April 26, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Menjumlahkan Sebagian Data Dengan Subtotal Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat digemari banyak pengguna. Kumpulan fitur-fitur Excel yang sangat membantu pengguna dalam memudahkan pekerjaan menjadi alasan utama memilih aplikasi Excel untu mengolah data. Meskipun begitu tidak semua pengguna memahami kegunaan dan cara penggunaan dari fitur-fitur Excel yang sangat banyak ini, terutama dari kalangan pengguna pemula.

Sebagai contoh ketika sedang mengolah data dengan Excel dan terdapat didalamnya data berupa hitungan-hitungan angka, lalu ingin melakukan penjumlahan hanya pada sebagian data hitungan tersebut. Untuk penjumlahan keseluruhan data hitungan biasanya menggunakan rumus Excel SUM, lalu bagaimana jika hanya ingin menjumlahkan sebagian data saja ??

Jawabnya yaitu dengan menggunakan fungsi SUBTOTAL, yang mana bahkan kita dapat memilih kriteria sebagian data yang ingin kita jumlahkan tersebut, yaitu dengan menuliskan nomor fungsi yang menjadi kriteria penjumlahan dari SUBTOTAL. Sangat bermanfaat bukan ??

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, untuk menggunakan fungsi Excel yang satu ini, terdapat 2 cara yang dapat kita lakukan. Yang pertama adalah dengan langsung menuliskan rumus pada sel dan yang kedua adalah dengan menggunakan menu Subtotal yang terdapat pada tab Data. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut hingga akhir.

1. Menggunakan Fitur Subtotal Dengan Menulis Rumus Langsung

Cara pertama untuk menggunakan fitur ini adalah dengan menuliskan rumusnya langsung pada sel di worksheet Excel. Untuk penulisan sintaknya adalah sebagai berikut :

=SUBTOTAL(nomor_fungsi;ref1;ref2…)

Keterangan :

  • nomor_fungsi adalah nomor fungsi yang menjadi kriteria perhitungan, terdiri dari angka 1 sampai 11 dan angka 101 sampai 111.
  • ref adalah referensi sel yang akan digunakan.

Berikut contoh penggunaannya, dimana kita akan menggunakan fungsi SUM dengan nomor fungsinya adalah 9.

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Sekilas hasil akhirnya akan sama dengan rumus fungsi SUM. Akan tetapi ketika kita menerapkan filter padanya, fungsi SUBTOTAL bersifat dinamis dimana hasilnya akan berubah menyesuaikan data yang ditampilkan ketika difilter, sedangkan fungsi SUM menampilkan hasil keseluruhan range sel yang tertulis.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

2. Menggunakan Fitur Subtotal Dari Tab Menu Data

Cara selanjutnya untuk menggunakan fitur ini adalah melalui tab menu Data. Bedanya dengan menuliskan rumus secara langsung, dengan menggunakan fungsi Subtotal yang terdapat pada menu Data maka Excel akan membuatkan baris baru dibawah dari suatu range data yang dijumlahkan, dengan syarat data haruslah di sortir terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dan langkah-langkah berikut :

  • Pertama sortir data berdasarkan suatu kelompok kriteria. Perhatikan contoh berikut :

    Dengan menggunakan fungsi sort diatas maka semua data akan disortir berdasarkan salah satu kolom, dan data lainnya akan mengikuti.
  • Selanjutnya blok kumpulan data tersebut, lalu buka tab Data dan pilih menu Subtotal. Maka akan muncul dialog box.
  • Lalu pada dialog box,
    Kolom At each change in : adalah pada setiap perubahan kelompok data maka akan diterapkan rumus ini, pilih kolom data yang kita sortir tadir
    Kolom list Use function : adalah fungsi yang akan dimasukkan pada SUBTOTAL, pada contoh ini kita menggunakan fungsi SUM
    Kolom Add subtotal to : adalah kolom dimana hasil perhitungan SUBTOTAL akan ditempatkan, pada contoh ini kita menggunakan kolom Total
  • Klik Ok, maka hasilnya akan seperti ini :
  • Untuk menghapus fungsi SUBTOTAL yang telah diterapkan, maka memiliki cara yang sama seperti diatas, hanya saja pilih opsi Remove all.

Nah itulah cara mudah untuk menjumlahkan hanya sebagian data angka di Excel.
Mudah bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.