April 28, 2021 By xclmedia Off

Cara Memberikan Komentar Pada Sel Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang dapat menampung data yang sangat banyak. Layout Excel yang berbentuk sel-sel tabel, ditambah dengan dalam 1 workbook Excel mampu menampung banyak lembar kerja, menjadikannya aplikasi pengolah data numerik pilihan, seperti untuk membuat laporan keuangan contohnya.

Dalam pengolahan data di Excel, terlebih lagi dengan jumlah data yang banyak, biasanya kita sebagai pengguna sering membutuhkan catatan-catatan tertentu untuk menjelaskan suatu konteks data. Terlebih lagi jika data yang kita olah di Excel terseubt harus disajikan kepada orang lain atau menjadi konsumsi orang lain juga seperti data laporan dalam suatu perusahaan.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Untuk mengatasi hal tersebut, Excel telah memberikan fitur yang sangat membantu dalam memberikan catatan khusus untuk memberikan penjelasan pada konteks suatu data. Fitur tersebut adalah box komentar yang dapat kita tulis isinya sesuai kebutuhan, bahkan box komentar tersebut pun juga dapat dicetak bersamaan dengan lembar kerja tempat komentar tersebut berada.

Sangat membantu bukan ?

Pada artikel ini kita akan membahas hal-hal yang berkenaan dengan fitur Excel yang satu ini yaitu fitur komentar. Mari simak artikel ini hinggal selesai.

 

Cara Menyisipkan Komentar Pada Sel Excel

Pembahasan pertama adalah cara untuk menyisipkan komentar pada sel di lembar kerja Excel. Langkah penyisipannya terbilang sangatlah mudah, dan terdapat 2 cara untuk melakukannya.

  1. Cara pertama adalah melalui tab Review lalu pilih menu New Comment. Maka akan langsung muncul box komentar yang dapat kita edit isinya. Perlu diingat sebelumnya pilih dulu sel tempat komentar akan disematkan.
  2. Cara kedua adalah dengan mengklik kanan sel yang akan disisipi box komentar. Dengan klik kanan maka akan muncul menu lalu pilih pilihan Insert Comment. Maka otomatis box komentar sudah disisipi pada sel tadi. Tinggal kita edit saja isi komentarnya.

Cara Mengedit Box Komentar

Mengedit box komentar terdapat beberapa komponen, yaitu mengedit konten dari komentar, kemudian memindahkan posisi box komentar, lalu mengubah besar kecilnya box komentar, dan menghapus box komentar.

Perhatikan penjelasan berikut ini :

  1. Untuk mengedit isi dari box komentar sangatlah mudah, cukup klik kanan pada sel yang terdapat komentar, dan pilih opsi Edit Comments.
  2. Box komentar ini juga dapat kita pindah-pindah sesuai dengan kebutuhan, caranya adalah dengan arahkan pointer mouse pada garis batas box komentar hingga berubah menjadi seperti lambang +, klik dan tahan, lalu seret box komentar ke tempat yang diinginkan.
  3. Untuk mengubah ukuran box komentar, perhatikan pada sudut sudut dari garis box komentar, terdapat kotak-kotak kecil padanya. Yang mana apabila kita klik dan tahan, lalu kita tarik ke arah tertentu maka box komentar tersebut akan berubah ukurannya.
  4. Untuk menghapus box komentar tersebut cukup klik kanan sel yang berisikan komentar, lalu pilih opsi Delete Comments.
akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Cara Menampilkan/Menyembunyikan Komentar Di Excel

Secara default ketika kita selesai menyisipkan komentar pada sel Excel, lalu kita berpindah ke sel lainnya, maka komentar tersebut akan disembunyikan. Dan untuk menampilkannya kita harus mengklik sel tempat komentar itu berada dan mengarahkan pointer mouse pada gambar segitiga merah kecil pada pojok atas sebelah kanan dari sel tadi.

Untuk memudahkan, terdapat pengaturan yang dapat kita gunakan untuk selalu memunculkan box komentar tersebut ataukah tetap dengan pengaturan default yang mana akan disembunyikan apabila berpindah sel.

Perhatikan penjelasan ini :

  1. Caranya adalah dengan klik kanan sel yang terdapat komentar padanya, lalu pada menu yang muncul pilih opsi Show/Hide Comments. Maka otomatis komentar pada sel tersebut akan ditampilkan terus meskipun kita berpindah ke sel lainnya.
  2. Untuk mengembalikan ke pengaturan default, cukup klik kanan dan pilih opsi Hide Comments, maka box komentar akan disembunyikan apabila kita berpindah ke sel lainnya.

 

Cara Mencetak Komentar Bersamaan Dengan Lembar Kerja Excel

Terdakang kita juga butuh untuk mencetak box komentar ini bersamaan dengan lembar kerja Excel yang kita cetak. Untuk melakukannya sangatlah mudah.

Perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pertama pastikan komentar tidak disembunyikan, gunakan cara untuk menampilkan box komentar pada pembahasan sebelumnya.
  • Lalu buka Tab Page Layout, di grup Page Setup klik tanda panah kecil di pojok sebelah kanan bawah.
  • Maka akan muncul dialog box Page Setup, dan buka tab Sheet.
  • Perhatikan pada kolom kotak Comments, dimana terdapat 3 pilihan pada menu dropdownnya.
    (None) : tidak akan menampilkan box komentar ketika lembar kerja dicetak.
    At end of sheet : akan mencetak box komentar pada kertas sendiri.
    As displayed on sheet : akan mencetak box komentar sebagaimana ditampilkan pada lembar kerja.
general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan fitur komentar di Excel. Fitur ini termasuk salah satu fitur dasar yang terbilang haruslah dipahami terutama bagi mereka yang lingkup kerjanya adalah Excel. Sangat mudah dipahami dan digunakan bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.