January 20, 2021 By xclmedia Off

Fungsi String (Teks) Pada Excel

Pada Excel, terdapat bermacam-macam fungsi string / text yang dapat membantu kita mengangani data-data tekstual. Fungsi-fungsi tersebut dapat membantu kita untuk mengubah suatu teks, seperti besar kecilnya huruf suatu teks, kemudian mencari teks tertentu, menghitung panjangnya suatu teks, dan lainnya. Pada artikel ini, kita akan membahas fungsi-fungsi tekstual pada Excel yang sering sekali kita butuhkan dalam pengolahan data tekstual.

 

1. Fungsi LEN

Fungsi LEN adalah mengembalikan jumlah nilai/value dari suatu cell pada excel. Dengan begitu kita dapat menghitung berapa banyak jumlah karakter dari nilai/value yang terdapat dalam suatu cell.

Sintak penulisan dari fungsi LEN adalah sebagai berikut :

LEN(text)

Keterangan :

  • text : adalah nomor cell

Pada contoh berikut adalah penggunaan dari fungsi LEN, dimana spasi juga dihitung 1 :

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Pada contoh berikut, menunjukkan bahwa penggunaan LEN adalah menghitung dari value / nilai dari suatu cell dan mengabaikan format penulisan :

pada cell A1 adalah format penulisan tanggal dengan jumlah karakter yang banyak, tapi LEN hanya mengembalikan nilainya 5 (cell B1). Pada cell A2 adalah nilai/value sebenarnya dari penulisan format tanggal pada cell A1, sehingga LEN hanya mengembalikan jumlah karakter 5.

 

2. Fungsi FIND

Fungsi FIND adalah mengembalikan angka yang merupakan posisi awal suatu karakter dalam suatu teks. Dengan kata sederhana, dengan menggunakan fungsi FIND kita dapat menemukan posisi awal karakter/kata dari suatu teks. Perlu diingat bahwa fungsi FIND adalah case sensitive.

Sintak penulisan fungsi FIND adalah sebagai berikut :

FIND(find_text,within_text,[start_number]

Keterangan :

  • find_text : teks yang ingin kita temukan dari teks lain, diapit dengan tanda petik
  • within_text : cell dimana kita ingin menemukan teks yang kita cari
  • [start_number] : nomor yang merepresentasikan posisi mulai pencarian

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas kita mencari letak huruf “n” pada teks yang terdapat pada cell A1 dengan mulai pencarian pada karakter pertama. Penggunaan FIND dapat dikembangkang dengan dipadukan bersama rumus-rumus lainnya untuk menemukan karakter maupun teks

 

3. Fungsi SEARCH

Fungsi SEARCH adalah mengembalikan angka yang merupakan posisi awal suatu karakter/kata dalam suatu teks. Dengan kata sederhana, dengan fungsi SEARCH, kita dapat menelusuri posisi awal suatu karakter/teks dari suatu teks. Fungsi SEARCH ini tidaklah case-sensitive seperti fungsi FIND.

Sintak penulisan fungsi SEARCH :

SEARCH(find_text,within_text,[start_num])

Keterangan :

  • find_text : teks yang ingin kita temukan dari teks lain, diapit dengan tanda petik
  • within_text : cell dimana kita ingin menemukan teks yang kita cari
  • [start_number] : nomor yang merepresentasikan posisi mulai pencarian

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas kita mencari huruf P besar dan rumus tidak memunculkan pesan error karena fungsi ini tidak case-sensitive seperti fungsi FIND.

 

4. Fungsi LEFT

Fungsi LEFT adalah mengembalikan karakter secara berurutan dari suatu teks yang dimulai dari sisi kiri (awal). Sederhananya, dengan fungsi LEFT, kita dapat mengekstrak karakter atau teks dari suatu teks pada excel yang dimulai dari sisi kirinya.

 

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Sintak penulisan fungsi LEFT :

LEFT(text,num_chars)

Keterangan :

  • text : adalah cell suatu teks
  • num_chars : adalah sampai urutan karakter ke berapa yang ingin kita ekstrak

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas teks yang diambil dimulai dari sisi kiri dan berhenti pada karakter nomor 5, sehingga hasil yang didapat adalah Conto. Fungsi ini dapat dikembangkan dengan memadukan beberapa fungsi lain seperti contoh berikut :

Pada contoh diatas kita memanfaatkan spasi dengan fungsi FIND untuk mengambil teks nama depannya saja dari teks yang terdapat pada kolom A.

