April 17, 2021 By xclmedia Off

Tips & Trik Untuk Copy Rumus Excel Dengan Cepat

Excel adalah aplikasi pengolah data yang mampu menampung data entry dalam jumlah yang sangat besar. Fitur-fitur Excel dirancang agar pengguna dapat menghemat waktu kerja dalam input data, kemudian mengolahnya, hingga penyajiannya. Excel yang memiliki basis fiturnya dengan sekumpulan rumus-rumus dari berbagai macam formula, ketika kita menggunakannya pada data yang memiliki jumlah yang sangat banyak, Excel telah menyiapkan fitur-fitur pembantu untuk efisiensi kita ketika menerapkan rumus-rumus tersebut ke dalam data yang berjumlah banyak.

Bagi pengguna Excel yang kurang mengetahuinya, atau masih pemula, biasanya akan menggunakan copy paste biasa atau bahkan terkadang ada yang menulisnya kembali. Hal tersebut tentunya akan sangat memakan waktu, padaha Excel sendiri dirancang untuk memudahkan dan mempercepat kinerja kita.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tips-tips dari fitur Excel untuk membantu kita menyalin rumus-rumus Excel dengan cepat. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Berikut penjelasan-penjelasannya :

1. Dengan Fitur Drag Down

Fitur ini termasuk sangatlah umum diantara pengguna Excel, dimana kita cukup menarik sel yang terdapat rumus kebawah. Untuk langkah-langkahnya sangatlah sederhana, perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pertama buat suatu rumus dalam sel.
  • Kemudian arahkan kursor ke pojok kanan bawah dari sel tersebut. Perhatikan gambar :
  • Klik dan tarik ke arah sel-sel yang kita inginkan untuk disalin padanya rumus tadi.

Sederhana sekali buka ? Meskipun begitu fitur ini memiliki kelemahan dimana jika kita ingin menyalin suatu rumus ke sel yang berjumlah banyak misal hingga ribuan, tentu cara ini akan memakan waktu akhirnya.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

2. Dengan Fitur Tombol (CTRL + Enter)

Untuk selanjutnya adalah dengan fitur tombol CTRL + Enter. Biasanya ketika akan menerapkan rumus pada suatu kelompo baris atau kolom sel, kita menuliskan rumusnya terlebih dahulu pada sel yang akan menjadi awalan, lalu meng-copy paste rumus tersebut ke sel sel lainnya.

Dengan fitur yang akan kita paparkan ini, yaitu dengan tombol CTRL + Enter, kita cukup dengan menuliskan rumus dan dengan menekan tombol tadi otomatis rumus akan diterapkan ke semua set sel yang inginkan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama blok terlebih dahulu set sel yang akan kita masukkan rumus padanya.
  • Kemudian ketikkan rumus yang akan kita terapkan, jika sudah selesai jangan kita klik Enter.
  • Klik CTRL + Enter maka otomatis rumus akan diterapkan pada set sel yang kita blok tadi.

Mudah sekali bukan ? Dan dengan fitur ini sangat membantu efisiensi kinerja kita dalam mengolah data di Excel.

**

Nah, itulah tips dan trik agar ketika kita menyalin rumus Excel dapat kita lakukan dengan cepat. Mudah bukan ? Selain itu ketika kita menyalin rumus-rumus tersebut, dan kita ingin agar sel referensi yang terdapat pada rumus tersebut tidak berpindah-pindah ketika kita menyalinnya, kita dapat menggunakan fitur Excel lainnya yaitu Absolut Reference. Silahkan simak pada artikel berikut : Absolut Reference.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.

 

Sebagai sebuah tools, excel dirancang untuk mempercepat kerja kita dalam memasukkan data, mengolahnya dan kemudian menyajikannya. Beberapa cara di excel dapat membuat kita benar-benar menghemat waktu. Salah satu yang mendasar adalah soal copy rumus. Lalu, bagaimana cara copy rumus di excel dengan cepat? simak uraian dan beberapa triknya berikut ini.

Sebagian orang yang belum terlalu mengenal excel umumnya akan melakukan copy rumus di excel dengan cara copy paste biasa atau bahkan menuliskannya satu per satu. Tentu ini akan makan banyak waktu, apalagi jika data yang dikerjakan jumlahnya ribuan.

Sebenarnya ada beberapa trik sederhana yang biasa dilakukan untuk mempermudah copy rumus di excel agar lebih cepat dan menghindari kesalahan ketik. Trik sederhana itu diantaranya adalah: