April 9, 2021 By xclmedia Off

Tips Cara Membuat Angka Acak Yang Tak Berulang Di Excel

Ketika akan membuat angka acak di Excel, terdapat 2 cara untuk melakukannya. Yaitu dengan menggunakan rumus fungsi Excel RAND() dan RANDBETWEEN().

Fungsi RAND() akan membuat angka acak dalam bentuk desimal/pecahan antara angka 0 sampai 1. Sedangkan fungsi RANDBETWEEN() akan membuat angka acak antara 2 angka yang kita inginkan, misal antara angka 1 sampai 10.

Perhatikan penggunaan kedua rumus Excel tersebut pada gambar dibawah :

Diatas adalah contoh penggunaan fungsi Excel RAND().

Jasa Laporan Keuangan : Anda tidak mampu menyediakan Laporan Keuangan atau kesulitan membuat laporan keuangan, kami menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan, laporan keuangan bulanan maupun tahunan. [read more]

Dan diatas adalah contoh penggunaan fungsi Excel RANDBETWEEN().

Dapat dilihat pada fungsi Excel RANDBETWEEN() dimana angka acak adalah antara 1 sampai 10, akan tetapi terdapat angka yang muncul beberapa kali. Sedangkan kita ingin membuat angka acak yang mana angka-angkanya hanya muncul 1 kali saja alias tidak ada yang sama. Lalu bagaimana cara melakukannya ? Apakah ada fungsi Excel lainnya ?? Jawabnya tidak ada fungsi Excel lainnya. Akan tetapi disini kita dapat menggunakan fungsi Excel RAND() untuk melakukannya.

Pertama kita tuliskan pada kolom secara berurutan angka yang ingin diacak, misalkan 1 sampai 10. Angka-angka ini dapat diketik dengan manual, akan tetapi jika angkanya terdapat banyak misal ratusan kita dapat menggunakan fitur pada Fill – Series.

Pertama ketik angka pada salah satu sel sebagai awalan, pada contoh ini misal angka 1.

Kemudian pergi ke tab Home > klik Fill > muncul dropdown lalu klik Series.

Selanjutnya akan muncul dialog box dan kita atur dan isikan seperti berikut ini :

akuntansi excel premier jasaAKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Dari pengaturan diatas hasilnya maka akan seperti ini :

Setelah angka yang ingin diacak tersedia, langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan fungsi RAND() pada kolom sebelahnya dan kita tarik/salin sampai panjang kolom yang terisikan sama dengan panjang kolom yang berisikan angka yang ingin diacak. Sehingga menjadi seperti berikut ini :

Langkah selanjutnya adalah kita mengurutkan angka pecahan hasil dari fungsi RAND() dengan cara blok kolom angka pecahan dan kolom angka yang ingin diacak, INGAT blok kolom harus dimulai dari kolom yang berisikan rumus fungsi RAND(). Kemudian kita gunakan fungsi sort pada tab DATA. Perhatikan gambar berikut ini :

Pertama kita blok dulu kolomnya,

Kemudian sortir menggunakan fungsi sort,

Maka hasilnya akan seperti ini,

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Kemudian tinggal kita hapus kolom yang berisikan fungsi RAND() tadi.

Nah dengan begitu angka 1 sampai 10 tadi sudah teracak dengan sendirinya. Cara ini dapat kita lakukan untuk angka yang jumlahnya sangat banyak.

*

**

Itulah tips atau cara untuk membuat angka acak agar tidak berulang di Excel. Sampai jumpa kembali pada artikel tips dan trik Excel lainnya.

————————————————————————————

Semoga Bermanfaat.