April 27, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Menghitung Rata-Rata Dengan Mengabaikan Nilai 0 Di Excel

Excel merupakan aplikasi pengolah data numerik yang paling banya digunakan oleh pengguna. Tampilan dan fitur yang sangat banyak disediakan oleh Excel sangatlah membantu pengguna untuk masalah efisiensi pekerjaan dan akurasi penyajian data. Pada Excel terdapat rumus-rumus formula yang sangat banyak untuk membantu para pengguna mengolah data baik numerik maupun teks yang membutuhkan tingkat akurasi tinggi.

Diantara rumus-rumus formula Excel adalah rumus untuk mencari nilai rata-rata suatu range nilai. Pada Excel terdapat beberapa rumus yang dapat kita gunakan untuk mencari nilai rata-rata, yaitu AVERAGE, AVERAGEIF dan AVERAGEIFS. Meskipun begitu terdapat juga kombinasi rumus-rumus formula lain dari Excel yang dapat menghasilkan data nilai rata-rata.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Ketika kita sedang mengolah data numerik dengan Excel, lalu kita butuh untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range nilai, dan pada range tersebut terdapat nilai 0 padahal kita ingin mengabaikan nilai 0 tersebut. Biasanya bagi beberapa pengguna yang kurang memahami rumus matematik di Excel cukup kebingungan ketika menghadapi kasus seperti ini, mencari nilai rata-rata dengan mengabaikan angka 0. Padahal Excel telah memberikan fasilitas rumus yang dapat mengabaikan kriteria nilai tertentu ketika ingin melakukan pencarian nilai rata-rata.

Nah, bagaimana cara melakukannya ? Hal ini sangatlah mudah yaitu dengan menuliskan kriteria yang tidak ingin dimasukkan kedalam perhitungan rata-rata pada penggunaan rumus AVERAGEIF. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut :

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Misal pada contoh gambar berikut ini,

Pada contoh diatas kita menggunakan rumus fungsi AVERAGEIF dengan penulisan sintak sebagai berikut,

=AVERAGEIF(C71:C77;”>0″)

Dimana pada contoh diatas terdapat 2 data yang bernilai 0, dan dengan menuliskan kriteria >0 maka rumus akan mengabaikan angka 0 tersebut dan menghitung rata-rata yang nilainya diatas angka 0 tersebut.

Apabila kita tidak menuliskan kriteria tersebut maka yang terjadi adalah angka 0 akan dihitung dalam perhitungan nilai rata-rata sehingga nilainya menjadi lebih kecil dari 72,8 yaitu 52. Seperti pada contoh diatas lihat perbedaannya dengan rumus AVERAGE.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Nah, itulah cara untuk menghitung / mencari nilai rata-rata dengan mengabaikan nilai data 0 yang terdapat pada range nilai yang ingin kita cari rata-ratanya di Excel.
Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.