May 18, 2021 By xclmedia Off

Tips Cara Mudah Menghitung Nilai Rata-Rata Dari 3 Nilai Tertinggi Di Excel

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang sangat powerfull dalam membantu pengguna untuk masalah ketepatan dan kecepatan. Berbagai rumus dan fungsi yang disediakan oleh Excel sangatlah berguna terutama fitur yang menjadikan rumus-rumus tersebut fleksibel dan dapat dipadukan satu sama lain. Selain itu layout dari lembar kerja Excel sangatlah fleksibel dalam penggunaannya, sehingga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam mengolah data numerik.

Excel menjadi salah satu aplikasi utama bagi para pengguna yang memiliki pekerjaan yang berkutat pada entry data seperti seorang admin kantor, akuntan, bahkan untuk pengusaha skala kecil yang mengandalkan laporan keuangan dengan aplikasi Excel.

Diantara kasus pengolahan data numerik di Excel yang akan sering ditemui adalah menghitung suatu rata-rata. Rumus untuk menghitung rata-rata adalah dengan rumus AVERAGE, yang mana dengan rumus tersebut akan menghitung rata-rata dari range suatu data angka yang kita pilih.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Lalu bagaimanakah caranya menghitung nilai rata-rata dari 3 nilai tertinggi yang terdapat pada suatu range nilai acak atau tidak terurut ?

Nah pada artikel ini kita akan membahas rumus Excel yang dikombinasikan dengan rumus AVERAGE untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa nilai tertinggi saja yang terdapat pada suatu range nilai.

Simak artikel ini hingga selesai.

 

Menghitung Nilai Rata-Rata Dari 3 Nilai Tertinggi

Seperti yang telah diketahui, bahwa rumus untuk menghitung nilai rata-rata dalam Excel menggunakan rumus AVERAGE apabila dalam pencarian rata-rata tersebut tanpa kriteria.

Jika pencarian nilai rata-rata menggunakan kriteria tertentu, dapat menggunakan rumus AVERAGEIF atau AVERAGEIFS.

Rumus-rumus tersebut akan menghitung nilai rata-rata dari sekumpulan nilai dari range tertentu yang telah kita pilih. Lalu bagaimanakah caranya semisal kita ingin mencari nilai rata-rata hanya dari 3 nilai tertinggi saja dari range deret nilai yang kita pilih ?

Hal tersebut dapat dilakukan meskipun dari Excel tidak menyediakan rumus dasar yang secara khusus menghitung rata-rata seperti itu, maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita akan menggunakan gabungan rumus-rumus dasar Excel.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Untuk melakukan pencarian rata-rata dengan kasus seperti diatas, rumus yang kita gunakan adalah rumus AVERAGE dan rumus LARGE.

Perhatikan contoh penggunaanya pada gambar berikut :

Dari contoh diatas kita menggunakan 2 contoh pencarian nilai rata-rata, yaitu 2 nilai tertinggi dan 3 nilai tertinggi, dari sejumlah deret angka.

Sintak penulisan pencarian rata-rata dari 2 nilai tertinggi adalah sebagai berikut :

=AVERAGE(LARGE($A$4:$A$9;{1;2}))

Sedangkan untuk pencarian rata-rata dari 3 nilai tertinggi adalah sebagai berikut :

=AVERAGE(LARGE($A$4:$A$9;{1;2;3}))

Penjelasan :

  • Rumus LARGE pada Excel berguna untuk mencari nilai tertinggi ke-n dari deret kumpulan angka.
  • Rumus AVERAGE berguna untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah nilai.
  • Urutan kerja rumusnya adalah rumus mencari 2 atau 3 nilai tertinggi dari deret angkat, kemudian dilakukan pencarian nilai rata-ratanya dari 2 atau 3 nilai tertinggi tersebut.
akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mencari nilai rata-rata dari 3 nilai tertinggi pada suatu range nilai tertentu, yaitu dengan menggabungkan rumus AVERAGE dengan LARGE, mudah bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.