April 7, 2021 By xclmedia Off

Tips Print 2 Tabel Dalam 1 Lembar Di Excel

Dalam Excel secara umum pengaturan default adalah 1 tabel dalam 1 lembar ketika dilakukan pencetakan, sehingga setiap 1 lembarnya ketika mencetak adalah berisikan 1 tabel dan tabel lainnya pada lembar cetak setelahnya. Dalam beberapa kesempatan kita terkadang membutuhkan untuk mencetak 2 tabel Excel sekaligus dalam 1 lembar cetak sehingga kita harus merubah pengaturan default tersebut. Pada artikel ini kita akan membahas pengubahan pengaturan tersebut agar kita dapat mencetak 2 tabel dalam 1 lembar cetak di Excel. Mari simak artikel ini sampai selesai.

Dalam pengaturan print 2 tabel dalam 1 lembar di Excel cukup berbeda dengan pengaturan yang ada di Word. Di Word kita dapat mengubahnya secara langsung dengan mengubah pengaturan one page per sheet menjadi two page per sheet pada pengaturan yang terdapat pada print settings. Pada Excel cukup berbeda pengaturannya meskipun memiliki kemiripan dengan pengaturan yang ada di Word. Yaitu pada intinya adalah pengubahan scaling atau skala dari halaman yang ingin dicetak.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Fitur pengubahan skala halaman di Excel ini untuk mencetak 2 tabel dalam 1 lembar cetak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan mengubah pengaturan Custom Scaling Option pada print settings dan pengaturan Fit To pada page setup.

Berikut adalah langkah-langkah pengaturannya :

 

Pengaturan Custom Scaling Option Pada Print Settings

Untuk mengakses pengaturan ini kita cukup klik menu File > Print atau dapat menggunakan tombol shortcut CTRL + P. Kemudian pada bagian settings kita pilih Custom Scaling Option. Pada pengaturan ini terdapat beberapa pilihan yang dapat kita pilih :

  1. No Scaling, pengaturan yang tidak merubah ukuran tabel sama sekali sehingga apabila tabel bersentuhan dengan margin area print, maka tabel akan terpotong.
  2. Fit Sheet On One Page, pengaturan yang mengubah ukuran tabel dalam 1 sheet agar dapat masuk seluruhnya dalam 1 lembar area print.
  3. Fit All Columns On One Page, pengaturan yang mengubah ukuran kolom tabel dalam 1 sheet agar masuk seluruhnya dalam 1 lembar area print.
  4. Fit All Rows On One Page, pengaturan yang mengubah ukuran baris tabel dalam 1 sheet agar masuk seluruhnya dalam 1 lembar area print.
general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Untuk mencetak 2 tabel dalam 1 lembar cetak kita dapat memilih pilihan 2 atau 3 sehingga seluruh tabel akan masuk pada area print dalam 1 lembar cetak.

 

Pengaturan Fit To Pada Page Setup

Untuk mengakses pengaturan ini kita cukup pergi ke menu Page Layout kemudian kita buka dialog box dari Page Setup.

Selanjutnya pada bagian tab Page pada bagian scaling kita pilih Fit To. Lalu kita isikan pada fit to angka 1 dan pada page(s) wide by dengan angka 1 juga. Dengan begitu otomatis Excel akan mencetak tabel yang ada pada sheet tersebut ke dalam 1 lembar area print dengan ukuran yang telah disesuaikan menjadi lebih kecil. Perhatikan gamber berikut :

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

*

**

Nah itulah cara agar kita dapat mencetak 2 tabel dalam 1 lembar di Excel. Mudah bukan ?? Nah sampai ketemu lagi pada artikel tips-tips Excel lainnya.


Semoga Bermanfaat.