May 18, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Untuk Menjumlahkan 3 Nilai Tertinggi Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang mampu memproses formula perhitungan dalam jumlah banyak dan sangat cepat. Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sangat populer di masyarakat, baik dari kalangan muda seperti siswa dan mahasiswa, maupun di kalangan umum terutama karyawan kantor atau wiraswasta.

Hal ini karena fleksibilitas Excel dan fitur utamanya yaitu rumus-rumus yang dapat sangat membantu pekerjaan dari pengguna, seperti contoh dalam pembuatan laporan keuangan, baik dalam tingkat sederhana maupu dalam tingkat yang rumit sekalipun, banyak pengguna yang tetap menggunakan Excel sebagai aplikasi pengolah data numerik pilihan.

Meskipun Excel adalah aplikasi pengolah data populer, karena saking banyaknya rumus yang disediakan Excel dalam memecahkan masalah perhitungan, tetap banyak pengguna yang tidak mengetahui keseluruhan rumus-rumus tersebut.

general ledger excel jasaGENERAL LEDGER EXCEL JASA dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan jasa, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Seperti misal untuk perhitungan penjumlahan kita dapat menggunakan notasi simbol +, atau jika kita ingin menjumlahkan suatu kelompok atau deret angka kita dapat menggunakan rumus fungsi SUM.

Lalu bagaimana jika kita ingin menjumlahkan hanya 3 nilai tertinggi saja dari suatu deret angka yang acak ? Tentu tidak dapat hanya menggunakan rumus SUM saja bukan ?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana menjumlahkan angka dengan kasus seperti diatas tersebut.

Simak artikel ini hingga akhir.

Menjumlahkan 3 Angka Terbesar Di Excel

Seperti yang kita ketahui, penjumlahan sekumpulan angka dapat kita lakukan dengan rumus SUM, dan apabila terdapat kriteria pada masing-masing deret angka tersebut kita dapat menambahkan kriteria untuk penjumlahan dengan menggunakan rumus SUMIF atau SUMIFS.

Akan tetapi hal tersebut akan sangat sulit dilakukan apabila kita ingin mencari 3 nilai tertinggi dan ingin menjumlahkannya, sehingga kita perlu untuk mengkombinasikan beberapa rumus agar hal ini dapat dilakukan.

Yaitu yang pertama adalah mencari 3 nilai tertinggi dari deret angka yang dipilih, lalu menjumlahkannya dengan rumus SUM.

aplikasi penyusutan excelAPLIKASI PENYUSUTAN EXCEL merupakan software aplikasi untuk mengelola dan menghitung penyusutan aktiva tetap dengan metode garis lurus. Sistem bekerja otomatis mengikuti tahun penyusutan dan ketika tahun penyusutan berakhir maka nilai buku aktiva secara otomatis menjadi 0

 

Mungkin terpikirkan untuk mengkombinasikan dengan rumus MAX, akan tetapi hal tersebut tidak dapat dilakukan karena rumus MAX hanya mencari 1 nilai tertinggi saja.

Disini kita akan mengkombinasikan rumus SUM dengan rumus LARGE. Yang mana rumus LARGE berguna untuk mencari nilai tertinggi ke-n dari deret angka yang dipilih, dan dengan rumus ini kita dapat memilih berapa nilai yang ingin dicari, misal 2 angka tertinggi atau 3 angka tertinggi atau lebih.

Untuk lebih lengkapnya perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas kita menjumlahkan 2 angka tertinggi dan 3 angka tertinggi dari deret angka yang terdapat pada kolom A sebagai contoh.

Sintak penulisan dari penjumlahan 2 angka tertinggi diatas adalah sebagai berikut :

=SUM(LARGE($A$4:$A$9;{1;2}))

Sedang sintak untuk penjumlahan 3 angka tertinggi adalah sebagai berikut :

=SUM(LARGE($A$4:$A$9;{1;2;3}))

Dari rumus diatas dapat diketahui bahwa kita dapat menentukan berapa nilai tertinggi yang ingin kita jumlahkan, sesuai dengan kebutuhan kita.

Perlu diingat juga bahwa untuk pencarian nilai tertinggi dari deret angka, haruslah menggunakan simbol array yaitu simbol berikut { }.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk menjumlahkan 3 angka terbesar dari suatu deret angka pada Excel, yaitu dengan mengkombinasikan 2 rumus yaitu rumus SUM dan rumus LARGE. Mudah bukan ?

Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.