February 4, 2021 By xclmedia Off

TIPS – TIPS ONE TIME SETUP DI EXCEL

Di Excel terdapat banyak sekali fitur-fitur yang dapat kita gunakan untuk mempersingkat waktu dalam pengoperasiannya. Seperti pada artikel ini, kita akan membahas tips-tips yang dapat mempersingkat waktu ketika kita mengoperasikan Excel dengan meng-set-up beberapa fungsi agar ketika kita sering menggunakannya tidak memperlukan waktu lama.

Tips-tips ini bagi seorang akuntan adalah wajib memahaminya karena dengannya akan mempermudah mengolah data laporan keuangan.

Mari simak artikel ini hingga selesai.

 

1. Lokasi Penyimpanan Default

Excel memiliki lokasi penyimpanan default yang biasanya berada di disk penyimpanan C. Bagi seorang akuntan yang biasanya dalam sehari dapat membuat lebih dari 5 file Excel harus berulang-ulang set tempat penyimpanan ketika menyimpan file baru.

Hal ini dapat diatasi dengan mengubah lokasi penyimpanan default Excel ke folder kerja kita.

Berikut langkah-angkah pengubahan lokasi penyimpanan default pada Excel :

  • Pertama, buka tab File dan buka pilih Options.

GAMBAR

  • Pada Excel Options, masuk ke kategori “Save“.
  • Pada sisi kanan terdapat bilah masukan tempat kita dapat mengubah lokasi file lokal default yaitu pada “Default local file location”

GAMBAR

  • Dari bilah masukan tersebut, ubah alamat lokasi dan pada akhirnya, klik OK.

Mulai sekarang, saat kita membuka kotak dialog “Save As“, Excel akan menunjukkan lokasi yang telah kita tentukan tadi secara default.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

2. Men-Disable Pop-up Screen Di Awal

Sering kali ketika kita membuka Microsoft Excel (atau aplikasi Office lainnya) dan kita melihat layar pop-up ketika aplikasi mulai. Hal ini terkadang cukup menyebalkan bagi beberapa pengguna.

Solusi dari permasalahan ini adalah kita dapat men-disable layar pop-up tersebut dari fungsi options pada Excel.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan layar pop-up tersebut :

  • Pertama, buka tab File dan buka Options.

GAMBAR

  • Di Excel Options, masuk ke kategori “General”.
  • Scroll kebawah dan telusuri ke opsi “Start-Up” dan hapus centang “Show the Start screen when this application starts“.

GAMBAR

  • Terakhir, klik OK.

Mulai sekarang dan seterusnya, setiap kali kita memulai Excel, maka secara langsung akan membuka buku kerja tanpa menampilkan layar pop-up seperti sebelumnya.

 

3. Tab Developer

Sebelum kita mulai menulis kode VBA di Excel, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengaktifkan “Tab Developer“. Saat kita pertama kali menginstall Microsoft Excel, Tab Developer secara default tidak ditampilkan karena hanya kalangan tertentu yang menggunakannya. Sehingga kita perlu mengaktifkannya dari pengaturan.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, pergi ke tab File dan klik pada kategori “Customize Ribbon“.
  • Lalu pada sisi sebelah kanan, centang tanda Developer dan klik OK.

GAMBAR

Sekarang setiap kali kita kembali ke jendela Excel, kita akan memiliki tab pengembang di ribbon.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

4. Opsi AutoCorrect

Jika kita melakukan banyak entri data di Excel, maka opsi ini dapat sangat membantu kita dalam penginputan data. Dengan opsi Autocorrect, kita dapat memberi tahu Excel untuk mengubah string teks menjadi string teks lain saat kita mengetiknya.

Misalkan kita sering menginput suatu kata dengan menyingkatnya seperti “yang” menjadi “yg”, maka kita dapat menggunakan fungsi Autocorrect ini untuk memberitahukan Excel untuk mengubah kata “yg” menjadi “yang”.

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, pergi ke tab File dan pergi ke Options dan klik pada kategori “Proofing“.

GAMBAR

  • Setelah itu, klik “Autocorect Options” dan ini akan membuka jendela Autocorrect.
  • Pada jendela ini, kita memiliki dua bilah masukan untuk menentukan teks yang akan diganti dan teks yang akan mengganti.

GAMBAR

  • Masukkan kedua nilai tersebut lalu klik OK.

Maka setiap kita memasukkan kata “yg” maka otomatis akan diubah oleh Excel menjadi “yang”.

 

5. Opsi Pin To Taskbar

Ini adalah salah satu set-up yang berguna untuk menghemat waktu dalam jangka panjang. Masalahnya adalah alih-alih membuka menu start untuk membuka Microsoft Excel atau membukanya dari layar desktop, kita dapat membukanya hanya dengan satu klik saja yaitu dengan cara menyematkannya pada taksbar.

GAMBAR

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Dengan cara ini kita dapat membukanya hanya dengan mengklik ikon Excel dari taskbar tanpa perlu repot-repot ke menu start atau ke layar desktop terlebih dahulu.

 

*

**

Itulah diantaranya lima set-up yang dapat kita lakukan untuk menghemat waktu pada Excel. Nantikan tips-tips lainnya di artikel-artikel blog xclmedia selanjutnya. Sampai jumpa kembali.

———————————————————

Semoga Bermanfaat.