melakukannya sebagai cadangan sebelum melakukan perubahan-perubahan rumus atau fungsi untuk mengecek efek dari perubahan tersebut. Tentunya dengan keperluan tersebut ketika kita menyalin worksheet Excel dengan satu persatu pasti akan menyita waktu. Belum lagi apabila ketika kita masih pemula dalam menggunakan Excel, sehingga kurang mengetahui fitur salin worksheet, biasanya yang dilakukan adalah membuat worksheet baru kemudian menyalin isi worksheet yang ingin diduplikat. Hal tersebut tentu akan lebih menyita waktu.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menyalin worksheet yang kita butuhkan untuk disalin secara sekaligus atau bersamaan, dengan menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Excel. Tanpa perlu kita menyalin satu per satu atau bahkan menggunakan copy-paste dengan membuat worksheet baru.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah berikut ini hingga selesai agar kita dapat menyingkat waktu ketika menyalin worksheet Excel yang berjumlah banyak :

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]
  • Pertama yang harus dilakukan adalah select seluruh worksheet yang akan disalin. Terdapat 2 cara untuk melakukannya, yaitu :
    –  Dengan sambil menekan tombol Shift, kemudian klik worksheet pertama yang akan disalin, lalu       klik worksheet terakhir yang akan disalin. Maka otomatis antara worksheet pertama dan terakhir       akan ikut ter-select.
    –  Dengan sambil menekan tombol CTRL, kemudian kita klik satu per satu worksheet yang akan           disalin. Cara ini untuk men-select worksheet yang ingin disalin tapi tidak berurutan.
  • Selanjutnya klik kanan kumpulan worksheet yang diselect tadi, maka akan muncul menu, pilih Move or Copy….
  • Selanjutnya akan muncul dialog box, pada bagian Move Selected Sheets To Book : kita pilih workbook yang ingin jadi tujuan kita menyalin worksheet tadi, apabila masih pada satu workbook yang sama maka tidak perlu kita rubah.
  • Kemudian pada box Before Sheet dibawahnya kita pilih (move to end), lalu centang Create a Copy pada bagian paling bawah.
  • Klik Ok, maka otomatis worksheet yang banyak tadi akan tersalin semuanya.
akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Begitulah tips untuk menyalin worksheet Excel dengan banyak sekaligus, sehingga kita dapat menghemat waktu kerja kita tentunya. Mudah bukan ?? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia.

——————————————————————-

Semoga Bermanfaat.