January 30, 2021 By xclmedia 0

AUTO FORMAT PADA EXCEL

Memformat sering menjadi hal yang membosankan untuk dilakukan karena biasanya memakan waktu yang lumayan.

Sangat sulit untuk memformat data kita setiap kali kita ingin menyajikannya kepada seseorang. Namun, hal ini adalah satu-satunya yang membuat data kita lebih bermakna dan mudah dikonsumsi oleh orang lain. Akan lebih bagus jika kita memiliki opsi yang dapat kita gunakan untuk memformat data kita tanpa menghabiskan banyak waktu.

Sebenarnya di Excel, kita memiliki opsi luar biasa yang dapat membantu kita memformat data kita dalam waktu singkat.

Namanya adalah Auto Format atau Format Otomatis. Dalam Auto Format, kita memiliki sejumlah format yang telah dirancang sebelumnya yang dapat kita terapkan pada data kita secara instan sewaktu-waktu kita butuh untuk memformatnya.

Yang harus kita lakukan untuk menggunakan Auto Format hanyalah cukup memilih format dan klik OK untuk menerapkannya. Sederhana dan mudah. Pada semua format yang telah dirancang sebelumnya, kita memiliki semua komponen pemformatan yang penting, seperti : Format Nomor, Border, Font Style, Pola dan Warna Background, Alignment Teks, dan Ukuran dari Kolom dan Baris.

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang opsi luar biasa ini yang dapat membantu kita menghemat banyak waktu dalam pengerjaan data di Excel.

Mari simak artikel ini sampai selesai.

akuntansi excel premier dagangAKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan dagang, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Dimanakah Opsi Auto Format ??

Jika kita memeriksa versi Excel 2003, opsi Auto Format terdapat di menu. Namun, versi rilis tahun 2007 dengan adanya opsi ribbon, Auto FOrmat ini ini tidak tersedia di tab mana pun.

Dengan begitu tidak berarti kita tidak dapat menggunakannya di versi Excel selainnya. Opsi ini masih ada, tapi tersembunyi. Jadi, untuk menggunakannya di versi Excel seperti 2007, 2010, 2013, dan 2016 kita perlu menambahkannya ke quick access toolbar Excel kita. Ini hanya dilakukan satu kali jadi kita tidak perlu melakukannya lagi dan lagi.

 

Meletakkan Auto Format Pada Quick Access Toolbar

Ikuti langkah – langkah berikut :

  • Pertama-tama, buka bilah quick access toolbar kita dengan mengklik panah bawah kecil pada deretan toolbar Excel kita yang terdapat di bagian paling atas aplikasi.

  • Kemudian pilih “more commands

  • Ketika kita mengkliknya maka akan muncul jendela “Customize the Quick Access Toolbar”, dan kemudian pilih “Commands Not in the Ribbon”.

  • Lalu cari dan pilih “Auto Format” dan klik “ADD“.

  • Lalu klik OK

Sekarang kita memiliki ikon auto format pada quick access toolbar.

aplikasi piutang excelAPLIKASI PIUTANG EXCEL dirancang berbasis Excel untuk memberikan informasi piutang dengan cukup lengkap berupa Saldo Piutang, Umur Piutang, Analisa Umur Piutang. Program terintegrasi dengan tanggal komputer sehingga perubahan tanggal komputer mempengaruhi perubahan informasi umur piutang.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Auto Format ??

Menggunakan Auto Format di Excel ini cukup mudah, berikut langkah – langkahnya :

  • Misal kita ingin memformat data berikut :

  • Sekarang klik icon Auto Format pada quick access toolbar, maka akan muncul jendela seperti berikut :

  • Pilih salah satu dan klik OK.
  • Maka otomatis akan terformat sendiri seperti berikut :

 

Memodifikasi Format yang Tersimpan di Auto Format

Seperti yang disebutkan di atas, semua format dalam Auto Format adalah kombinasi dari 6 komponen berbeda. Dan kita juga dapat menambah atau menghapus komponen ini dari setiap format sebelum menerapkannya.

Katakanlah, kita ingin menambahkan pemformatan pada suatu data tetapi tanpa mengubah gaya font dan lebar kolomnya. Kita perlu menerapkan pemformatan menggunakan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pilih data kita dan klik tombol auto format.
  • Pilih format untuk diterapkan dan klik tombol “Options”.
  • Dari options, hapus centang “Font” dan “Width/Height“.

  • Klik OK

Sekarang kedua komponen tadi yang kita hilangkan centangnya tidak ikut dalam format yang kita terapkan.

general ledger excel manufakturGENERAL LEDGER EXCEL MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL UMUM secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

Menghilangkan Format

Cara paling simpel untuk menghilangakan format adalah dengan menggunakan shortcut ALT > H > E > F. Akan tetapi dapat juga dilakukan dengan opsi yang disediakan oleh Auto Format. Berikut langkah – langkahnya :

  • Pilih sel data kita, lalu klik icon Auto Format.
  • Pilih opsi format paling bawah dengan nama “None

  • Lalu klik OK

 

Catatan Tambahan

  • Auto Format tidak dapat mengenali jika kita sudah memiliki beberapa pemformatan pada data kita. Auto Format akan mengabaikannya dan menerapkan pemformatan baru sesuai format yang kita pilih. Dengan kata lain, akan menimpa semua format yang telah ada pada sel yang kita pilih.
akuntansi excel premier manufakturAKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR dirancang berbasis Excel untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan manufaktur, bekerja secara sistematis sebagaimana prosedur sistem dalam akuntansi dengan SISTEM JURNAL KHUSUS secara otomatis menghasilkan buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan (neraca dan laba rugi)

 

  • Kita membutuhkan setidaknya 2 sel untuk menerapkan pemformatan dengan opsi Auto Format.

————————————————————————

Semoga Bermanfaat.