January 30, 2021 By xclmedia Off

MEMBUAT BARCODE PADA EXCEL

Banyak orang-orang yang bekerja dengan data penjualan, pelacakan stok barang, purchasing, bahkan data laporan keuangan pada Excel banyak menanyakan, “Bagaimana caranya memberi barcode pada lembar kerja Excel ??”. Pada Excel sendiri tidak ada fitur default dari Microsoft untuk opsi pembuatan barcode. Dan kemungkinan besar kedepannya pun, Microsoft tidak akan memberikan fitur ini secara default ke produk Excel mereka.

Lalu bagaimana caranya membuat barcode pada Excel ?

Jawabnya : adalah dengan kita menginstall font tambahan pada Excel.

Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mulai dari install font hingga penerapan barcode pada Excel. Metode untuk pembuatan barcode ini kita akan menggunakan barcode 39. Untuk lebih lengkapnya mari simak artikel ini hingga selesai.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Apakah itu Code 39

Code 39 dikenal sebagai Code 3 of 9 yang merupakan barcode yang paling banyak digunakan dan dapat dipindai oleh setiap pemindai barcode. Dalam kode ini, setiap karakter memiliki 5 bar dan 4 spasi dengan total 9 karakter. Dari total 9 karakter, 3 karakter selalu lebar. Kode tersebut dapat mengkodekan 26 huruf besar, 10 digit dan 7 karakter khusus.

 

Langkah-langkah Menginstall Font Barcode

Berikut langkah-langkah menginstallnya :

  • Pertama-tama, kita harus mengunduh font barcode gratis ini dari idautomation.
  • Setelah kita mengunduh font ini, selanjutnya kita perlu menginstalnya di sistem. Langkah install seperti pada keumuman program.
  • Setelah selesai langsung dapat kita gunakan di Excel kita.

Font ini adalah versi gratis, sehingga kita dilarang untuk memperjual-belikannya.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Langkah-langkah Menggunakan Font Barcode

Cara penggunaannya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Pilih sel, kemudian kita tuliskan karakter atau huruf yang ingin kita ubah menjadi barcode.
  • Setelah itu, tinggal kita rubah gaya fontnya menggunakan gaya “IDAutomationHC39M Free Version”.

  • Otomatis tulisan tadi akan berubah menjadi barcode.

Gaya Font ini mengubah tulisan kita menjadi barcode 39, dan dapat kita gunakan di aplikasi lain yang menyediakan pergantian gaya font.

 

Kesimpulan

Sekian tentang pembuatan barcode di Excel. Dan, ini adalah salah satu cara termudah untuk membuat kode batang di Excel, dimana kita dapat membuat serta mencetak barcode dari worksheet bahkan kita juga dapat membuat template terpisah untuk ini juga.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Kami harap tips ini dapat membantu Anda melacak stok Anda secara efektif.

Jika ada metode lain selain ini dalam pembuatan barcode pada Excel, beritahu kami.

———————————————————————–

Semoga Bermanfaat.