January 31, 2021 By xclmedia Off

TIPS – TIPS PADA FORMULA EXCEL (part 1)

Pada artikel yang lain kita sudah membahas banyak sekali tentang formula-formula atau fungsi yang sangat berguna atau setidaknya harus kita pahami ketika mengolah data di Excel seperti data laporan keuangan atau stok barang atau lainnya. Mulai dari fungsi String, Penanggalan, Logika, Matematika, Informasi, Statistik, Lookup dan lainnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas terkait tips-tips dalam memanfaatkan formula yang telah menjadi fitur dari Excel yang akan sangat berguna bahkan bagi kalangan awam sekalipun. Pada artikel ini kita akan membahas 5 tips dari 10 tips secara keseluruhan. Apa saja tips-tips tersebut, mari kita simak artikel ini sampai selesai.

 

1. Sentence Case

Di Excel, dalam pengaturan besar kecilnya huruf dalam suatu kalimat kita memiliki 3 fungsi, yaitu :

  • UPPER, fungsi yang mengubah seluruh huruf menjadi huruf besar.
  • LOWER, fungsi yang mengubah seluruh huruf menjadi huruf kecil.
  • PROPER, fungsi yang mengubah seluruh awalah kata menjadi huruf besar dan sisanya menjadi huruf kecil.

Dari segala fungsi yang disediakan Excel bagi kita untuk pengolahan data, Excel tidak memberikan fungsi Sentence Case atau settingan untuk huruf-huruf bagi kalimat, dimana huruf besar hanyalah untuk awalan kata yang terdapat di awal kalimat saja sedang sisanya adalah huruf kecil semua.

Untuk mengubah suatu kalimat menjadi settingan seperti itu, cukup kita gunakan rumus formula berikut ini yang menggabungkan beberapa rumus sekaligus :

=UPPER(LEFT(A1,1))&LOWER(RIGHT(A1,LEN(A1)-1))

Rumus formula diatas akan mengubah tulisan kita di Excel menjadi seperti berikut :

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Bilangan Random

Di Excel, ada dua fungsi spesifik yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan bilangan random/acak.

Fungsi pertama adalah menggunakan fungsi RAND yang akan menghasilkan angka acak antara 0 dan 1. Berikut contoh penggunaannya :

Fungsi kedua adalah menggunakan fungsi RANDBETWEEN, yang mana dengan fungsi ini akan menghasilkan angka acak antara cakupan 2 bilangan tertentu yang telah kita tetapkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :

Catatan : Perhatikan bahwa kedua fungsi ini akan selalu mengupdate value mereka setiap ada perubahan di worksheet, sehingga gunakan dengan hati-hati.

Selain itu fungsi RANDBETWEEN dapat juga kita gunakan untuk menghasilkan huruf secara random. Perhatikan pembahasan selanjutnya.

 

3. Huruf Random

Pada pembahasan nomor 2 kita membahas berkaitan dengan fungsi yang menghasilkan bilangan random antara cakupan bilangan tertentu yang telah kita tetapkan. Pada pembahasan ini kita akan membahas bagaimana menghasilkan huruf random dari cakupan huruf tertentu.

Untuk melakukannya kita akan menggabungkan 2 fungsi Excel yaitu RANDBETWEEN dan CHAR. Fungsi dari CHAR adalah mengubah deret bilangan tertentu menjadi huruf, dimana untuk huruf A sampai z terdapat nomor bilangan masing-masing.

Untuk menggunakannya perhatikan sintak berikut yang kita gunakan :

=CHAR(RANDBETWEEN(65,90))

  • Angka 65 sampai 90 kita gunakan untuk menghasilkan huruf kapital.

=CHAR(RANDBETWEEN(97,122))

  • Angka 97 sampai 122 kita gunakan untuk menghasilkan huruf kecil.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

4. Menghitung Jumlah Kata

Di Excel, tidak ada fungsi spesifik yang berguna untuk menghitung jumlah kata dari sel tertentu. Kita dapat menghitung jumlah karakter di suatu sel dengan menggunakan fungsi LEN tapi tidak untuk menghitung jumlah kata.

Disini kita akan menggabungkan fungsi LEN dengan yang lain untuk menghasilkan formula yang dapat berguna untuk menghitung jumlah kata.

Berikut rumus formulanya :

=LEN(B54)-LEN(SUBSTITUTE(B54,” “,””))+1

Formula diatas akan menghitung jumlah dari spasi yang ada kemudian menambahkannya dengan 1.

Perhatikan contoh berikut :

 

5. Mengkalkulasi Umur

Cara termudah untuk mengkalkulasikan umur menggunakan Excel adalah dengan menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini dibuat khusus untuk menghitung jumlah atau kalkulasi perbedaan antara 2 tanggal secara spesifik, mulai dari tahun, bulan, hingga harinya.

Dengan fungsi ini kita dapat mengetahui berapa umur kita. Misal kita ingin mengetahui berapa umur kita per hari ini secara spesifiknya, maka sintak rumus formula yang ditulis adalah seperti ini :

=”Umur Anda Adalah “& DATEDIF(B63,TODAY(),”y”) &” Tahun, “& DATEDIF(B63,TODAY(),”ym”)& ” Bulan & “& DATEDIF(B63,TODAY(),”md”)& ” Hari.”

Dengan begitu hasil yang akan ditampilkan adalah seperti berikut ini :

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

*

**

Itulah 5 tips-tips formula pada Excel. Kita akan bertemu lagi untuk membahas 5 tips-tips lainnya di artikel yang akan datang. Sampai jumpa kembali.

——————————————————————-

Semoga Bermanfaat.