April 9, 2021 By xclmedia Off

Tips Membekukan Panel Untuk Mengunci Cel Baris / Kolom Pada Excel

Ketika kita mengolah data dalam jumlah banyak pada Excel, dan kita memiliki header atau judul atau biasanya klasifikasi kolom tabel yang mana ketika kita scroll ke bawah, header tersebut menghilang ke atas karna di scroll.

Nah pada Excel terdapat fitur yang dapat membekukan atau mengunci sel baris / kolom sehingga ketika kita scroll kebawah ataupun scroll ke kanan, baris / kolom yang kita kunci tersebut tidak ikut menghilang ke atas atau ke kiri.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Fitur Excel tersebut adalah Freeze Pane, sesuai namanya fitur ini membekukan panel tertentu yang kita pilih. Untuk menggunakan fitur Excel ini kita cukup pergi ke tab View kemudian klik Freeze Panes, sehingga muncul drop down dengan 3 pilihan. Perhatikan gambar berikut :

Fungsi dari ke 3 fitur Freeze Pane tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Freeze Pane, fitur Excel untuk mengunci sel yang pertama ini akan mengunci sel sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan kata lain fitur ini akan mengunci baris dan/atau kolom yang terdapat pada sebelum sel yang telah kita pilih. Perhatikan contoh penggunaan dibawah.
  2. Freeze Top Row, fitur Excel untuk mengunci sel yang kedua ini akan mengunci seluruh sel pada baris awal saja.
  3. Freeze First Column, fitur Excel untuk mengunci sel yang ketiga ini akan mengunci seluruh sel pada kolom awal saja.
Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Misalkan kita ingin mengunci sel baris 1 dan 2 beserta kolom 1 dan 2, maka arahkan terlebih dahulu atau kita klik sel yang berpotongan pada baris dan kolom ke 3, kemudian kita pilih opsi Freeze Pane. Perhatikan contoh gambar berikut :

Pada gambar diatas kita ingin mengunci seluruh baris dari baris awal hingga baris 14 dan kolom pertama dan kedua yaitu kolom A dan B. Disini maka kita klik baris ke 15 pada kolom C, lalu kita klik fungsi Freeze Pane. Maka hasilnya akan seperti gambar diatas.

Semisal kita ingin mengunci sel hanya pada baris 1 dan 2, maka kita klik sel pada baris ke 3 kolom pertama, baru kemudian kita pilih opsi Freeze Pane.

Untuk mengunci Baris paling atas kita cukup memilih opsi Freeze Top Row, dan untuk mengunci kolom paling awal atau kolom pertama kita cukup memilih opsi Freeze First Column.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

*

**

Itulah cara untuk mengunci sel pada Excel agar memudahkan kita dalam mengolah data yang memiliki jumlah banyak. Sampai jumpa kembali pada artikel tips dan trik Excel lainnya.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.