May 17, 2021 By xclmedia Off

Kuasai Rumus-Rumus Excel Ini Untuk Mempercepat Pekerjaan Admin Kantor Anda!

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang sudah menjadi bagian dalam keseharian seorang admin kantor. Kumpulan rumus dan fungsi Excel sangatlah membantu efisiensi dalam pendataan entry data yang menjadi bagian dari pekerjaan admin kantor. Sehingga hampir keseluruhan dari lowongan pekerjaan admin kantor selalu menyertakan syarat berupa memahami atau mampu untuk mengoperasikan aplikasi Excel.

Kendati demikian, rumus dan fungsi yang terdapat pada Excel sangatlah banyak sehingga menghafal keseluruhan rumus dan fungsi tersebut terbilang sangatlah sulit. Meskipun ada juga orang-orang yang memang sangatlah ahli dalam bidang Excel.

Lalu untuk seorang admin, rumus dan fungsi apa sajakah yang perlu dikuasai untuk memudahkan pekerjaannya dalam bidang administrasi kantor ? Tentunya tidak menggunakan semua rumus dan fungsi Excel yang tersedia bukan ?

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Nah, pada artikel ini kita akan membahas 10 Rumus dan Fungsi Excel yang akan sangat membantu pekerjaan seorang admin kantor.

Simak artikel ini hingga akhir. Berikut adalah 10 rumus dan fungsi tersebut :Rumus Excel untuk Admin Kantor

 

1. Rumus IF

Rumus IF adalah salah satu rumus yang paling sering digunakan oleh pengguna Excel. Rumus ini berguna untuk menguji suatu nilai dalam Excel dan akan memberikan hasil berupa nilai TRUE atau FALSE.

Rumus ini juga dapat dikembangkan dan dikombinasikan dengan banyak rumus lainnya.

 

2. Rumus SUM – SUMIF – SUMIFS

Rumus-rumus ini juga termasuk yang sering digunakan untuk penjumlahan oleh para pengguna Excel. Rumus-rumus tersebut berguna untuk menjumlahkan suatu range pada lembar kerja di Excel.

Yang pertama rumus SUM, adalah rumus yang menjumlahkan suatu range pada Excel tanpa adanya kriteria penjumlahan.

Kemudian rumus SUMIF, digunakan untuk menjumlahkan suatu range dengan adanya 1 kriteria untuk menjumlahkan nilai-nilai tertentu.

Selanjutnya rumus SUMIFS, memiliki fungsi yang sama dengan rumus SUMIF hanya saja kriteria yang dimasukkan dapat berjumlah lebih dari 1.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

3. Rumus COUNT – COUNTIF – COUNTIFS

Rumus-rumus ini berguna untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong yang terdapat pada lembar kerja Excel.

Rumus pertama yaitu COUNT, berguna menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam suatu range tanpa adanya kriteria tertentu.

Rumus COUNTIF, berguna untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dengan menggunakan 1 kriteria saja.

Rumus COUNTIFS, berguna untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dengan menggunakan lebih dari 1 kriteria.

 

4. Rumus AVERAGE – AVERAGEIF – AVERAGEIFS

Rumus-rumus ini berguna untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu range pada lembar kerja Excel. Sama seperti rumus sebelumnya pada COUNT dan SUM, rumus ini memiliki 3 jenis.

Rumus AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata tanpa ada kriteria.

Rumus AVERAGEIF digunakan untuk mencari nilai rata-rata dengan 1 kriteria saja.

Rumus AVERAGEIFS digunakan untuk mencari nilai rata-rata dengan lebih dari 1 kriteria.

 

5. Rumus MIN – MAX

Rumus-rumus ini berguna untuk mencari nilai terkecil atau terbesar dari suatu range pada lembar kerja Excel.

Rumus MIN untuk mencari nilai terkecil, dan rumus MAX untuk mencari nilai terbesar.

 

6. Rumus RIGHT – MID – LEFT

Rumus-rumus ini digunakan untuk mengambil suatu karakter dari suatu nilai yang terdapat pada suatu sel di lembar kerja Excel. Biasanya rumus ini dibutuhkan ketika ingin mengambil sebagian saja dari nama seseorang.

Rumus LEFT berguna untuk mengambil karakter dari sebelah kiri.

Rumus RIGHT berguna untuk mengambil karakter dari sebelah kanan.

Rumus MID berguna untuk mengambil karakter dari tengah.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

7. Rumus DATE – DATEDIF

Rumus ini sesuai namanya berguna untuk mengolah tanggal.

Rumus DATE untuk membuat suatu tanggal tertentu, dan rumus DATEDIF akan menghasilkan suatu nilai tanggal yang cukup lengkap mulai dari selisih tanggal, bulan bahkan tahun.

 

8. Rumus VLOOKUP

Rumus ini termasuk salah satu rumus yang paling sering digunakan oleh pengguna Excel.

Rumus ini berguna untuk mengambil isi sel lain dengan referensi yang telah kita tentukan. Seperti contoh kita ingin mengambil suatu nama orang barang berdasarkan dengan nilai ID nya, maka rumus ini yang kita gunakan.

 

9. Rumus TEXT

Rumus ini berguna untuk mengubah format suatu sel menjadi format tekstual. Seperti contoh kita ingin mengubah tanggal 05/01/2020 menjadi 05 Januari 2020 maka kita dapat menggunakan rumus ini.

Bahkan rumus ini dapat diterapkan tidak terbatas hanya pada tanggal saja dan dapat digunakan untuk format lainnya seperti mata uang dan jam.

 

10. Rumus MATCH

Rumus ini berguna untuk mencari atau menentukan posisi dari suatu angka yang kita terntukan pada suatu kolom, baris atau tabel.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah 10 Rumus dan Fungsi Excel yang akan sangat membantu kawan-kawan admin kantor dalam menjalankan pekerjaannya. Pahami rumus dan fungsi tersebut bagi kawan-kawan yang ingin menjadi admin kantor.

Bahkan, 10 Rumus dan Fungsi Excel tersebut terbilang universal dalam penggunaanya sehingga tidak terbatas dalam membantu pekerjaan admin kantor saja, akan tetapi seluruh pekerjaan yang membutuhkan entry data padanya.

Nah, silahkan dipelajari dan dipahami. Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.