 

5. Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT adalah mengembalikan karakter secara berurutan dari suatu teks yang dimulai dari sisi kanan (akhiran). Sederhananya, dengan fungsi RIGHT, kita dapat mengekstrak karakter atau teks dari suatu teks pada excel yang dimulai dari sisi kanannya.

Sintak penulisan fungsi RIGHT :

RIGHT(text,num_chars)

Keterangan :

  • text : adalah cell suatu teks
  • num_chars : adalah sampai urutan karakter ke berapa dari kanan yang ingin kita ekstrak

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas teks yang diambil dimulai dari sisi kanan dan berhenti pada karakter nomor 5 dari sebelah kanan, sehingga hasil yang didapat adalah RIGHT. Fungsi ini dapat dikembangkan dengan memadukan beberapa fungsi lain seperti contoh berikut :

Contoh diatas memadukan fungsi LEN dan FIND untuk mengambil nama belakang dari suatu teks yang berisikan nama (kolom A).

 

6. Fungsi MID

Fungsi MID adalah mengembalikan karakter/teks dari suatu teks menggunakan posisi dan jumlah karakter tertentu. Sederhananya, dengan MID, kita dapat mengekstrak teks tertentu dari suatu teks dengan menentukan karakter awal dan jumlah karakter yang ingin Anda ekstrak.

 

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Sintak penulisan fungsi MID :

MID(text,start_num,num_chars)

Keterangan :

  • text : adalah cell suatu teks
  • start_num : adalah permulaan karakter yang akan diambil
  • num_chars : adalah jumlah karakter yang akan kita ambil

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas kita mengekstrak kata “penggunaan” yang sumbernya adalah cell A1, dengan permulaan karakter yang dimulai adalah nomor 8 dan jumlah karakter yang diambil adala 10.

 

7. Fungsi LOWER

Fungsi LOWER adalah mengembalikan suatu teks dengan mengubah semua huruf menjadi kecil. Dengan kata sederhana, fungsi ini mengubah seluruh teks dari suatu cell yang kita miliki menjadi huruf kecil, akan tetapi angka akan tetap utuh.

Sintak penulisan fungsi LOWER :

LOWER(text)

Keterangan :

  • text : adalah nomor cell

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas, dengan menggunakan fungsi LOWER seluruh teks yang terdapat pada cell A1 dirubah menjadi huruf kecil semua.

 

8. Fungsi PROPER

Fungsi PROPER adalah mengembalikan suatu teks dengan mengubah semua huruf awalan kata dari suatu teks menjadi besar. Dengan kata sederhana, fungsi ini mengubah seluruh karakter awalan teks dari suatu cell yang kita miliki menjadi huruf besar, akan tetapi angka akan tetap utuh.

Sintak penulisan fungsi PROPER :

PROPER(text)

Keterangan :

  • text : adalah nomor cell

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas, dengan menggunakan fungsi Proper seluruh awalan kata yang terdapat pada cell A1 dirubah menjadi huruf besar semua.

 

9. Fungsi UPPER

Fungsi UPPER adalah mengembalikan suatu teks dengan mengubah semua huruf menjadi besar. Dengan kata sederhana, fungsi ini mengubah seluruh teks dari suatu cell yang kita miliki menjadi huruf besar, akan tetapi angka akan tetap utuh.

Sintak penulisan fungsi UPPER :

UPPER(text)

Keterangan :

  • text : adalah nomor cell

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas, dengan menggunakan fungsi UPPER seluruh teks yang terdapat pada cell A1 dirubah menjadi huruf besar semua.

 

10. Fungsi REPT

Fungsi REPT mengembalikan nilai teks beberapa kali. Dengan kata sederhana, dengan fungsi REPT, kita dapat menentukan teks, dan angka untuk mengulang teks itu, sehingga teks akan diulang beberapa kali.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Sintak penulisan fungsi REPT :

REPT(text,number_repeats)

Keterangan :

  • text : adalah nomor cell
  • number_repeats : adalah berapa kali teks ingin diulang

Perhatikan contoh berikut :

Pada contoh diatas kita mengulang kata AD yang terdapat pada cell A1 sebanyak 4 kali.

Semoga bermanfaat.