April 26, 2021 By xclmedia Off

Beberapa Jenis Pointer / Penggunaan Mouse Pada Lembar Kerja Excel

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sering digunakan untuk mengolah data numerik. Excel memiliki layout berupa tabel yang dapat menampung data yang sangat banyak. Dalam memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan pengolahan data, Excel menyediakan segudang fitur yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi. Mulai fitur dari menu-menu Excel, fitur rumus-rumus Excel yang beragam, penggunaan fitur-fitur dengan shortcut, bahkan sampai pada pointer dari mouse terdapat fitur penggunaan yang berbeda-beda.

Fitur pointer mouse pada Excel akan menunjukkan posisi sel yang kita tuju atau klik. Fitur dari pointer yang disajikan Excel bermacam-macam, tergantung pada dimana kita menempatkan pointer tersebut di lembar kerja. Selain bermacam-macam fungsi penggunaannya, fitur tersebut ditandai dengan berubah-ubahnya bentuk pointer tersebut.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai macam fitur Excel yang tersajikan pada pointer mouse tersebut. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Jenis Pointer Pada Excel, Fungsi Dan Shortcutnya

Dalam pembahasan berikut, kita akan membagi menjadi dua pembahasan, yaitu yang pertama adalah pembahasan terkait jenis-jenis dari pointer pada Excel beserta fungsi masing-masing pointer tersebut, dan yang kedua adalah shortcut penggunaan dari pointer di Excel.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan-pembahasan berikut :

 

1. Jenis Pointer Di Excel Dan Fungsinya

Fitur pointer pada Excel berbeda-beda tergantung dari penempatan pointer tersebut, dan itu ditandai dengan bentuk pointer yang berbeda-beda. Pointer pada Excel terdapat 5 macam pointer yang berbeda-beda, untuk penjelasan dari masing-masing pointer, simak penjelasan berikut :

  • Pointer 1 : Pointer ini digunakan untuk memilih sel atau range suatu sel, penempatannya adalah di dalam area sel.
  • Pointer 2 : Pointer ini digunakan untuk memindahkan objek yang telah kita pilih sebelumnya dengan cara mengklik lalu menahannya dan kita geser ke tempat lain.
  • Pointer 3 : Pointer ini digunakan untuk melebarkan atau mempersempit ukuran dari suatu baris.
  • Pointer 4 : Pointer ini digunakan untuk melebarkan atau mempersempit ukuran dari suatu kolom.
  • Pointer 5 : Pointer ini digunakan untuk menyalin format dan rumus yang terdapat pada sel tersebut, yaitu dengan cara mengklik dan menahannya kemudian diseret kearah wilayah sel yang akan diterapkan hasil salinannya.

Nah, itulah 5 macam pointer beserta fungsinya yang terdapat di Excel. Sangat berguna bukan ??

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

2. Shortcut Penggunaan Pointer Di Excel

Pembahasan selanjutnya adalah penggunaan pointer di Excel dengan menggunakan shortcut keyboard. Penggunaan shortcut keyboard ini berguna agar memudahkan kita dalam menggerakkan pointer dalam lembar kerja Excel kita sehingga tangan tidak perlu berpindah-pindah antara keyboard dengan mouse. Berikut diantara dari shortcut pointer yang akan sangat sering digunakan :

  • Tombol Panah  : menggerakan pointer sel ke arah sesuai pada tanda panah
  • Page Down / Page Up : menggulung layar ke atas/bawah
  • Ctrl + Tombol Panah : menggerakan pointer sesuai pada tanda panah sampai batas akhir
  • Home : menggerakan pointer keawal baris
  • Alt + Page Down / Page Up: menggulung layar ke bawah/atas dalam jumlah banyak
  • Tab : mengggerakkan pointer sel ke arah kanan
  • Enter : menggerakkan pointer sel ke arah bawah

 

Nah itulah pembahasan singkat dari fitur-fitur pointer mouse yang terdapat di Excel. Fitur pointer adalah termasuk dari pengetahuan dasar dalam pengolahan data di Excel, sehingga bagi pengguna merupakan pengetahuan yang haruslah dikuasai.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Mudah bukan untuk memahaminya ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.