April 7, 2021 By xclmedia Off

Tips Agar Tabel Excel Tidak Terpotong Ketika Diprint

Berbeda dengan Word, Excel yang notabene adalah pengolahan data dengan format layout tabel, memiliki pengaturan default print yang bagi orang awam terlihat cukup membingungkan. Terutama ketika akan nge-print tabel Excel yang sudah dibuat sedemikian rupa, kemudian ketika akan di-print yang terjadi adalah tabel tersebut terpotong dan berpindah pada lembar cetak berikutnya. Hal ini pula yang terkadang membuat beberapa orang yang awam terhadap Excel memilih untuk membuat tabel di Word, padahal secara efisiensi dan kemudahan pengolahan data tabel ada pada Excel.

Pada Excel, hal tersebut dimana tabel terpotong ketika akan di-print dapat terjadi biasanya dikarenakan oleh pengaturan kertas atau pengaturan margin area print yang mana banyak orang awam kurang awas terhadap 2 pengaturan ini. Sehingga 2 pengaturan ini harus dicermati ketika kita akan melakukan print atau pencetakan pada Excel.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada artikel ini kita akan membahas tips-tips agar tabel yang kita buat di Excel tidak terpotong ketika akan di-print. Berikut tips-tips nya :

 

1. Pastikan Pengaturan Ukuran Kertas Yang Kita Gunakan

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah ukuran kertas yang kita gunakan. Untuk mengubah pengaturan ukuran kertas ini cukup mudah, kita hanya perlu pergi ke tab menu Page Layout kemudian klik menu Size yang kemudian akan muncul dropdown dan kita dapat memilih kertas yang ingin kita gunakan sebagai lembar print nantinya. Misal kita memilih kertas A4, maka setelah itu akan muncul pada lembar kerja Excel garis putus-putus yang menandakan margin dari area print kertas A4 tersebut

 

2. Pengaturan Pada Print Area

Kemudian hal lain yang harus kita perhatikan adalah print area pada lembar kerja Excel. Pengaturan print area ini yang nantinya dapat kita tentukan sendiri margin dari tiap sudutnya agar sesuai dengan lembar print kita. Untuk mengubahnya kita cukup pergi ke tab menu Page Layout kemudian pilih menu Print Area sehingga muncul dropdown dan kita pilih Set Print Area. Hal ini dapat juga kita lakukan dengan menekan tombol shortcut ALT + P + R + S.

 

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

3. Pengaturan Skala Ukuran Tabel

Pengaturan selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan mengatur skala ukuran tabel tersebut. Sering kali terkadang tabel terlalu kecil sehingga menyisakan laman kosong atau tabel terlalu besar sehingga terpotong ke lembar berikutnya. Hal ini dapat kita akali dengan mengubah skala ukuran tabel tersebut. Caranya adalah kita masuk ke laman print, kemudian pilih Page Setup sehingga muncul dialog box pengaturan page. Kemudian pada tab Page kita pilih pilihan Adjust To …%. Disitu kita dapat mengubah ukuran skala sesuai dengan yang kita inginkan dengan mengubah persentase skalanya.

 

4. Melihat Pada Print Preview

Kemudian selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan mengecek Print Preview pada laman print. Hal ini dapat kita lakukan dengan pilih menu File > Print atau dengan menekan tombol shortcut CTRL + P, maka akan muncul laman print dimana di sisi kanan kita dapat melihat ukuran tabel kita yang akan di print apakah sudah pas ataukah terpotong. Sehingga kita dapat menyesuaikannya kembali sesuai keinginan kita dengan mengubah pengaturan-pengaturan sebelumnya yang telah dijelaskan.

 

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah tips-tips yang dapat kita perhatikan agar tabel di Excel yang akan kita print tidak terpotong. Sampai jumpa kembali pada artikel-artikel tentang tips-tips Excel lainnya.

——————————————————————–

Semoga Bermanfaat.