May 18, 2021 By xclmedia Off

Tips Cara Mudah Menghitung Nilai Rata-Rata Dari 3 Nilai Terendah Di Excel

Tips Cara Mudah Menghitung Nilai Rata-Rata Dari 3 Nilai Terendah Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer di masyarakat. Bahkan dalam pendidikan pun, Excel menjadi salah satu bagian dari kurikulum pendidikan yang harus dipelajari. Karena fungsinya sebagai aplikasi pengolah data sangatlah berguna untuk membantu pencatatan dan pengolahan data seperti pembuatan laporan keuangan, pembuatan jadwal, bahkan entry data yang memiliki jumlah data yang sangat banyak sekalipun.

Excel memiliki layout lembar kerja berupa sel-sel yang berjumlah sangat banyak dan fleksibel, yang dapat dirubah ukurannya dan digabung-gabungkan sesuai dengan kebutuhan pengolahan data dari pengguna. Selain itu Excel juga menyediakan fitur berupa formula-formula rumus yang berguna untuk mempersingkat waktu dan meningkatkan akurasi dalam pengolahan data. Hal-hal tersebut lah yang menjadikan Excel adalah aplikasi pengolah data populer.

Meskipun begitu, masih banyak juga kalangan yang kurang begitu familiar dengan Excel. Terutama ketika berhadapan dengan perhitungan yang Excel tidak menyediakan rumus dasar untuk memecahkannya, sehingga butuh pengetahuan untuk mengkombinasikan beberapa rumus untuk menghasilkan hasil sesuai yang diinginkan / dibutuhkan.

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

 

Hal ini biasanya sering terjadi dengan pengguna baru, seperti contoh, kita mengetahui bahwa untuk mencari nilai rata-rata kita dapat menggunakan fungsi AVERAGE, yang mana kita dapat menghasilkan nilai rata-rata dari range deret nilai yang telah kita pilih. Kemudian apabila kita ingin menentukan atau menambahkan kriteria dari nilai yang ingin dicari nilai rata-ratanya dari sekumpulan nilai, kita dapat menggunakan AVERAGIF atau AVERAGEIFS, dengan syarat deret nilai yang dicari memiliki kriteria.

Lalu bagaimana jika deret nilai tersebut tidak memiliki kriteria ? Seperti misalnya kita ingin mencari nilai rata-rata dari 3 nilai terendah dari sekumpulan deret angka, bagaimana mencarinya ?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas rumus apa yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari 3 nilai terendah yang ada pada sekumpulan deret angka.

Mari simak artikel ini hingga selesai.

 

Menghitung Rata – Rata Dari 3 Nilai Terendah

Proses perhitungan untuk permasalahan diatas tidak dapat diselesaikan hanya dengan rumus AVERAGE saja. Bahkan apabila kita menggunakan rumus AVERAGEIF atau AVERAGEIFS tetap akan sangat sulit karena kita harus mencari nilai terendah, kemudian memberikan kriteria padanya, bahkan hal tersebut malah menambah pekerjaan karena batasan nilai terenda dari suatu deret angka tidak dapat ditetapkan secara langsung sebagai kriteria.

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Oleh karenanya kita akan menggabungkan rumus AVERAGE dengan rumus lain yaitu SMALL. Rumus SMALL berguna untuk mencari nilai terendah dari suatu deret angka tertentu yang telah kita pilih ke dalam range.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Dari gambar diatas kita mencari nilai rata-rata dari 2 nilai terendah dan dari 3 nilai terendah dari deret angka yang terdapat pada kolom A.

Sintak penulisan untuk pencarian nilai rata-rata dari 2 nilai terendah adalah sebagai berikut :

=AVERAGE(SMALL($A$4:$A$9;{1;2}))

Sedang sintak untuk pencarian nilai rata-rata dari 3 nilai terendah adalah sebagai berikut :

=AVERAGE(SMALL($A$4:$A$9;{1;2;3}))

Dari rumus diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dengan rumus SMALL kita dapat menentukan berapa nilai terendah yang ikut disertakan yaitu dengan menuliskan urut ke-n.

Perlu diingat juga untuk pengambilan data nilai terendah dari rumus SMALL, gunakan simbol { }, bukan simbol tanda kurung biasa.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mencari nilai rata-rata dari 3 nilai terendah, yaitu dengan menggabungkan rumus AVERAGE dan SMALL. Mudah bukan ??

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.