April 27, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Mengatur Posisi Teks Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang utamanya adalah data-data numerik. Excel dengan layout berupa sel-sel tabel dilengkapi dengan berbagai macam rumus-rumus formula yang berguna untuk membantu para penggunanya dalam mengkalkulasi suatu data dan menyajikannya dengan cepat dan akurat.

Excel selain sebagai pengolah data numerik juga dapat digunakan sebagai pengolah data tekstual, dengan layout tampilan yang fleksibel, Excel juga melengkapi fitur-fitur fungsi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna dalam mengolah data-data tekstual.

Diantara fitur-fitur fungsi tersebut adalah fitur untuk mengatur posisi data teks pada Excel. Dimana memahami fungsi ini termasuk suatu kewajiban bagi pengguna Excel karena ini adalah salah satu pemahaman mendasar dalam pengelolaan data di Excel.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Pengaturan posisi teks di Excel biasanya digunakan pada judul tabel atau judul suatu laporan atau yang lainnya sesuai dengan kebutuhan dari pengguna tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengaturan posisi teks dengan fitur yang disediakan oleh Excel, yaitu dengan fitur menu Alignment yang terdapat pada tab Home.

Mengatur Posisi Teks Dengan Menu Alignment

Pada fitur menu Alignment ini terbilang lengkap dan sangatlah mudah untuk digunakan dalam mengatur posisi teks pada lembar kerja di Excel. Fitur menu ini terdapat pada tab Home.

Perhatikan pada gambar berikut :

Dari gambar diatas dapat dilihat terdapat beberapa fitur yang masuk dalam grup fitur Alignment. Untuk penjelasan masing-masing dari fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah perataan teks. Pada fitur ini terdapat 6 model perataan yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu perataan secara vertikal dan horizontal. Perataan vertikal berdasarkan posisi teks secara garis tegak dalam suatu sel, dan perataan horizontal berdasarkan posisi teks secara garis mendatar pada sel. Berikut adalah menu-menunya :
  • Kemudian selanjutnya adalah orientasi penulisan, digambarkan dengan tulisan ab yang miring keatas. Fitur ini berguna untuk mengatur orientasi arah dari teks yang kita tulis pada suatu sel.

    Terdapat beberapa macam orientasi yang dapat kita pilih seperti pada gambar diatas.
general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Kemudian ada fitur indent. Fitur ini berguna untuk mengatur jarak antara teks dengan batas sisi di dalam sel tempat teks tersebut berada. Terdapat 2 opsi yaitu menambah atau mengurangi indent.
  • Kemudian selanjutnya adalah fitur Wrap Text. Fitur ini berguna untuk merapatkan teks agar muncul terlihat dalam 1 sel tempat penulisannya saja. Sehingga biasanya apabila teks melebihi batas besarnya dari sel, maka dengan fitur ini otomatis sel akan diperbesar agar seluruh teks masuk dalam sel dan tidak seperti offside. Fitur ini digambarkan dengan tulisan Wrap Text.
  • Yang terakhir adalah fitur Merge & Center yang digambarkan dengan tulisan Merge & Center. Fitur ini berguna untuk menyatukan beberapa sel sekaligus dan menjadikan teks yang terdapat padanya rata tengah.

Untuk penggunaannyapun juga sangatlah mudah, tinggal pilih sel yang ingin diatur, lalu pilih fitur dari menu Alignment yang ingin diterapkan pada sel tersebut. Silahkan dicoba-coba fiturnya.

Nah, itulah cara mudah mengatur posisi teks pada Excel dengan menu Alignment. Sebenarnya terdapat cara lain yang dapat dilakukan yaitu melalui menu Format Cells. Akan tetapi cara tersebut terbilang cukup memakan waktu, sehingga banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan menu Alignment ini.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Mudah untuk dipahami bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.