February 2, 2021 By xclmedia Off

TRIK – TRIK PENGGUNAAN MOUSE PADA EXCEL

Bukan hanya pada Excel saja, akan tetapi penggunaan mouse hampir pada tiap-tiap aplikasi memiliki fitur-fitur tambahan dalam pengoperasiannya. Penambahan fitur pada penggunaan mouse biasanya berguna untuk efisiensi dalam mengolah data. Begitupun pada Excel, fitur-fitur yang terdapat pada penggunaan mouse dapat mempersingkat kebutuhan waktu ketika menggarap data dalam jumlah banyak seperti laporan keuangan ketika kita ingin menerapkan fungsi atau fitur lain yang biasanya menggunakan seperti tombol shortcut atau lainnya.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa fitur yang terdapat pada penggunaan mouse di Excel. Apa saja fitur-fitur tersebut, mari simak artikel ini sampai akhir.

 

1. Format Painter

Format Painter pada Excel berguna untuk menerapkan pemformatan pada sel tertentu dengan menyalin format dari sel yang lainnya. Selain dengan Format Painter hal ini dapat juga dilakukan menggunakan fitur Paste Special setelah menyalin suatu sel lain. Akan tetapi ketika kita ingin menerapkannya pada banyak tempat, maka dengan Paste Special akan membutuhkan waktu lebih, oleh karena itu dengan fitur Format Painter dapat mempersingkat waktu penyalinan format.

Berikut langkah-langkah melakukannya :

  • Pilih sel atau cakupan sel tempat kita ingin menyalin format selnya.
  • Pergi ke Tab HomeClipboard.
  • Sekarang, klik dua kali pada tombol “Format Painter“. Karena jika hanya satu kali maka akan menyalinnya satu kali saja.

GAMBAR

  • Segera setelah kita melakukan ini, kursor kita akan diubah menjadi kuas.
  • Sekarang, kita bisa menerapkan pemformatan yang tadi kita salin di mana saja di lembar kerja kita, di lembar kerja lain atau bahkan di buku kerja lain.
Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

2. Rename Sheet

Dalam memperbarui nama suatu Sheet di Excel biasanya dilakukan dengan klik kanan pada nama sheet kemudian pilih rename. Ada satu pintasan yang lebih cepat dalam menerapkan pengubahan nama pada suatu sheet, yaitu dengan mengklik kiri dua kali pada nama sheet tersebut yang ingin kita ubah namanya.

Hal ini juga lebih efisien daripada kita menggunakan tombol pintasan dari keyboard, dimana untuk mengaktifkannya kita harus membuka sheet yang ingin kita ganti namanya terlebih dahulu.

Berbeda dengan menggunakan klik dua kali dengan mouse, kita tidak perlu mengkatifkan sheet yang ingin kita ubah namanya, cukup kita klik dua kali pada namanya maka akan otomatis langsung dapat kita ubah namanya.

 

3. Menyembunyikan Ribbon

Jika kita ingin bekerja dengan halaman lembar kerja yang lebih luas dan tidak terganggu dengan banyaknya fitur-fitur ribbon yang ditampilkan, kita bisa melakukannya dengan menyembunyikan ribbon Excel kita.

GAMBAR

Cukup klik dua kali pada tab aktif di ribbon kita maka dengannya akan menutup ribbon pada lembar kerja kita. Dan jika kita ingin mengembalikannya kembali, cukup klik dua kali lagi.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

4. Lebar Kolom/Baris

Setiap kali kita harus menyesuaikan lebar suatu kolom, kita dapat mengklik dua kali di tepi kanan kolom suatu sel.

Dengan melakukan hal tersebut otomatis maka akan mengatur lebar kolom sesuai dengan data yang terdapat pada kolom.

GAMBAR

Metode yang sama dapat kita gunakan untuk menyesuaikan lebar suatu baris secara otomatis.

 

5. Pergi Ke Sel Terakhir

Trik ini dapat sangat berguna jika kita bekerja dengan kumpulan data yang besar. Dengan menggunakan klik ganda pada sel yang kita pilih, kita dapat pergi ke sel terakhir dalam cakupan sel yang terdapat data padanya.

GAMBAR
Kita harus mengklik tepi kanan sel aktif untuk pergi ke data pada ujung sisi kanan, tepi kiri jika kita ingin pergi ke sisi kiri, tepi bawah jika kita ingin pergi ke sisi paling bawah, dan tepi atas jika kita ingin pergi ke sisi data paling atas.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

6. Menu Pada Klik Kanan

Ada menu drop-down dengan klik kanan pada Excel yang hanya diketahui sedikit pengguna, dimana memiliki beberapa fungsi yang berguna ketika kita ingin menyalin sesuatu dari sel.

Untuk menggunakan menu ini, yang perlu kita lakukan adalah memilih sel atau rentang sel, lalu klik kanan dan sambil menahannya, kita tarik untuk dipindahkan, dan setelah itu kita drop sel tadi ke tempat lain. Maka dengan begitu akan muncul menu drop-down yang dapat kita pilih fiturnya.

GAMBAR

Dimana hal ini tidak dapat dilakukan apabila kita mengklik dan menariknya menggunakan klik kiri, yang mana hanya akan menghasilkan pemindahan sel yang tadi dipilih.

 

*

**

Itulah diantara fitur-fitur yang terdapat pada penggunaan mouse di Excel. Fitur-fitur lainnya akan kita bahas pada artikel lainnya. Sampai jumpa kembali di artikel-artikel kami berikutnya.

——————————————————–

Semoga Bermanfaat.