April 14, 2021 By xclmedia Off

Tips Print Judul Tabel Excel Pada Tiap Halaman

Excel sebagai salah satu aplikasi pengolah data, tentunya akan ada saat dimana data hasil olahan tidak hanya untuk ditampilkan saja tapi harus dicetak. Tentunya Excel telah menyiapkan fitur-fitur pengaturan untuk memudahkan pengguna dalam mencetak data sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu masih banyak kalangan pengguna yang kurang begitu mengetahui fitur-fitur untuk membantu mereka mencetak data dari Excel, sehingga banyak yang data hasil cetakannya terkadang berantakan.

Salah satunya adalah mencetak judul dari suatu tabel di Excel, atau mencetak headernya pada setiap halamannya. Dalam artian ketika pengguna membuat suatu tabel di Excel dengan entry yang banyak, kemudian ingin dicetak, tentunya judul dari tabel akan lebih mudah sebagai penjelasan tentang masing-masing kolom data dengan mencetaknya pada setiap halaman. Akan tetapi banyak dari pengguna yang masih belum mengetahui cara untuk mengaturnya, sehingga tidak jarang tabel yang dicetak dengan judul tabel hanyalah ada pada halaman pertama. Tidak sedikit juga pengguna yang mengatur ulang sedemikian rupa dengan memberikan judul tabel pada setiap potongan halamannya.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Hal tersebut sangat tidak efisien untuk kinerja kita dalam mengolah data di Excel. Padahal, terdapat fitur pengaturan yang telah disediakan Excel untuk memudahkan kita dalam mencetak judul tabel tersebut. Sehingga dengan sekali atur saja judul tabel akan tercetak pada setiap halamannya, tanpa kita harus repot-repot membuat ulang judul tabel tersebut.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang langkah-langkah untuk mencetak secarang berulang-ulang judul tabel di Excel pada tiap halamannya. Mari simak langkah-langkah berikut :

  • Pertama buka sheet yang berisikan tabel dengan judul yang ingin dicetak secara berulang.
  • Kemudian buka tab Page Layout, lalu pada bagian Page Setup, pilih Print Titles. Perhatikan gambar dibawah :

  • Selanjutnya akan muncul dialog box, lalu buka tab Sheet.
  • Pada tab tersebut akan ada pengaturan terhadap Print Area dan Print Titles. Perhatikan gambar berikut :

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.
  • Pada bagian pengaturan Print Area adalah pengaturan terhadap bagian dari tabel mana saja yang ingin kita print. Pada contoh diatas kita mencoba untuk print area pada kolom B1576 sampai dengan kolom J1629. Area ini dapat kita ambil dengan mengklik tombol yang ada di sisi kanan dari kotak edit.
  • Pada bagian pengaturan Print Titles adalah pengaturan terpenting disini, yaitu berguna untuk mengatur area mana saja dari tabel yang akan diulang ketika dicetak sebagai judul dari tabel. Pada contoh diatas kita menggunakan contoh judul tabel pada 3 baris yang terdapat di Print Area tadi, yaitu baris 1576 sampai baris 1578. Untuk mendapatkannya cukup klik tombol di sisi kanan dari kotak edit.
  • Selanjutnya cukup kita pastikan kembali halaman yang akan dicetak melalui Print Preview. Dari sini kita dapat memastikan halaman dan judul tabel yang akan kita print.

Pada gambar dibawah adalah contoh print preview untuk tampilan judul tabel yang akan dicetak secara berulang di tiap halamannya. Tampilan dari tabel yang akan dicetak akan seperti dibawah ini :

Diatas adalah tampilan untuk halaman pertama, kemudian pada halaman kedua perhatikan gambar dibawah :

Nah, pada gambar tampilan print preview diatas adalah tampilan yang akan terjadi apabila pengaturan pada Page Setup tadi benar.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

*

**

Nah, itulah tips untuk mencetak / print judul tabel pada tiap halamannya di Excel dengan sekali setting tanpa perlu membuat judulnya berulang-ulang. Mudah bukan ?? Sampai jumpa kembali pada artikel tentang tips dan trik Excel lainnya.

———————————————————————-

Semoga Bermanfaat.