April 28, 2021 By xclmedia Off

Tips Penggunaan Bullet List Di Excel

Excel adalah aplikasi untuk pengolahan data yang utamanya adalah data-data numerik. Layout tampilan lembar kerja dan fitur-fitur yang disediakan Excel sangatlah membantu pengguna dalam pengolahan data numerik. Meskipun begitu Excel juga tetap menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk pengolahan data tekstual, karena pengguna tetap akan membutuhkannya untuk bekerja seperti contoh dalam pembuatan laporan-laporan seperti laporan keuangan, kegiatan administratif, entry database, dan lainnya.

Diantara salah satu kebutuhan fitur pengolah data tekstual adalah penggunaan bullet list. Bullet list biasanya digunakan untuk pembuatan suatu daftar. Ketika menggunakan Word yang notabene adalah pengolah data tekstual, fitur ini ada menunya dan penggunaannya sangatlah mudah, bahkan terdapat banyak opsi bullet.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Sedangkan di Excel, bullet list tidak tersedia menunya. Bahkan tampilan layout Excel yang berupa sel-sel tabel terkadang membuat penggunanya agak kebingungan ketika harus dihadapi dengan pengolahan data berupa daftar yang membutuhkan bullet list. Bahkan pada menu Format Cells pun tidak tersedia. Sehingga banyak pengguna yang mengganti bullet list hanya dengan simbol strip ( – ).

Lalu apakah fitur pengolah data tekstual ini tidak tersedia di Excel ??

Tentu fitur bullet list disediakan oleh Excel.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas fitur pengolah data tekstual ini, tentang bagaimana menggunakannya di Excel. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Cara Menggunakan Bullet List Di Excel

Untuk menggunakan fitur bullet list, penggunaanya cukup tersembunyi di Excel. Karena kita harus menggunakan beberapa tombol shortcut. Dan sebenarnya lebih kepada menggunakan simbol-simbol tertentu sebagai bullet guna membuat list. Sehingga tidak seperti Word yang otomatis bullet muncul dengan hanya klik enter saja setelah menggunakan menu bullet list.

Tombol shortcut yang digunakan adalah kombinasi antara tombol ALT dan beberapa angka. Perhatikan gambar berikut ini.

Bullet List Dalam Excel

Diatas adalah kombinasi-kombinasi yang dapat memunculkan simbol-simbol unik yang dapat digunakan sebagai bullet list.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Sebagai contoh penggunaan dari shortcut-shortcut diatas, perhatikan gambar dibawah ini :

Contoh Bullet List Excel

Dari contoh diatas kita membuat 2 pola dalam pemberian bullet list. Yang pertama adalah pemberian bullet list pada tiap sel-nya. Dan yang kedua adalah pemberian beberapa bullet list dalam satu sel.

Untuk pola pertama, yang bullet list pada tiap sel-nya terdapa 1 bullet, berikut langkahnya :

  • Klik sel yang akan diisi bullet list dengan simbol tertentu.
  • Pada contoh diatas kita menggunakan bullet hitam maka tekan ALT + 7 secara bersamaan.
  • Ketik kata/kalimat yang menjadi isi dari daftar.
  • Klik Enter untuk berpindah ke sel selanjutnya.
  • Ulangi langkah-langkah diatas untuk membuat daftar sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya untuk pola yang kedua, dimana dalam 1 sel terdapat beberapa bullet sekaligus, berikut langkah-langkahnya :

  • Klik sel yang akan diisi bullet.
  • Tekan shortcut kode bullet yang ingin digunakan, pada contoh kita menggunakan ALT + 7.
  • Kemudian ketik isi daftar.
  • Selanjutnya tekan ALT + Enter, maka pointer akan berpindah ke bawah akan tetapi tetap dalam 1 sel yang sama.
  • Ulangi langkah-langkah diatas untuk memberikan beberapa bullet dalam 1 sel.

Perhatian : Simbol tersebut hanya dapat digunakan dengan keyboard yang memiliki tombol angka yang terdapat di sebelah kanan, bukan dengan tombol angka yang terdapat dibawah deret fungi F1 sampai F12.

Nah itulah cara penggunaan fitur bullet list pada Excel, meskipun cukup tersembunyi tapi penggunaannya sangatlah mudah bukan ? Silahkan gunakan simbol yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data anda.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.