April 20, 2021 By xclmedia Off

Tips Agar Copy Paste Tabel Excel Hasilnya Rapi

Excel adalah aplikasi pengolah data yang memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di penjuru dunia. Hal tersebut dikarenakan Excel memiliki fitur-fitur yang sangat membantu para penggunanya pada segi efisiensi dan akurasi data. Meskipun begitu masih banyak orang yang kurang memahami fitur-fitur dasar dari Excel yang dapat menyebabkan para pengguna pemula terutama, menjadi merasa kesal.

Contohnya pada Excel ketika kita menyalin suatu tabel ke sel lainnya, atau ke dalam worksheet lain, lalu tabel hasil salinan kita tadi menjadi berantakan bentuknya. Hal tersebut membuat banyak para pengguna Excel pemula cukup kebingungan ketika menghadapinya. Padahal Excel sendiri sudah menyediakan fitur yang sangat mudah digunakan agar tabel disalin tidak berantakan ketika diletakkan pada sel dalam worksheet yang sama atau worksheet lainnya.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Nah pada artikel ini kita akan membahas fitur Excel tersebut, yang akan merapikan tabel yang kita salin. Oleh karena itu mari simak pembahasan berikut :

1. Merapikan Hasil Copy Paste Tabel Dengan Menu Paste

Fitur pertama adalah dengan menggunakan menu Paste, untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pertama blok dan copy tabel yang ingin disalin.
  • Kemudian pilih sel tempat tujuan tabel akan disalin
  • Selanjutnya pada tab Home pilih menu Paste.
  • Maka akan muncul menu dropdown, pilih opsi Keep Source Column Width.
  • Maka tabel hasil salinan tadi otomatis akan tersalin dengan rapi sama seperti pada tabel aslinya
akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Merapikan Hasil Copy Paste Tabel Dengan Paste Option

Fitur selanjutnya adalah dengan Paste Option, dimana langkah yang dilakukan hampir mirip dengan fitur yang pertama. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut :

  • Pertama blok dan copy tabel yang ingin disalin.
  • Kemudian pilih sel tempat tujuan tabel akan disalin
  • Lalu paste pada sel tempat tujuan tersebut dengan CTRL + V.
  • Biarkan data tabel yang disalin berantakan, lalu perhatikan simbol Paste Option dari tabel yag baru saja kita salin tadi, pada sisi pojok kanan bawah, klik simbol Tersebut.
  • Maka akan muncul beberapa opsi, pilih opsi Keep Source Column Width.
  • Maka otomatis tabel yang baru saja disalin dan berantakan tadi, akan menjadi rapih.
aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Nah itulah fitur yang dapat kita gunakan agar salinan tabel Excel kita tidak berantakan memiliki lebar kolom, baris dan format yang sama tabel yang kita salin. Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.