April 26, 2021 By xclmedia Off

Tips Dasar Mengubah Teks Menjadi Tebal / Miring / Garis Bawah Di Excel

Excel adalah aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah data terutama pada data numerik. Fitur-fitur Excel memudahkan kita mengolah data-data numerik dengan cepat dan akurat. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga kita mengolah data tekstual di Excel, sesuai pada kebutuhan masing-masing pengguna.

Dala proses pengolahan data numerik maupun tekstual di Excel, tentu kita akan membutuhkan fitur-fitur untuk memformat teks, seperti penulisan tebal, garis bawah atau penulisan miring. Nah, pada Excel sudah tersedia fitur-fitur format teks yang sangat mudah sekali untuk penggunaannya.

Pada artikel ini, kita akan membahas fitur-fitur Excel tersebut, yang mana sebagai pengguna memahami fitur-fitur format teks adalah suatu keharusan. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Membuat Tulisan Tebal, Miring Atau Garis Bawah Di Excel

Terdapat beberapa cara untuk memformat teks pada Excel, diantaranya adalah mengubah format melalui kelompok menu Font, kemudian kita dapat melakukannya juga dengan menu Format Cells yang terdapat pada menu klik kanan, lalu terdapat juga cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Shortcut. Nah, berikut penjelasan masing-masing cara untuk mengubah format teks :

1. Menggunakan Menu Font

Untuk menggunakan menu Font, pertama buka tab Home, lalu perhatikan menu Font seperti pada gambar berikut :

Penjelasan :

  • Untuk mengubah font menjadi tebal, pertama pilih sel atau blok sebagian tulisan dalam sel jika hanya ingin mengubah sebagian, kemudian klik opsi B. Maka otomatis format teks akan ditebalkan
  • Kemudian untuk mengubah font menjadi miring, caranya sama dengan penebalan teks, hanya saja pilih opsi gambar huruf I miring.
  • Kemudian untuk memberi garis bawah, pilih opsi gambar U yang bergaris bawah.

2. Menggunakan Menu Format Cells

Cara kedua ini adalah cara pengubahan format yang paling lengkap diantara kedua cara lainnya, karena seluruh opsi terbuka bagi pengguna untuk mengubah format sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan menu Format Cells, pertama pilih sel yang akan dirubah format teksnya, lalu klik kanan dan pilih opsi Format Cells. Maka akan muncul dialog box, kemudian buka tab Font, perhatikan gambar berikut :

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

Penjelasan :

  • Pada gambar diatas, untuk mengubah teks menjadi tebal atau miring, terdapat pada menu Font Style. Dimana untuk penebalan pilih opsi Bold dan untuk tulisan miring pilih opsi Italic, untuk kedua-duanya pilih Bold Italic.
  • Kemudian untuk garis bawah, terdapat pada menu Underling, dimana disitu terdapat beberapa opsi garis bawah yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan.
  • Pada bagian preview, kita dapat melihat hasil perubahan teks secara langsung.

3. Menggunakan Fitur Shortcut

Kemudian cara terakhir dan termudah, yang sering digunakan oleh para pengguna profesional, adalah dengan menggunakan shortcut dari keyboard. Berikut langkah-langkahnya :

  • Untuk melakukan penebalan teks, kita cukup pilih sel atau blok tulisan tertentu dalam sel, kemudian klik CTRL + B, otomatis akan langsung mengubah format teks menjadi tebal.
  • Kemudian untuk pemiringan teks, gunakan shortcut CTRL + I (huruf i kapital), otomatis akan langsung mengubah format teks menjadi miring.
  • Begitu juga untuk format teks pemberian garis bawah, cukup tekan tombol CTRL + U, otomatis garis bawah langsung diberikan pada sel atau teks yang telah kita pilih sebelumnya.
akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah pemabahasan tentang pemahaman dasar akan fitur format teks pada Excel yang menjadi suatu kewajiban bagi pengguna untuk mengetahui agar memudahkan pengolahan data. Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.