February 2, 2021 By xclmedia Off

TIPS – TIPS ADVANCED PADA EXCEL

Di Excel, terdapat fitur-fitur yang akan sangat berguna bagi orang-orang yang kesehariannya adalah bekerja dengan pengolahan data di Excel, seperti akuntan dalam penanganan laporan keuangannya, atau seorang manajer gudang dalam penanganan data stok barangnya, dan lainnya. Disini kita akan membahas tips-tips yang akan sangat membantu kita dalam hal keamanan maupun efisiensi ketika mengolah data di Excel. Mari simak artikel ini sampai akhir.

1. Memproteksi File EXCEL

Menambahkan kata sandi ke file Excel terbilang cukup sederhana, berikut langkah-langkahnya :

  • Saat menyimpan file ketika kita membuka kotak dialog “Save As“, masuk ke opsi General Options.

GAMBAR

  • Tambahkan kata sandi ke “Password To Open” dan klik OK.

GAMBAR

  • Masukkan kembali kata sandi dan klik OK lagi.
  • Terakhir, simpan file tersebut.

Sekarang, setiap kali kita membuka kembali file tersebut, kita akan diminta memasukkan kata sandi untuk membukanya.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

2. Userform

Hanya beberapa pengguna Excel tahu bahwa terdapat fitur formulir entri data default yang bisa kita gunakan di Excel. Akan tetapi lebih banyak yang tidak mengetahuinya. Jadi dengan menggunakan fitur formulir entri ini kita tidak perlu menulis satupun kode untuk membuatnya karena sudah tersedia siap pakai dari Excel.

GAMBAR

Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, pastikan kita memiliki tabel dengan judul tempat kita ingin memasukkan data.
  • Setelah itu pilih salah satu sel dari tabel itu dan gunakan tombol pintas Alt + D + O + O untuk membuka fitur Userform tersebut.

 

3. Tab Kustom

Kita semua biasanya memiliki beberapa opsi fitur favorit dari menu atau beberapa opsi fitur dari menu yang sering kita gunakan. Untuk mengakses semua opsi itu di satu tempat kita dapat membuat tab custom dan menambahkan fitur-fitur tersebut ke tab custom buatan kita.

Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka Tab FileOption Customize Ribbon.

GAMBAR

  • Sekarang klik “New Tab” (opsi ini akan menambahkan tab baru).
  • Setelah itu klik kanan padanya dan beri nama lalu beri nama grup.

GAMBAR

  • Akhirnya, kita perlu menambahkan opsi fitur-fitur ke dalam tab tersebut dan untuk melakukannya pergi ke “Choose Command From“, lalu menambahkannya ke tab satu per satu.

GAMBAR

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

  • Terakhir, klik OK.

Sekarang kita sudah memiliki tab baru di ribbon Excel dengan semua opsi favorit kita atau opsi yang sering kita gunakan.

 

4. Nama Range Sel

Di Excel, kita dapat memberi nama suatu cakupan sel, yang mana fungsi ini sangat berguna dimana ketika kita membutuhkan data dari cakupan sel tersebut kita cukup memanggil namanya saja, tidak perlu untuk berulang-ulang menselect cakupan sel tersebut. Hal ini akan sangat membantu efisiensi kita dalam mengolah data di Excel.

Untuk membuat nama pada cakupan sel, metode termudah adalah dengan memilih cakupan sel tertentu lalu kita menggunakan opsi “Create from selection“.

Untuk langkah-langkah melakukannya perhatikan berikut ini :

  • Pilih kolom / baris yang ingin kita buatkan nama pada cakupan sel tersebut.
  • Klik kanan dan klik “Define name…“.

GAMBAR

  • Pilih opsi untuk menambahkan nama untuk rentang bernama yang tadi kita pilih.

GAMBAR

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Terakhir klik OK.

Dengan begitu kita sudah memberi nama pada cakupan sel yang kita pilih tadi

 

*

**

Itulah beberapa fitur yang dapat memberikan proteksi maupun efisiensi dalam pengolahan data di Excel. Masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang tak kalah bermanfaatnya bagi kita dalam menjalankan pekerjaan di lembar kerja Excel. Kita akan membahasnya pada kesempatan artikel lainnya. Sampai jumpa lagi pada artikel-artikel lainnya.

——————————————————-

Semoga Bermanfaat.