April 13, 2021 By xclmedia Off

Tips Excel Membuat Baris Baru Dalam Satu Sel Yang Sama

Excel berbeda dengan Word yang notabene pengolahan data berbasis tekstual dengan lembar kerja yang mudah sekali digunakan. Excel adalah pengolahan data dengan lembar kerja berbasis tabel yang sangat banyak.

Tidak sedikit pengguna yang jarang menggunakan Excel atau kurang begitu memahami lembar kerja di Excel akan merasa kaku ketika menggunakannya. Bahkan hal simpel seperti pada Word ketika kita ingin masuk ke baris baru tinggal klik Enter, berbeda dengan Excel yang ketika kita klik Enter malah masuk ke baris sel dibawahnya, padahal kita ingin menuliskan sesuatu pada baris baru yang masih dalam 1 sel yang sama.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Fitur ini disebut sebagai line break, yaitu berpindah ke baris berikutnya, sama halnya juga dengan ketika mengolah data di Word.

Pada artikel ini kita akan membahas tips atau cara untuk melakukan line break atau berpindah ke baris berikutnya dalam 1 sel ketika mengolah data dengan Excel.

Fitur ini dapat kita gunakan hanya dengan mengklik ALT + Enter, maka line break sudah terbentuk. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pertama pilih sel yang akan diberi line break padanya.
  • Kemudian ketikkan sesuatu, jika sudah terdapat padanya suatu konteks lanjut ke langkah berikutnya
  • Ketika selesai mengetik, pastikan kursor terdapat pada akhir konteks, dan jangan klik Enter terlebih dahulu, karena akan menutup text editor pada sel.
akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Selanjutnya klik ALT + Enter, maka otomatis kursor tadi akan berpindah ke bawah membuat baris yang baru.
  • Ulangi langkah-langkah diatas untuk membuat line break lainnya.
  • Untuk menghapus line break tersebut secara sekaligus, cukup menggunakan fungsi menu Wrap Text yang terdapat pada tab Home. Maka otomatis line break yang tadi kita buat akan menghilang dan menyatukan seluruh teks yang kita ketik tadi dalam 1 sel.

Nah mudah bukan untuk melakukannya. Berbeda dengan Word yang cukup kitak mengklik Enter, pada Excel kita hanya perlu mengklik ALT + Enter.

Jangan bosan-bosan untuk terus belajar. Sampai jumpa kembali pada artikel tentang tips dan trik Excel lainnya.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

————————————————————————

Semoga bermanfaat.