April 12, 2021 By xclmedia Off

Tips Menampilkan Angka 0 Di Awal Saat Menulis Di Excel

Pada Excel, biasanya orang yang kurang terbiasa menggunakan aplikasi pengolah data ini akan kebingungan ketika menulis angka yang diawali dengan angka 0. Biasanya angka tersebut akan hilang ketika ditulis di Excel, misal ketika kita tulis 084553440222 maka angka 0 yang terdapat di depan tersebut akan hilang menjadi 84553440222.

Bagi mereka yang terbiasa bekerja dengan Excel hal ini adalah hal sepele yang dapat ditangani dengan mudah, akan tetapi berbeda dengan orang yang kurang terbiasa menggunakan Excel.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Lalu bagaimana cara agar angka 0 yang ditulis diawal tersebut tidak hilang ? Pada artikel ini kita akan membahas cara-cara yang menjadi fitur dari Excel.

Terdapat 3 cara di Excel agar angka 0 yang ditulis diawal tidak menghilang, yaitu :

 

1. Memberi Tanda Petik Diawal Tulisan.

Cara paling mudah untuk menampilkan angak 0 yang ditulis diawal adalam memberikan tanda petik ( ‘ ) sebelum angka 0. Misal kita menuliskan angka 084553440222 maka dengan menambah tanda petik menjadi ‘084553440222. Dengan begitu angka 0 tersebut akan tidak menghilang.

Hal ini terjadi karena penggunaan tanda petik di awal penulisan akan mengubah format isi sel tersebut menjadi format teks. Sehingga meskipun kita menulis suatu rumus yang diawali dengan tanda sama dengan ( = ) ketika kita awali dengan tanda petik, maka sel akan menampilkan apa adanya dan menganggap rumus tadi sebagai format tekstual.

Perhatikan perbandingan gambar dibawah :

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Mengubah Format Sel Menjadi Teks.

Cara berikutnya adalah kita mengubah format dari sel yang akan diisi angka menjadi format teks. Berbeda dari cara pertama yang mengubah format sel dengan menuliskan tanda petik diawal, kali ini terdapat 2 cara untuk mengubahnya. Perhatikan gambar berikut :

Pada cara diatas kita mengubah format teks dengan menggunakan fitur menu format sel yang telah disediakan pada tab Home.

Kemudian cara kedua seperti diatas adalah dengan mengklik kanan sel yang ingin kita rubah formatnya, kemudian klik format cells, lalu pada dialog box yang muncul kita pilih Text.

 

3. Mengubah Format Sel Dengan Custom Format.

Nah pada cara pertama dan kedua dapat kita lakukan ketika sel belum diisi sama sekali.

Lalu bagaimana dengan sel yang telah kita tuliskan angka padanya dan telah hilang angka 0 nya ?

Apabila yang telah kita tuliskan hanya sedikit saja misalkan satu atau dua tidak bermasalah kita tinggal mengeditnya saja dengan cara pertama atau kedua diatas. Lalu misal data yang telah dituliskan berjumlah banyak, katakanlah puluhan atau ratusan ??

Nah disinilah kita menggunakan cara yang ketiga, yaitu mengeditnya dengan fitur custom format, dimana kita membuat format kita sendiri yang nantinya akan diterapkan pada data yang terlanjut ditulis dalam jumlah banyak tadi. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama blok terlebih dahulu data yang berisikan angka yang ingin kita tambahkan angka 0 tadi.
  2. Kemudian klik kanan, dan pilih format cells.
  3. Selanjutnya pada dialog box yang muncul kita pilih Custom.
  4. Pada bagian edit box Type kita tuliskan “0”#.
  5. Lalu klik Ok.

Maka otomatis seluruh sel yang kita blok tadi akan ditambahkan padanya angka 0 diawal.

Mudah bukan ??

 

*

**

Nah itulah 3 cara untuk menampilkan angka 0 di Excel yang hilang ketika ditulis di awal. Mudah Bukan ? Sampai jumpa kembali pada artikel tips dan trik Excel lainnya.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

————————————————————————————

Semoga Bermanfaat.