May 17, 2021 By xclmedia 1

Kuasai Rumus Excel Dasar Ini Apabila Ingin Menjadi Admin Kantor

Ketika ingin melamar pekerjaan di bagian Admin Kantor, sudah menjadi suatu keharusan untuk seorang pelamar memiliki keahlian dalam bidang Excel. Hal tersebut karena pekerjaan seorang admin banyak berkutat pada pengolahan dan entry data.

Excel sendiri adalah aplikasi pengolah data yang memiliki layout lembar kerja berupa sel-sel tabel yang fleksibel dan dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan pengolahan data, terutama pada pengolahan data numerik. Hal inilah yang menjadikan paham terhadap Excel minimalnya dasar-dasarnya sebagai salah satu syarat wajib bagi pelamar pekerjaan Admin Kantor.

Tentu saja kalimat “memahami dasar Excel” terdengar cukup relatif dan kita tidak mengetahui patokan dari dasar tersebut. Sehingga menjadikan pelamar terkadang bingung dasar Excel itu memahami apa saja. Terutama karena pemahaman Excel biasanya berkaitan dengan pemahaman penggunaan rumus, rumus-rumus apa sajakah yang harus dikuasai oleh seorang admin kantor minimalnya ?

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Pada artikel ini kita telah merangkum rumus-rumus yang menjadi dasar pemahaman yang wajib dipahami oleh admin kantor. Sehingga kawan-kawan yang apabila telah memahami rumus-rumus berikut yang kita rangkum ini, kawan-kawan sudah terbilang memahami dasar dari Excel.

Nah, apa saja rumus-rumus tersebut, simak artikel ini hingga selesai.

 

Rumus-Rumus Untuk Memudahkan Tes Masuk Kerja Admin Kantor

Biasanya setiap perusahaan memiliki tes masing-masing yang menentukan apakah pelamar memiliki kriteria yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Dalam tes pemahaman terhadap Excel, biasanya pelamar diberikan tugas untuk mengolah sejumlah data dalam waktu tertentu.

Nah, pada Excel terdapat rumus-rumus yang sangat berguna untuk membantu efisiensi pekerjaan pengolahan data tersebut. Sehingga akan sangat membantu dalam pengerjaan tes masuk kerja tersebut dan akan sangat membantu kedepannya ketika bekerja sebagai Admin Kantor.

Berikut rumus-rumus tersebut :

1. Rumus Penjumlahan – Pengurangan – Perkalian – Pembagian

Rumus pertama yang wajib dikuasai adalah rumus yang berkaitan pada operator perhitungan di Excel, yaitu penjumlahan – pengurangan – perkalian – pembagian.

Operator perhitungan ini wajib dipahami karena apabila ini saja tidak paham maka bagaimana dengan rumus Excel lainnya yang jelas lebih rumit.

Operator perhitungan di Excel adalah menggunakan simbol notasi berikut :

  • + : diginakan untuk proses penjumlahan
  •  : digunakan untuk prosea pengurangan
  • / : digunakan untuk proses pembagian
  • * : digunakan untuk proses perkalian

Seperti rumus lainnya di Excel, penggunaannya harus didahului dengan tanda sama dengan ( = ).

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

2. Rumus SUM

Rumus selanjutnya yang wajib dipahami adalah rumus SUM.

Rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan suatu data pada range tertentu yang kita pilih. Rumus ini juga memiliki 3 bentuk yaitu SUM – SUMIF – SUMIFS, yang memiliki fungsi sama yaitu untuk penjumlahan. Yang membedakan adalah pada SUMIF dan SUMIFS kita dapat menentukan kriteria data untuk dijumlahkan pada range yang telah kita pilih.

 

3. Rumus IF

Selanjutnya adalah rumus IF.

Rumus ini adalah salah satu yang paling penting untuk dikuasai dan akan sangat sering digunakan oleh admin kantor.

Rumus ini adalah rumus yang menguji suatu nilai logika ( jika A maka B ) dan akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.

Nilai TRUE atau FALSE ini dapat kita tentukan konteksnya sesuai dengan kebutuhan kita dalam mengolah data. Dan rumus ini seringkali digabungkan dengan rumus-rumus lain saat melakukan pengolahan data terutama ketika dalam proses pembuatan laporan.

 

4. Rumus VLOOKUP

Yang terakhir adalah rumus VLOOKUP.

Rumus ini berguna untuk mengambil isi dari suatu tabel dengan kriteria tertentu yang sudah kita tetapkan (referensi) lalu menampilkannya pada lokasi rumus tersebut dituliskan.

Rumus ini sangat berguna dan akan sangat sering digunakan apabila kita mengolah data entry yang memiliki keterkaitan antar data satu sama lain seperti stok barang di gudang

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Itulah rumus-rumus yang wajib dipahami sebagai pemahaman dasar Excel untuk mendaftar sebagai Admin Kantor. Apabila menurut pembaca terdapat rumus-rumus lain yang tak kalah pentingnya untuk membantu melewati tes seleksi pemahaman dasar Excel, silahkan tulis di kolom komentar.

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.