April 27, 2021 By xclmedia Off

Cara Mudah Mengubah-Ubah Huruf Besar & Kecil Pada Teks Di Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang utamanya untuk mengolah data numerik. Meskipun begitu Excel juga dapat digunakan untuk mengolah data-data tekstual. Layout Excel yang fleksibel dan fitur-fiturnya sangatlah membantu para pengguna dalam mengolah data numerik dan tekstual. Terlebih lagi dengan keunggulan Excel pada penggunaan fitur rumus-rumus formula yang bermacam-macam dan dapat dikombinasikan sesuai dengan logika pengguna dan kebutuhan, menjadikan Excel menjadi salah satu aplikasi pengolah data yang sangat menggugah kreatifitas penggunanya.

Diantara fungsi Excel sebagai pengolah data tekstual, adalah fitur pengubahan huruf teks menjadi besar atau kecil. Dimana pada aplikasi Word terdapat fitur menu Lowercase dan Uppercase, sedangkan di Excel tidak ada fitur menu tersebut.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Lalu bagaimanakah cara untuk mengubah huruf teks di Excel menjadi huruf besar atau kecil ?

Pada artikel ini kita akan membahas salah satu ilmu dasar Excel yang sangat mudah dipahami ini hingga selesai. Oleh karenanya, mari simak artikel ini hingga selesai.

Rumus Fungsi Pengubahan Huruf Teks Di Excel Menjadi Besar / Kecil

Excel sebagai aplikasi pengolah data tekstual memiliki cara yang cukup berbeda dengan Word dalam mengolah data tekstual tersebut. Dan diantaranya adalah mengubah huruf teks menjadi huruf besar/kecil yang mana pada Word untuk melakukannya cukup dengan menggunakan fitur menu Lowercase dan Uppercase. Berbeda dengan Excel yang mana kita harus menggunakan suatu rumus formula untuk mengubah teks menjadi huruf besar/kecil. Hal ini terjadi biasanya ketika kita menerima data transaksi mentah yang datanya berantakan huruf-hurufnya.

Untuk melakukan pengubahan huruf teks, Excel telah menyediakan 3 rumus khusus dengan masing-masing fungsinya untuk mengelola data tekstual. Berikut penjelasan masing-masing dari 3 rumus tersebut :

1. Mengubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil Semua

Yang pertama adalah mengubah huruf teks menjadi huruf kecil semua, atau bisa disebut Lowercase. Rumus Excel untuk mendapatkan hasil adalah dengan rumus LOWER. Untuk sintak penulisannya adalah sebagai berikut :

=LOWER(ref)

Dimana ref adalah referensi sel yang ingin dirubah huruf teksnya menjadi huruf kecil semua.

Perhatikan contoh gambar berikut :

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

2. Mengubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar Semua

Selanjutnya adalah mengubah huruf teks menjadi huruf besar semua atau kapital, atau bisa disebut Uppercase. Rumus Excel yang kita gunakan untuk mendapatkan hasil ini adalah dengan menggunakan rumus UPPER. Untuk penulisan sintak rumus ini adalah sebagai berikut :

=UPPER(ref)

Dimana ref adalah referensi sel yang ingin dirubah huruf teksnya menjadi huruf kecil semua.

Perhatikan contoh gambar berikut :

 

3. Mengubah Huruf Awal Teks Menjadi Huruf Besar Dan Sisanya Huruf Kecil

Yang terakhir dari fitur yang disediakan Excel untuk mengubah besar/kecilnya huruf teks adalah pengubahan setiap huruf awal teks menjadi besar dan sisanya adalah huruf kecil. Dalam Excel untuk menghasilkan hasil pengubahan teks seperti ini adalah menggunakan rumus PROPER. Untuk penulisan sintaknya adalah sebagai berikut :

=PROPER(ref)

Dimana ref adalah referensi sel yang ingin dirubah huruf awal teksnya menjadi huruf besar dan sisanya menjadi huruf kecil semua.

Perhatikan contoh gambar berikut :

akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Nah, itulah cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah-ubah huruf besar kecil di Excel yang mana termasuk menjadi salah satu ilmu dasar dalam penggunaan Excel yang harus diketahui pengguna.

Mudah untuk dipahami dan dilakukan bukan ? Simak artikel tips dan trik Excel lainnya di laman blog kami dengan klik link berikut : Blog Xclmedia. Sampai jumpa kembali.

—————————————————————–

Semoga Bermanfaat.