April 28, 2021 By xclmedia Off

Tips Cara Mudah Mengubah Format Tanggal Di Excel

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sangat banyak penggunanya. Hal tersebut dikarenakan segudang fitur-fitur yang disajikan oleh Excel dengan layout tampilan yang fleksibel sehingga mampu menampung data yang sangat banyak, membuatnya menjadi salah satu aplikasi pengolah data pilihan.

Excel utamanya adalah pengolah data numerik, meskipun begitu tetap terdapat fitur-fitur yang menunjang pengolahan jenis data lainnya. Oleh karena itu Excel sering digunakan untuk pembuatan laporan seperti laporan keuangan, entry data untuk suatu database, atau kegiatan administratif lainnya.

Ketika sedang mengolah data di Excel, dan kita butuh untuk mengolah data tanggal padanya, terkadang tanggal yang kita input hasilnya yang ditampilkan di lembar kerja Excel tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Hal tersebut dikarenakan format default penanggalan Excel berbeda dengan format yang sering digunakan di Indonesia.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Untuk beberapa pengguna pemula Excel tentunya hal tersebut cukup menjengkelkan. Meskipun begitu Excel juga telah menyiapkan fitur-fitur yang sangat mudah untuk digunakan dan dipahami dalam perubahan format tanggal tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas cara-cara untuk menggunakan fitur pengubahan format tanggal tersebut yang telah disediakan oleh Excel untuk membantu kemudahan kita dalam mengolah data.

Mari simak artikel ini hingga selesai.

Mengubah Format Tanggal Dengan Mudah Di Excel

Excel telah menyediakan beberapa cara untuk melakukan pengubahan format tanggal padanya, dan cara-cara tersebut terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Terdapat 3 cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah format tanggal di Excel, yaitu dengan menggunakan rumus Text, kemudian dengan menggunakan menu format Date, lalu yang terakhir dengan menggunakan menu Custom Format.

Masing-masing cara memiliki langkah-langkah yang berbeda-beda tapi tetap dapat menghasilkan hasil yang sama. Hal ini agar memberikan opsi kepada pengguna untuk menggunakan cara mana saja yang nyaman untuk digunakan.

Untuk lebih jelas terkait langkah-langkah setiap cara tersebut, simak penjelasan-penjelasan berikut :

 

1. Mengubah Format Tanggal Dengan Rumus Text

Yang pertama adalah dengan menggunakan rumus Text. Cara ini sangatlah mudah digunakan dan sering sekali digunakan oleh pengguna mahir Excel apabila data tanggal telah tersedia dan kita mengambil referensi dari data tanggal yang telah ada tersebut. Dimana kita hanya perlu menulis sintak rumus yang singkat dan klik enter, maka format tanggal sudah sesuai dengan yang kita inginkan.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Penulisan sintaknya adalah sebagai berikut :

=TEXT(value;format_text)

Penjelasan :

  • value : adalah isi dari tanggal yang ingin kita rubah formatnya, dapat berisikan sel referensi.
  • format_textadalah format dari tanggal yang ingin kita gunakan.

Untuk contoh penggunaan format tanggalnya, perhatikan gambar berikut :

Dapat diperhatikan diatas bahwa format utamanya adalah menggunakan serangkaian huruf “d-m-y” dengan masing-masing huruf dapat berjumlah antara 1 sampai 4 dan akan memunculkan hasil tampilan format tanggal yang berbeda-beda. Dalam format serangkaian huruf “d-m-y” tidak terdapat urutan yang harus dipatuhi, sehingga urutan huruf-huruf tersebut dapat dirubah-rubah sesuai dengan kebutuhan.

Huruf ( d ) berartikan day atau harilalu huruf ( m ) berartikan month atau bulan, dan huruf ( y ) berartikan year atau tahun.

Fleksibilitas inilah yang membuat cara ini paling sering digunakan.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Mengubah Format Tanggal Dengan Menu Format Date

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan menu format Date yang terdapat pada menu Format Cells. Menu Format Cells ini dapat diakses dengan 2 cara, yaitu melalui menu klik kanan atau melalui grup fitur Number yang terdapat pada tab Home.

Menu klik kanan :

Menu dari grup fitur Number pada tab Home :

Untuk langkah-langkah pengubahan format tanggal dengan cara ini adalah sebagai berikut :

  • Pertama blok area sel yang terdapat tanggal yang ingin diubah formatnya, kemudian buka menu Format Cells dengan salah satu cara yang telah disebutkan.
  • Lalu pada tab Number, pada bagian Category pilih opsi Date.
  • Pada sisi kanan pada kolom Type terdapat opsi-opsi format penanggalan.
  • Pilih salah satu yang sesuai dengan yang ingin digunakan, lalu klik Ok.

 

3. Mengubah Format Tanggal Dengan Menu Custom Format

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan menu Custom Format yang juga terdapat pada menu Format Cells yang dapat kita akses melalui 2 cara yang telah disebutkan tadi. Bedanya dengan menu Date, pada menu Custom Format kita menuliskan sendiri format penulisan tanggal yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pilih area sel yang berisi tanggal yang ingin diubah, lalu buka menu Format Cells.
  • Pada tab Number, dalam kotak Category pilih opsi Custom.
  • Pada kotak sisi sebelah kanan pada bagian Type, tuliskan format penanggalan yang kita inginkan.
  • Untuk format penulisannya sama dengan format pada cara pertama yang menggunakan rumus Text, dimana komponen utamanya adalah menggunakan huruf “d-m-y”
  • Selanjutnya klik Ok.

Nah, itulah 3 langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk mengubah format tanggal sesuai dengan kebutuhan kita. Sangat mudah untuk dipahami dan dilakukan bukan ? Silahkan pilih cara yang paling nyaman untuk digunakan dalam pengubahan format tanggal di Excel.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.