April 12, 2021 By xclmedia 0

Tips Ketika Meng-Copy Tabel Dari Excel Ke Word

Adakalanya kita menggunakan Excel untuk mengolah data tertentu yang penyajiannya kita menggunakan aplikasi lain, seperti Word. Kita mengolah suatu data laporan berbasis tabel di Excel karena kemudahannya dalam mengolah data tabel, kemudian ketika sudah jadi kita menyajikannya menggunakan Word karena secara garis besar memang diperuntukkan untuk pengolahan tekstual.

Biasanya ketika kita menyalin data hasil olahan di Excel ke Word, ketika data terlalu banyak, sering terjadi hasil salinan yang berantakan karena lembar kerja dari Word lebih kecil dari data tabel yang kita olah di Excel, sehingga terkadang menyebabkan frustasi.

Pada artikel ini kita akan membahas tips-tips yang dapat dilakukan ketika menyalin data hasil olahan di Excel ke Word agar salinan data tersebut tidak berantakan dan terlihat rapih. Mari simak artikel ini sampai selesai.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

1. Menggunakan Fitur Paste Options

Untuk menggunakan fitur ini pada Word, kita cukup klik kanan maka akan muncul menu dimana pada seksi Paste Options terdapat beberapa pilihan. Kita dapat menggunakan salah satu dari pilihan tersebut untuk mengatur kondisi tabel yang kita salin dari Excel.

Berikut penjelasan dari masing-masing pilihan tersebut :

  • Keep Source Formatting, adalah fitur paste yang membuat data yang disalin dari Excel sesuai dengan format yang diatut dari Excel, mulai dari font, warna, dan stylenya, semua akan menggunakan format yang telah di set dari Excel. Jika tabel terlalu besar atau panjang, maka akan terpotong ketika dipaste ke Word menggunakan fitur ini.
  • Use Destination Style, adalah fitur paste pada Word yang menyesuaikan tabel yang disalin dari Excel dengan format default atau format yang telah di set pada Word. Sehingga dengan fitur ini tabel yang disalin tadi akan berubah formatnya menyesuaikan pengaturan dari Word. Yang menguntungkan dari fitur ini adalah ukuran tabel menjadi lebih kecil.
  • Link & Keep Source Formatting, adalah fitur paste yang sama dengan yang awal, akan tetapi dengan fitur Link menjadikan tabel yang telah disalin tersebut dapat kita edit pada Excel dan tabel tadi akan berubah dengan sendirinya menyesuaikan edit yang telah kita lakukan pada Excel.
  • Link & Use Destination Style, adalah fitur paste yang sama dengan fitur sebelumnya, dengan tambahan fitur Link yang menjadikannya dapat kita edit pada Excel, dan tabel yang disalin ke Word tersebut dengan sendirinya ikut berubah sesuai editing yang kita lakukan di Excel.
  • Picture, adalah fitur paste yang mengubah tabel menjadi format gambar. Ini adalah salah satu cara yang sangat mudah agar menghasilkan salinan yang tidak berantakan, akan tetapi data tidak dapat kita edit kedepannya.
  • Keep Text Only, adalah fitur paste yang hanya menyalin isi teksnya saja dan menghilangkan tabelnya.

Dari fitur-fitur Paste Options diatas, kita dapat menggunakan fitur paste Picture dimana hasilnya berupa gambar yang jelas tidak akan berantakan. Meskipun data didalamnya tidak dapat kita rubah-rubah kedepannya.

Apabila ingin merubah data kedepannya, kita dapat menggunakan fitur paste Keep Source Formatting atau Link & Keep Source Formatting. Yang membedakan hanyalah cara mengeditnya saja, dimana pada fitur Link kita dapat mengeditnya melalui Excel dan tabel ikut berubah dengan sendirinya di Word.

 

2. Menggunakan Fitur Paste Special

Kemudian tips selanjutnya adalah dengan menggunakan pengaturan fitur Paste Special. Dengan fitur ini maka tabel yang disalin dari Excel akan dirubah menjadi objek dan memiliki tampilan yang sama di Excel. Tabel ini nantinya juga mudah untuk diedit datanya kedepan dengan cara hanya klik 2x pada area tabel tersebut.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama blok tabel yang ingin disalin di Excel dan copy.
  • Selanjutnya pada Word, pada tab HOME klik Paste sehingga muncul dropdown dan pilih Paste Special.
  • Kemudian akan muncul dialog box, pada pilihan Paste, kita pilih Microsoft Excel Worksheet Object. Dengan begitu tabel akan tersalin dengan format yang sama dari Excel.

Perhatikan Gambar Berikut :

 

3. Menggunakan Fitur AutoFit

Tips selanjutnya ini adalah lanjutan untuk tips yang pertama tadi. Dimana untuk merapihkan tabel yang telah disalin menggunakan fitu AutoFit. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini :

  • Pertama blok tabel yang telah disalin di Word, laluk klik kanan, maka akan muncul menu untuk mengatur tabel tersebut.
  • Selanjutnya pada menu tersebut pilih opsi AutoFit. Yang akan memunculkan 3 opsi lainnya.
  • AutoFit To Contents, akan menyesuaikan ukuran tabel sesuai kontennya,
    AutoFit To Window, akan menyesuaikan ukuran tabel sesuai ukuran kertas dari Word,
    Fixed Column Width, akan mengunci lebar kolom dari tabel.
  • Untuk menyesuaikan tabel yang terpotong setelah kita salin dari Excel, kita pilih opsi AutoFit To Window.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

*

**

Itulah tips-tips yang dapat kita lakukan ketika menyalin data hasil olahan Excel ke Word agar menjadi lebih rapih dan tidak berantakan. Sampai jumpa kembali pada artikel tips dan trik tentang Excel lainnya.

———————————————————————-

Semoga Bermanfaat.