May 18, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Untuk Menjumlahkan 3 Nilai Terendah Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang utamanya adalah untuk mengolah data numerik. Dimana Excel menyediakan berbagai macam rumus formula untuk membantu pengguna memecahkan permasalahan dengan waktu cepat dan dalam jumlah yang sangat banyak. Sehingga keperluan seperti pembuatan laporan keuangan baik rumit maupun simpel, pembuatan laporan data-data lainnya, dan kebutuhan entry data yang membutuhkan keakuratan dapat dilakukan dengan baik oleh pengguna sesuai kebutuhan dengan menggunakan Excel.

Excel juga termasuk aplikasi pengolah data yang sangat populer di masyarakat. Bahkan Excel juga sudah menjadi salah satu yang masuk pada kurikulum sekolah yang wajib dipelajari. Hal tersebut berguna untuk mempersiapkan para siswa untuk mampu mengolah data secara digital dengan cepat dan akurat, semisal ketika mereka merintis suatu usaha kecil-kecilan, dan butuh membuat suatu laporan keuangan.

Nah, dari sekian banyaknya rumus Excel yang disediakan, tidak semua pengguna dapat menghafalnya. Terlebih lagi ketika terdapat suatu permasalahan dimana Excel tidak menyediakan rumus dasarnya, sehingga kita harus menggunakan kombinasi satu rumus dengan rumus lainnya.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Seperti misal cara menjumlahkan 3 nilai terendah, dari sekumpulan deret angka.

Excel tidak menyediakan rumus dasar untuk memecahkan masalah tersebut, sehingga kita harus mengkombinasikan beberapa rumus untuk melakukannya.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara untuk menjumlahkan 3 nilai terendah dari deret suatu angka.

Simak artikel ini hinggal selesai.

Menjumlahkan 3 Nilai Terendah Dalam Excel

Seperti yang kita ketahui, untuk menjumlahkan suatu deret angka atau sekumpulan nilai, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan rumus SUM. Dan apabila pada angka-angka tersebut terdapat kriteria tertentu, dan kita ingin menjumlahkan berdasarkan kriteria, kita dapat menggunakan rumus SUMIF atau SUMIFS.

Meskipun begitu nilai terendah tidak dapat dijadikan sebagai kriteria, sehingga akan sangat sulit melakukannya dengan menggunakan rumus SUMIF atau SUMIFS.

Oleh karena itu kita akan mengkombinasikan rumus SUM dengan rumus lainnya.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Yaitu dengan mengkombinasikannya dengan rumus SMALL. Dimana rumus ini berfungsi untuk mencari nilai terendah dalam suatu array. Dan kita dapat menentukan nilai terendah ke-n sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas kita menggunakan 2 contoh penjumlahan, yaitu menjumlahkan 2 angka terendah dan menjumlahkan 3 angka terendah dari deret angka yang terdapat pada kolom A.

Untuk sintak penulisan dari penjumlahan 2 angka terendah diatas adalah sebagai berikut :

=SUM(SMALL($A$4:$A$9;{1;2}))

Sedangkan untuk sintak dari penjumlahan 3 angka terendah adalah sebagai berikut :

=SUM(SMALL($A$4:$A$9;{1;2;3}))

Dari rumus diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dengan rumus SMALL, kita dapat menentukan berapa nilai terendah yang ingin kita ikut sertakan untuk dijumlahkan dengan rumus SUM di akhir.

Perlu diingat juga bahwa penulisan urut angka terendah harus diapit dengan simbol array { }.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk menjumlahkan 3 angka terendah dalam suatu deret angka yang kita pilih, yaitu dengan menggunakan rumus SUM dan rumus SMALL. Sebenarnya terdapat kombinasi rumus lain yang dapat dilakukan, akan tetapi rumus inilah yang paling mudah dan simpel untuk dilakukan.

Sangat mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.